Minat Berwisata Naik Pesat, Labuan Bajo Jadi Destinasi Domestik Terfavorit di Travel Fair

Labuan Bajo menjadi salah satu destinasi yang paling diminati para wisatawan domestik di travel fair yang digelar Dwidayatour.

oleh Dinny Mutiah diperbarui 06 Mei 2023, 20:30 WIB
Diterbitkan 06 Mei 2023, 20:30 WIB
Minat Berwisata Naik Pesat, Labuan Bajo Jadi Destinasi Domestik Terfavorit di Travel Fair
Suasana penyelenggaraan travel fair Dwidayatour Carnival di Jakarta. (dok. Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Liputan6.com, Jakarta - Minat orang Indonesia untuk berwisata makin pesat setelah PPKM dicabut. Indikasinya terlihat dari kinerja agen perjalanan seperti Dwidayatour. Setelah hampir tiga tahun terakhir nyaris tak bisa berkutik karena diterpa pandemi Covid-19, Dwidayatour mencatat capaian mereka sejak Semester II/2022 sudah melebihi capaian pada 2019.

"Tahun ini, performance sangat baik. Dibanding tahun lalu, naik 130 persen. Inquiry yang masuk kenaikannya kurang lebih 140 persen," kata Chief Operation Officer Dwidayatour, Hendri Yapto, dalam jumpa pers Dwidayatour Carnival di Jakarta, Jumat sore, 5 Mei 2023.

Salah satu penopang kinerja adalah penyelenggaraan travel fair yang pada tahun ini digelar di 15 kota. Jakarta menjadi kota ke-6 gelaran Dwidayatour Carnival, setelah Medan, Surabaya, Semarang, Pontianak, dan Samarinda. Pameran perjalanan itu berlangsung sejak Jumat, 5 Mei 2023, hingga Minggu, 7 Mei 2023.

Hendri menjabarkan selama pameran digelar di lima kota, total pengunjung yang datang mencapai 50 ribu orang. Hal itu menandakan bahwa kebutuhan orang untuk berinteraksi langsung dengan konsultan perjalanan tetap tinggi, tidak hanya via daring. 

Dari sederet pilihan paket perjalanan, Hendri mengaku destinasi domestik masih jadi penopang utama dengan proporsinya mencapai 60 persen dibandingkan destinasi internasional. Destinasi yang paling diminati sejauh ini adalah Labuan Bajo, disusul Bali, Surabaya, dan Medan. Sementara, paket perjalanan luar negeri yang paling diminati adalah jepang, Korea Selatan, Turki, dan Eropa.

"Kalau di tempat kita, (perjalanan) internasional belum pulih banget. Kontribusi domestik masih sekitar 50--60 persen. Masih banyak ditopang domestik," ia menyebut.


Perilaku Traveler Domestik di Travel Fair

Minat Berwisata Naik Pesat, Labuan Bajo Jadi Destinasi Domestik Terfavorit di Travel Fair
Suasana penyelenggaraan travel fair Dwidayatour Carnival di Jakarta. (dok. Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Hendri menjelaskan pelancong yang akan ke Labuan Bajo banyak meminati pengalaman menginap di atas kapal (live on board). Itu pula yang mendorong peningkatan minat cruise pada tahun ini. "Rata-rata menginap 3--4 hari," imbuh dia seraya menyebut biaya untuk menginap di kapal pesiar mulai dari Rp2,6 juta per orang, di luar biaya tiket pesawat.

Ia juga mengungkapkan ada perbedaan perilaku konsumen berkaitan dengan destinasi yang dipilih di travel fair. Paket-paket perjalanan cenderung dirancang lebih personal jika yang dituju adalah destinasi domestik. Sementara, mereka yang akan bepergian ke luar negeri cenderung memilih paket perjalanan yang sudah disiapkan oleh travel agent.

"Kalau domestik, orang lebih berani traveling sendiri. Kalau internasional dipaketin karena agak asing untuk mereka. Kami sendiri lebih gampang jual (destinasi) domestik karena orang lebih familiar. Kalau pun mereka datang ke travel fair, sifatnya konsultasi. Kita gali bujetnya berapa, berapa hari berapa malam, hotelnya seperti apa," dia menjelaskan.

Paket perjalanan domestik juga lebih menyasar kelompok konsumen korporat atau grup, dibandingkan individu. Itu pun tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing kelompok.

 


Promo dan Program yang Disiapkan di Dwidayatour Carnival

Minat Berwisata Naik Pesat, Labuan Bajo Jadi Destinasi Domestik Terfavorit di Travel Fair
Jumpa pers Dwidayatour Carnival di Jakarta, Jumat, 5 Mei 2023. (dok. Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Dwidayatour Carnival yang digelar di Jakarta menggandeng Bank Mandiri sebagai mitra bank pembayaran resmi. Selain itu, mereka juga bekerja sama dengan Hong Kong Tourism Board, Japan National Tourism Organization, Tourism Australia, Legoland Malaysia Resort, dan lain-lain.

Sederet promo dihadirkan, di antara paket perjalanan Labuan Bajo mulai dari Rp2,6 juta dan Lombok mulai Rp2,4 juta. Ada pula promo paket tur perjalanan ke Korea Selatan mulai Rp13 juta dan ke Jepang Rp18 juta. Bagi nasabah Bank Mandiri, tersedia pula diskon hingga Rp11 juta bagi pemegang kartu kredit mandiri. Ada juga promo tiket pesawat ke Jepang Rp5 jutaan.

Dalam kesempatan itu, Emirates juga akan mempresentasikan soal rencana pengoperasian pesawat A380 rute Dubai-Denpasar-Dubai mulai 1 Juni 2023. Hal itu menandai langkah strategis sejarah penerbangan dengan mengoperasikan pesawat A380 yang pertama di Indonesia.

Penerbangan perdana pesawat A380 bernomor penerbangan EK368, akan dimulai dengan keberangkatan dari Dubai pukul 03.25, waktu setempat, dan tiba di Bali pukul 16.35 WITA. Dengan mengoperasikan pesawat A380, Emirates akan menerbangkan lebih banyak lagi wisatawan mancanegara dalam satu penerbangan ke Indonesia. Pameran juga dimeriahkan dengan kompetisi Lego Speed Building dari LEGOLAND Malaysia Resort.


KTT ASEAN 2023 Momentum Naikkan Pamor Wisata Labuan Bajo

KTT ASEAN 2023 Momentum Naikkan Pamor Wisata Labuan Bajo, Siapkan Pasar Rakyat hingga Tourism Information Center
Ilustrasi Labuan Bajo tempat penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 pada 9--11 Mei 2023. (dok. Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf)

Sementara itu, pemerintah berupaya meningkatkan pamor Labuan Bajo sebagai destinasi super prioritas di mata wisatawan mancanegara. Mereka memanfaatkan gelaran KTT ASEAN 2023 yang akan berlangsung pada 9--11 Mei 2023.

Untuk itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyiapkan HelpDesk dan Tourism Information Center (TIC) di 10 titik di Labuan Bajo selama penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Fasilitas itu berfungsi untuk membantu penyebaran informasi wisata di Labuan Bajo dan aktivitas yang berlangsung sepanjang ASEAN Summit 2023.

"Ada 10 titik, di delapan hotel official dan juga di bandara," kata Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Ni Wayan Giri Adnyani dalam Media Gathering Persiapan KTT ke-42 ASEAN di Hotel Jayakarta Labuan Bajo, Manggarai Barat, Selasa, 2 Mei 2023, menurut rilis yang diterima Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) telah menyeleksi 20 petugas yang akan berjaga di 10 titik tersebut. Para liaison officer itu akan mengenakan pakaian adat untuk menunjukkan kekayaan budaya daerah.

"Tanggal 8 (Mei, red) mereka sudah bertugas. Saat KTT, mereka akan mengenakan pakaian tradisional, tunjukkan kita sangat kaya dengan budaya dan adat istiadat," kata Giri.

Sejumlah paket wisata juga siap ditawarkan kepada para delegasi, meliputi sailing package melihat satwa Komodo; lunch dan dinner package; city tour ke beberapa destinasi seperti Gua Batu Cermin, Puncak Waringin, Water Front, dan Cunca Wulang; serta cultural package seperti ke Gua Rangkong, Sanggar Kope Oles Todo Kongkol, Desa Wisata Liang Ndara, dan Kampung Melo.

Infografis Destinasi Wisata Berkelanjutan di Indonesia dan Dunia
Infografis Destinasi Wisata Berkelanjutan di Indonesia dan Dunia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya