Momen Paling Grogi Seumur Hidup Kaesang Pangarep Diungkap Erina Gudono

Meski terlihat selalu santai, menurut Erina Gudono ada satu momen yang membuat Kaesang Pangarep sangat grogi.

oleh Henry diperbarui 14 Des 2022, 22:04 WIB
Diterbitkan 14 Des 2022, 03:02 WIB
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono sah menikah (Vidio/SCTV)
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono sah menikah (Vidio/SCTV)

Liputan6.com, Jakarta - Erina Gudono baru-baru ini mengungkap momen paling grogi seumur hidup Kaesang Pangarep. Momen itu terjadi beberapa saat sebelum mereka mengucapkan janji suci pernikahan pada Sabtu, 10 Desember 2022. Beruntung Kaesang Pangarep didampingi oleh sang Ibu Iriana Jokowi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Erina Gudono dalam unggahan Instagaram terbarunya. Awalnya, Erina bercerita tentang kisah di balik layar pernikahan mereka. Ia juga bercerita alasannya memilih menggunakan Paes Ageng Yogya.

"Butuh waktu lama untuk akhirnya aku memantapkannya bahkan sampai lima hari sebelum acara. Karena aku mau melakukannya dengan hati hati dan sepenuhnya untuk menyebarkan budaya Yogyakarta ke masyarakat," kata Erina dalam unggahan pada Selasa, 13 Desember 2022.

Dengan menggunakan ornamen tersebut, Erina berharap makin banyak orang tahu bahwa di balik indahnya riasan Paes Ageng Yogyakarta. "Dari cithak, centhung, paes prada, alis menjangan, dan sebagainya ternyata tersimpan banyak filosofi agung di dalamnya. Filosofi ini menjadi bentuk harapan bagi pengantin wanita dan pria dalam menjalani kehidupan pernikahan," kata Erina.

"Slide terakhir: Mas Kaesang belum pernah se grogi itu seumur hidup, untung di ayem in sama Ibu," ucap Erina. Dalam sejumlah foto maupun video yang beredar di media sosial, Kaesang terlihat santai dan kerap tersenyum ke arah kamera, ternyata sempat dilanda grogi saat akan mengucapkan ijab kabul.

Namun rasa gugup Kaesang Pangarep sepertinya dipahami sang ibu, Iriana Jokowi. Iriana pun sempat memegang bahu dan punggung untuk menenangkan hatinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tiga Kali Keramas

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menikah (Vidio/SCTV)
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menikah (Vidio/SCTV)

Hasilnya, akad nikah berlangsung dengan lancar.  Adik Gibran Rakabuming Raka ini juga kerap membagikan kegiatannya setelah menikah di akun Twitter. Tentu saja hal itu membuat warganet ikut penasaran.

Seperti akun @srimlyndini22_ yang menanyakan kegiatannya sebagai pengantin baru, Senin (12/12/2022), "Mas @kaesangp biasa pengantin baru maunya diem dikamar, kalo mas gimana?" tanyanya dengan memberikan emotikon tertawa.  Tak disangka, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini memberi jawaban untuk pertanyaan tersebut,  "Lagi cukur rambut ini," jawabnya.

Tak hanya itu yang membuat warganet penasaran. Mereka juga menanyakan tentang berapa kali melakukan keramas usai menikah. "Hari ini 3x keramas," cuit pemilik klub sepak bola Persis Solo itu.

Melalui unggahan lainnya, Kaesang Pangarep memberikan penjelasan alasan dirinya bisa melakukan keramas sampai tiga kali dalam sehari. Cuaca yang membuatnya melakukan itu. "Kebetulan Solo lagi panas banget jadi keramas terus biar seger. Ini mungkin habis ini mau keramas lagi," paparnya.

 


Soal Anak

Erina Gudono dan Kaesang Pangarep. (Foto: Michael Omar Liman dari Instagram @erinagudono)
Erina Gudono dan Kaesang Pangarep. (Foto: Michael Omar Liman dari Instagram @erinagudono)

Kaesang Pangarep yang terus menerus menjawab pertanyaan penggemarnya di Twitter membuat seseorang dengan akun @dNoero bertanya,  "Mbak Erina ra protes piey mas? Nganten nayar Ra leren ngetwitt..."  Lagi-lagi adik Kahiyang Ayu ini memiliki jawaban untuk pertanyaan tersebut. "Ngetwit sambil kelon istriku," cuitnya kalem.

Pertanyaan langganan usai pasangan suami istri resmi menikah tak jauh-jauh dari persoalan anak.  Usai semua prosesi pernikahannya selesai, Kaesang Pangarep menjadi salah satu yang ikut ditanyai perihal anak oleh warganet. "Mas @kaesangp pengen punya anak berapa?" tanya salah satu pengguna Twitter.

Merespons hal itu, Kaesang pun memberikan jawaban lengkap dengan alasannya. Tak disangka-sangka, Kaesang menjawab bahwa ia akan mengikuti istri, Erina Gudono, dalam persoalan jumlah anak. Putra ketiga Joko Widodo ini juga menjelaskan hal itu lantaran Erina yang bakal hamil dan melahirkan.

"Saya manut istri soalnya kan itu badan dia dan yang ngelahirin dia," jawab Kaesang. Setelah jawaban itu diunggah oleh Kaesang, warganet ramai lagi membanjiri jawaban tersebut. Ternyata jawaban tersebut dianggap serius oleh beberapa warganet, seolah bukan seperti Kaesang biasanya yang suka berguyon di media sosial.


Pertanyaan untuk Erina

Kaesang Pangarep (Foto: Instagram/@tante.rem[pong.official)
Kaesang Pangarep (Foto: Instagram/@tante.rem[pong.official)

"Kok tumben jawabannya serius ya," tulis akun @ye***e.  "Ini pasti bukan Mas Kaesang yang nge-tweet. Hayo ngaku siapa. Mas Kaesang sukanya bercanda gak pernah serius," sambung akun @H***a.

Erina Gudono sendiri sudah mendapatkan sertifikat dengan hasil ideal untuk hamil. Hal ini diketahui lewat mengisi kuesionoer aplikasi Elsimil alias Elektronik Siap Nikah dan Hamil pada akhir November 2022.

Memang, sebelum menikah ada beberapa persyaratan bagi calon pengantin. Termasuk mengisi Elsimil ini. Ada beberapa pertanyaan yang mesti Erina Gudono jawab dalam aplikasi Elsimil. Mulai dari usia, status gizi, berat dan tinggi badan, ukuran lingkar lengan atas dan lingkar perut, kadar hemoglobin (Hb).

Usai mengisi serangkaian pertanyaan di Elsimil, Erina Gudono mendapatkan sertifikat dengan hasil yang ideal untuk hamil.Dalam mengisi Elsimil beberapa pekan silam, Erina didamping Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang dibentuk oleh BKKBN. Salah satunya, Sarjiyem, anggota TPK Mlati dari unsur PKK.

Infografis: Aksesori Kepala Pengantin di Pernikahan Tradisional
Infografis: Aksesori Kepala Pengantin di Pernikahan Tradisional.  (Liputan6.com/Triyasni)    
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya