Pangeran Harry Duduk di Baris Ketiga Saat Penobatan Raja Charles III, Tak Ada Interaksi dengan Pangeran William

Tak seperti anggota keluarga yang lain, Pangeran Harry tidak diizinkan tampil di balkon bersama kerabatnya saat penobatan Raja Charles III

oleh Henry diperbarui 08 Mei 2023, 00:49 WIB
Diterbitkan 07 Mei 2023, 13:02 WIB
Pangeran Harry
Pilihan gaya Pangeran Harry dengan mengenakan setelan jas Dior di penobatan memicu spekulasi dari Duke dan Duchess of Sussex. (Foto: Instagram @dior)

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Harry dan Pangeran William sepertinya tidak bertemu apalagi berinteraksi di hadapan publik dalam penobatan Raja Charles III di Istana Buckingham, London, Inggris, pada Sabtu, 6 Mei 2023 waktu setempat. Dalam berbagai rangkaian acara, keduanya bahkan terlihat tak bersama, salah satunya ketika ibadah di gereja untuk prosesi pemberian mahkota terhadap Raja Charles III dan Ratu Camilla oleh Uskup Agung Canterbury.

Melansir People, Sabtu, 6 Mei 2023, saat itu, Prince of Wales serta Duke of Sussex tidak duduk bersama sepanjang kebaktian gereja. Pangeran Harry juga terlihat sempat pergi beberapa saat setelah bagian upacara bersama jemaat selesai.

Tak seperti anggota keluarga yang lain, Harry tidak diizinkan tampil di balkon bersama kerabatnya. Sebab hanya bangsawan pekerja yang diizinkan melakukannya. Dia juga bukan bagian dari prosesi.

Meskipun tidak tampak berbicara dengan kakaknya di acara bersejarah itu, Harry digambarkan tersenyum lebar di sana. Dia mengenakan morning suit untuk acara itu.

Harry ditempatkan di baris ketiga tempat duduk keluarga kerajaan bersama Pangeran Andrew yang juga tidak aktif lagi menjalankan tugas-tugas kerajaan.  Harry datang sendirian ke acara penobatan tersebut tanpa didampingi istrinya, Meghan Markle yang tetap berada di California, Amerika Serikat (AS) bersama kedua anak mereka.

Harry terlihat memasuki Westminster Abbey bersama sepupunya, Putri Beatrice dan Putri Eugenie, di mana mereka kemudian duduk bersama di baris ketiga aula gereja kerajaan. 

 


Pangeran Harry Menunggu Undangan Penobatan

Pangeran Harry Tiba di Westminster Abbey Seorang Diri
Harry duduk bersama di baris ketiga aula gereja kerajaan. (Yui Mok, Pool via AP)

Ia menyaksikan upacara di belakang saudara perempuan Raja, Putri Anne, dan Duke of Kent, sepupu pertama Ratu Elizabeth II, mengenakan jubah Garter di baris kedua. Di depan adalah Pangeran dan Putri Wales dan anak-anak mereka: Putri Charlotte dan Pangeran Louis, serta saudara laki-laki Raja Duke Edinburgh yang baru, Pangeran Edward, dan istrinya Sophie.

Penulis biografi lain dari pasangan tersebut, Meghan Omid Scobie yang menerbitkan 'Finding Freedom' mengklaim bahwa Harry dan Meghan telah diasingkan dari keluarga kerajaan sejak mereka mengundurkan diri sebagai bangsawan pada 2020. Scobie juga mengatakan bahwa Harry harus menunggu "untuk beberapa waktu" untuk menerima undangan penobatan ayahnya sendiri.

"Tidak pernah ada pertanyaan apakah [Harry] ingin datang atau tidak ... pada satu titik justru pertanyaannya adalah apakah dia akan diundang atau tidak," ujar Scobie seperti dikutip dari New York Post, Sabtu, 6 Mei 2023.  Namun, penulis biografi untuk keluarga kerajaan Tom Bower punya pendapat lain.


Harry Langsung Kembali ke Amerika Serikat

Raja Charles III Sah Jadi Pemimpin Kerajaan Inggris
Raja Charles III dimahkotai oleh Uskup Agung Canterbury. (Yui Mok, Pool via AP)

"Justru saya berpikir bahwa dia (Harry) akan mencari-cari alasan pada menit-menit terakhir untuk tidak datang," lanjut Scobie.

Kunjungan Harry diperkirakan singkat karena dia dilaporkan akan terbang kembali ke California setelah upacara penobatan, untuk bergabung bersama sang istri Meghan Markle guna menghadiri pesta ulang tahun keempat putranya Archie, menurut Fox.

Di sisi lain, meski mundur sebagai anggota senior Kerajaan Inggris, Harry dan Meghan tetap mempertahankan gelar Duke dan Duchess of Sussex mereka. Sebagaimana diketahui, titel ini dianugerahkan oleh mendiang Ratu Elizabeth II pada hari pernikahan mereka, 19 Mei 2018.

Jadi, apakah ada yang berubah terkait gelar Harry dan Meghan setelah penobatan Raja Charles III? Pakar kerajaan Christopher Andersen, penulis The King: The Life of Charles III, mengatakan pada Marie Claire, seperti dikutip Sabtu, 6 Mei 2023, bahwa tidak ada yang akan berubah dalam hal ini.

Duke dan Duchess of Sussex akan mempertahankan gelar mereka, begitu pula Pangeran Archie dan Putri Lilibet," katanya. 


Harry dan Meghan Tidak Kehilangan Gelar Kerajaan

Publisitas yang BurukPangeran Harry dan Meghan Markle Dituding Permainkan Perasaan Ratu Elizabeth dan Pangeran Charles
Pangeran Harry dan Meghan Markle menghadiri Invictus Games di The Hague, Minggu, 17 April 2022. (dok. Sem van der Wal / ANP / AFP)

"Meski Raja tidak secara resmi memberikan gelar ini pada Archie dan Lili, sebagai cucu raja, mereka secara otomatis berhak atas gelar tersebut," sambungnya.

 

"Namun, anak-anak belum memiliki status HRH (Yang Mulia) kerajaan, dan, mengingat hubungan yang tegang antara pasangan Sussex dan istana, tampaknya tidak ada banyak keinginan memberikan (gelar Yang Mulia) pada mereka."

"Saya pikir, Harry dan Meghan telah mencapai puncaknya dalam hal mewarisi gelar," kata Kinsey Schofield, pembawa acara podcast To Di for Daily, pada Marie Claire.

"Saya benar-benar tidak melihat Raja pernah mengambil gelar mereka, kecuali itu tindakan Parlemen dan mereka mengejarnya dengan sepenuh hati atau merasa ada sesuatu yang berbahaya. Sejujurnya, saya tidak berpikir mereka (Pangeran Harry dan Meghan Markle) akan kehilangan gelar kerajaan mereka," ia melanjutkan.

Rachel Bowie, co-host dari Royally Obsessed, podcast Gallery Media Group, menggemakan sentimen serupa. "Saya tidak melihat (alasan) gelar mereka akan dicabut, yang terus diminta semua orang," katanya.

 

Infografis Sederet Simbol Kerajaan Inggris di Penobatan Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Sederet Simbol Kerajaan Inggris di Penobatan Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya