Catatan Kelam Keluarga Mantan Suami Abby Choi Sebelum Kasus Mutilasi

Seluruh keluarga beranggotakan empat orang memiliki masa lalu kelam yang hanya diketahui sedikit orang, karena dilindungi oleh mantan menantu perempuan mereka, Abby Choi.

oleh Putu Elmira diperbarui 28 Feb 2023, 17:01 WIB
Diterbitkan 28 Feb 2023, 17:01 WIB
Abby Choi. (Instagram/ xxabbyc)
Abby Choi. (Instagram/ xxabbyc)

Liputan6.com, Jakarta - Pada 24 Februari 2023, Abby Choi, model berusia 28 tahun dari Hong Kong dibunuh secara brutal. Berita itu mengguncang Hong Kong dan bahkan dunia, karena plot yang sangat licik dan kejam datang dari sekelompok pelaku yang merupakan mantan mertuanya.

Dikutip dari Kbizoom, Selasa (28/2/2023), para tersangka, termasuk mantan mertua, ibu mertua, ipar, dan mantan suami, telah ditangkap atas kasus mutilasi ini. Namun hanya sedikit orang yang mengetahui sejarah kelam keluarga kejam ini.

Menurut komentar online, keluarga ini seperti versi nyata dari "Parasite" di Hong Kong. Mantan suami Abby Choi, bermarga Kwong, terlibat dalam penipuan investasi emas pada Februari 2015 yang menipu empat orang dari emas senilai 5 juta dolar Hong Kong.

Para korban telah menarik semua tabungannya dan meminjam uang untuk membeli emas dari Kwong, yang melarikan diri setelah mendapatkan emas tersebut. Insiden itu sebelumnya diberitakan di media.

Meskipun kakak laki-laki dari mantan suami (31 tahun) tidak memiliki catatan kriminal, ia menghadapi hutang yang sangat besar pada 2019 dan dituntut oleh bank. Mantan ibu mertua (63 tahun) yang telah pensiun itu mengajukan pailit pada 2016.

Catatan khusus adalah mantan ayah mertua Abby Choi, 65 tahun, yang pernah menjadi petugas polisi dan menerima penghargaan layanan jangka panjang dari Kepolisian Hong Kong. Pada 2001, dia dipromosikan menjadi kepala polisi, dan pada 2005, dia diangkat menjadi kepala departemen investigasi di Distrik Polisi Wong Tai Sin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berusaha Kelabui Polisi

Potret Mantan Suami dan Mantan Mertua Pelaku Pembunuhan dan Mutilasi Abby Choi
Doc: Istimewa

Namun, selama ini, mantan ayah mertua tersebut menunjukkan integritas yang dipertanyakan dan kemudian terlibat dalam kasus pemerkosaan selama penyelidikan kriminal. Korban melaporkan kejahatan tersebut, dan dia ditangkap untuk penyelidikan sebelum mengundurkan diri secara sukarela. Kasusnya berakhir di sana.

Diyakini bahwa mantan ayah mertua Abby Choi, dengan pengalamannya bekerja di kepolisian, adalah dalang di balik kejahatan mengerikan ini. Dia akrab dengan metode penyelidikan polisi, yang memungkinkan dia bertindak kejahatan dan menipu penyelidik.

Dia membuat banyak pernyataan yang tidak jelas, menyesatkan polisi dengan informasi yang tidak jelas dan salah. Tetapi, semua usahanya tidak mampu mengelabui polisi.

Apalagi, sebagai mantan polisi, ayah mertua Abby Choi tahu betul bahwa Hong Kong tidak memberlakukan hukuman mati. Seberat apapun kejahatan yang dilakukan, hukuman tertinggi yang dapat mereka terima adalah penjara seumur hidup.

Mengutip kesaksian tetangga di Lung Mei, media Hong Kong memberitakan bahwa pemilik rumah sudah lama pindah ke tempat lain dan rumah ini sudah berkali-kali berganti penyewa. Karenanya, beberapa minggu sebelum keluarga tersangka pindah, seorang pria berusia 60-an sering datang ke rumah dengan mobil 7 tempat duduk.


Gerak-gerik Mencurigakan

Anthony Kwong dan mendiang Abby Choi. (Instagram/ da_monkkk)
Anthony Kwong dan mendiang Abby Choi. (Instagram/ da_monkkk)

Pria ini terlihat tidak ramah dan dia selalu memeriksa area tersebut sebelum memasuki rumah. Pria itu ditemani oleh seorang perempuan berusia sekitar 60 tahun dengan rambut keriting.

Diduga keduanya adalah orangtua dari mantan suami Abby Choi. Terakhir kali tetangga melihat mereka adalah pada 23 Februari 2023, sehari sebelum mereka resmi ditangkap polisi.

Keempat anggota keluarga ini memiliki latar belakang yang buruk, tetapi Abby Choi yang berusaha menutupinya. Abby Choi menikah dengan mantan suaminya ketika dia berusia 18 tahun.

Keduanya memiliki 2 orang anak (satu putra dan satu putri) namun kemudian bercerai karena merasa sudah tidak bisa lagi memahami satu sama lain. Namun, Abby Choi tetap menghidupi anak-anak dan keluarga mantan suaminya secara finansial.

Dia bahkan membeli apartemen mahal di Kadoorie Hill, tempat tinggal aktor terkenal Andy Lau, untuk mereka. Penyebab utama tragedi ini dikabarkan adalah perselisihan tentang uang antara Abby Choi dan keluarga mantan suaminya.


Abby Choi Dimutilasi

Abby Choi
Abby Choi, model asal Hong Kong yang sering berpose dengan barang mewah, ditemukan tewas setelah dimutilasi mantan suaminya. (Dok. Instagram/@xxabbyc/https://www.instagram.com/p/CNO6TjsA09Q/?hl=en)

Abby Choi berencana menjual apartemen untuk investasi, tetapi keluarga mantan suaminya khawatir mereka tidak lagi memiliki tempat tinggal, sehingga mereka tidak mengizinkannya untuk menjual. Mantan mertua Abby Choi bahkan mengancam, "jika kamu menjual apartemen tanpa mengatur barang-barang untuk kami, aku akan membunuhmu".

Hal tersebut diungkapkan oleh sahabatnya dengan nama akun "Biaotai". Selain itu, karena mantan suaminya menganggur, Abby Choi juga mempekerjakannya sebagai sopir pribadi dan menanggung semua pengeluarannya. Dia memperlakukannya dengan hormat tetapi akhirnya menerima akhir yang memilukan.

Sementara, mantan suami Abby Choi dan ayahnya telah didakwa membunuh perempuan berusia 28 tahun itu dengan cara dimutilasi. Dikutip dari The Sun, Senin, 27 Februari 2023, hal tersebut terjadi ketika polisi menemukan jenazah Abby Choi yang hilang setelah beberapa bagian tubuhnya ditinggalkan di lemari es di sebuah flat yang disewa oleh mantan ayah mertuanya di Hong Kong.

Polisi meyakini Abby telah diserang dalam kendaraan tujuh tempat duduk dan digambarkan sedang ditarik menjauh dari tempat kejadian setelah petugas menemukan cipratan darah di dalamnya. Pada Jumat, dua kaki di lemari es, serta kartu identitas korban, kartu kredit, dan barang-barang lainnya ditemukan di tempat yang digambarkan polisi sebagai sebuah rumah yang gunakan sebagai tempat penjagalan. Rumah di desa Lung Mei - sebuah desa tepi pantai sekitar setengah jam perjalanan dari pusat kota - dilengkapi dengan gergaji listrik dan penggiling daging yang digunakan untuk memotong daging manusia, kata polisi.

Polisi pada Minggu, 26 Februari 2023, menemukan lebih banyak bagian tubuh, termasuk kepala dan beberapa tulang rusuk dalam panci sup yang diambil dari rumahnya, lapor South China Morning Post. Mantan suami Abby, Alex Kwong, kini telah didakwa membunuh bersama ayah dan kakak laki-lakinya, 31.

Polisi menangkap mantan suami Abby, Kwong, 28, pada Sabtu, 25 Februari 2023 ketika berusaha melarikan diri dari kota dengan speedboat. Ia dijerat dengan sekitar 50.000 Poundsteling atau setara Rp912 juta serta beberapa jam tangan mewah senilai lebih dari 400.000 Poundsterling atau sekitar Rp7,2 miliar, lapor CNA.

Infografis Jejak Pembunuhan Berantai Wowon Cs di Bekasi, Cianjur hingga Garut. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Jejak Pembunuhan Berantai Wowon Cs di Bekasi, Cianjur hingga Garut. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya