Dijamin Menggoyang Lidah! Ini Kuliner Khas Labuan Bajo yang Wajib Dicoba Saat Travelling

Salah satu yang wajib kamu coba adalah Rumpu Rame, makanan yang ditumis khas Larantuka.

oleh stella maris pada 27 Des 2022, 09:30 WIB
Diperbarui 27 Des 2022, 01:16 WIB
Ilustrasi Sei Daging khas NTT
Ilustrasi Se'i Daging khas NTT/Shuttrestock-Ariyani Tedjo.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi salah satu destinasi wisata populer di Indonesia dan banyak kegiatan menarik yang dapat kamu lakukan. Ya, Labuan Bajo! Ini adalah salah satu desintasi wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan lokal maupun wisatawan asing. 

Di Labuan Bajo, kamu juga dapat mencicipi berbagai kuliner di sekitar objek wisata dan memang wajib masuk bucket list yang sayang jika dilewatkan saat travelling. Penasaran sama kuliner khas Labuan Bajo yang siap menggoyang lidah? Yuk, simak 5 wisata kuliner yang bisa kamu coba, dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Seafood Kampung Ujung

Ilustrasi Ikan Bakar
Ilustrasi Ikan Bakar/Shutterstock-Julia-Bogdanova.

Tempat makan kaki lima di tepi pantai ini  buka mulai pukul 18.00 hingga tengah malam. Menawarkan sensasi aneka hidangan laut segar, mulai dari berbagai jenis kerapu, cumi, kakap merah, udang, kepiting, dan masih banyak lagi. 

Kamu pun bisa memilih sendiri jenis seafood yang ingin disantap, dari ukuran yang kecil hingga besar. Cara mengolahnya pun bisa sesuai request, dari  di goreng, bakar, kukus, rebus, dan lainnya. Selain seafood, di sini kamu juga bisa memesan olahan sayuran sebagai menu pelengkap untuk makanan. Dijamin lezat!


2. Se’i

Ilustrasi Se'i Daging khas NTT
Ilustrasi Se'i Daging khas NTT/Shuttrestock-Ariyani Tedjo.

Se’i merupakan makanan khas dari Labuan Bajo yang berbahan dasar daging. Cara memasaknya pun masih sangat tradisional karena menggunakan kompor yang dibantu dengan kayu, sehingga memiliki cita rasa yang nikmat dan khas.

Saat dimasak, se’i harus melalui proses pengasapan dari kompor tradisional tersebut. Sebelum pengasapan, terlebih dahulu harus disediakan daun kosambi. Di mana daun kosambi tersebut akan memberikan aroma yang semakin menyerap ke dalam lapisan daging. Sehingga ketika proses pengasapan selama 9 jam se’i harus ditutup dengan daun tersebut.


3. Tapa Kolo

Selanjutnya ada makanan yang mengenyangkan yaitu tapa kolo. Bentuknya seperti lemang, makanan khas Sumatera. Diterjemahkan secara harfiah, “Tapa” berarti dipanggang, dan “Kolo” berarti nasi dalam bambu. Secara sederhana, arti dari tapa lolo adalah beras yang dimasukkan ke dalam bambu kecil. Kemudian dimasak di atas api terbuka. 

Ini adalah hidangan khusus yang biasanya disajikan untuk ritual dan upacara tradisional serta acara lainnya. Nggak hanya nasi biasa yang digunakan, beras untuk tapa kolo adalah beras merah khusus yang dibuat oleh penduduk setempat. Tapa Kolo biasanya disajikan dengan ayam, sapi, kambing.


4. Rumpu Rampe

Merupakan makanan yang ditumis khas Larantuka yang bisa ditemui di wisata kuliner Labuan Bajo. Bahan utama dari masakan ini adalah daun pepaya. Selain itu, ada campuran lain seperti buah pepaya muda, jantung pisang, dan daun ubi. Sedangkan untuk bumbu yang digunakan adalah udang rebon yang sudah disangrai beserta penyedap rasa lainnya.

Rumpu rame dengan bahan dasar daun pepaya ini memiliki banyak vitamin yang terkandung di dalamnya. Sehingga masakan ini sangat baik untuk alat pencernaan manusia. Proses pembuatannya juga cukup mudah karena hanya ditumis seperti masakan sayur tumis pada umumnya.


5. Jagung Bose

Jagung Bose
Jagung Bose/Brilio.net.

Jagung merupakan salah satu bahan makanan pengganti nasi di Labuan Bajo khususnya di NTT. Salah satu wisata kuliner yang wajib dicoba adalah Jagung Bose atau bubur berbahan utama jagung putih. 

Bahan dasar pembuatannya menggunakan jagung putih yang ditumbuk dengan lesung. Kemudian jagung tersebut dimasak bersama-sama dengan kacang merah dan santan untuk menciptakan paduan rasa yang gurih.

Itulah beberapa rekomendasi wisata kuliner yang wajib kamu coba ketika travelling ke Labuan Bajo. Happy Travelling, Happy Eat!

 

Penulis: Ayra Sekar 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya