Profil Nouhaila Benzina, Pemain Sepak Bola Berhijab Pertama di Piala Dunia Asal Maroko

Nouhaila Benzina dari Maroko membuat sejarah sebagai pemain sepak bola pertama yang mengenakan jilbab di Piala Dunia saat timnya menang 1-0 melawan Korea Selatan pada Minggu, 30 Juli 2023. Bek berusia 25 tahun itu sebelumnya adalah pemain pengganti.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 31 Jul 2023, 12:10 WIB
Diterbitkan 31 Jul 2023, 12:09 WIB
Nouhaila Benzina, pemain sepak bola berhijab pertama asal Maroko yang tampil di Piala Dunia
Nouhaila Benzina, pemain sepak bola berhijab pertama asal Maroko yang tampil di Piala Dunia. (dok: Instagram @benzinanouhaila)

Liputan6.com, Jakarta - Nouhaila Benzina dari Maroko membuat sejarah sebagai pemain sepak bola pertama yang mengenakan jilbab di Piala Dunia saat timnya menang 1-0 melawan Korea Selatan pada Minggu, 30 Juli 2023. Bek berusia 25 tahun itu adalah pemain pengganti yang tidak digunakan untuk kekalahan 6-0 pembuka Maroko melawan Jerman pekan lalu.

Namun ia dipilih dalam lineup awal oleh Reynald Pedros, sang manajer, untuk pertandingan penting di Adelaide. Pemakaian hijab karena alasan agama diizinkan oleh FIFA pada 2014 meski sebelumnya sempat dilarang dengan alasan kesehatan dan keselamatan.

Mengutip dari laman The Guardian, Senin (31/7/2023), Benzina mengenakan jilbab Islami putih saat ia memainkan seluruh pertandingan dalam kemenangan penting yang menjaga harapan Maroko untuk lolos ke babak sistem gugur pada debut Piala Dunia mereka.

Maroko berada 55 tempat di bawah Korea Selatan di peringkat dunia wanita, tetapi tim Afrika membuat terobosan awal dengan gol Piala Dunia pertama mereka di menit keenam dari striker Ibtissam Jraïdi. Hanane Aït El Haj melepaskan umpan silang dari kanan dan Jraïdi menukik ke depan untuk melepaskan sundulan cekatan yang masuk ke tiang jauh.

Park Eun-sun hampir menyamakan kedudukan dengan sundulannya sendiri di ujung yang lain tetapi usahanya melihat upayanya melebar dari tiang gawang, sangat melegakan Khadija Er-Rmichi di gawang Maroko. Benzina, yang bermain di Maroko untuk AS FAR (Association’s Sports of Forces Armed Royal), melakukan beberapa intervensi krusial, sementara dia hampir mencetak gol dari situasi bola mati ketika tendangannya melambung di atas mistar. 


Profil Nouhaila Benzina

Profil Nouhaila Benzina pemain sepak bola wanita pertama yang memakai hijab di Piala Dunia
Profil Nouhaila Benzina pemain sepak bola wanita pertama yang memakai hijab di Piala Dunia. (Dok: Instagram @Nouhaila Benzina)

Dengan peluit akhir di Adelaide, sang bek telah memainkan peran kunci dengan kemenangan 1-0. Ini merupakan kemenangan Piala Dunia Wanita pertama Maroko, diamankan dengan gol pertama mereka di level ini untuk memberi harapan nyata lolos ke babak sistem gugur.

Benzina bermain secara profesional untuk Asosiasi Olahraga Angkatan Bersenjata Kerajaan di negara asalnya. Mengenakan jilbab adalah hal biasa dalam sepak bola di Maroko, meski atlet dengan atau tanpa jilbab di berbagai tingkatan diterima secara terbuka.

Namun di panggung yang lebih luas, hal itu tetap menjadi bahan perdebatan yang memancing perdebatan. Pesepakbola muda Muslim tidak mengatakan Nouhaila Benzina sebagai panutan setelah dia membuat sejarah.

Belum banyak yang mengulas tentang profil Nouhaila Benzina. Mengutip dari laman ESPN, ia lahir pada 11 Mei 1988. Sebagai pemain sepak bola, ia memiliki tinggi badan yang proporsional yaitu 173 cm dengan berat 63 kg.  

 


Pemain Sepak Bola Wanita Berhijab Dipandang Sebelah Mata

Nouhaila Benzina wanita asal Maroko merupakan pesepakbola pertama yang memakai hijab di Piala Dunia
Nouhaila Benzina wanita asal Maroko merupakan pesepakbola pertama yang memakai hijab di Piala Dunia. (Dok: Instagram @benzinanouhaila)

Wanita Muslim mengenakan jilbab sebagai tampilan kesopanan, tetapi mereka tidak selalu disambut di lapangan sepak bola. "Para gadis akan melihat Benzina (dan berpikir) ‘itu mungkin saya,'" kata Assmaah Helal, salah satu pendiri Muslim Women in Sports Network dikutip dari laman Olympics.

Salah seorang pemain sepak bola wanita memakai penutup hijab karena alasan agama bin dey disahkan oleh FIFA pada 2014. Adalah Yasmin Rahman yang bermain di Saltley Stallions untuk Birmingham, satu-satunya klub yang ditujukan untuk wanita Muslim di Inggris.

Di usia 23 tahun, dia mengatakan saat dia masih muda tidak bisa menjadi panutan pemain sepak bola wanita Muslim. "Tapi akhirnya sekarang wanita memakai hijab untuk level Piala Dunia dan diakui secara global," katanya kepada BBC Newsbeat.

Tapi Yasmin, yang berprofesi sebagai insinyur sipil, mengatakan dia tidak ingin Benzina berakhir dengan jilbab di panggung global. "Saya ingin melihat lebih banyak wanita Muslim keluar dan melakukannya.

Ia menyambung, "Keluarga saya sangat mendukung dan mereka tahu saya tidak bermain sepak bola sejak saya kecil." 

 


Perjuangan Wanita Masuk Klub Sepak Bola

Timnas Putri Kanada bertanding melawan Nigeria di Piala Dunia Sepak Bola Wanita 2023
Timnas Putri Kanada bertanding melawan Nigeria di Piala Dunia Sepak Bola Wanita 2023 (AFP/William West)

Pemain sepak bola lainnya, Asma Hassan memutuskan untuk bergabung dengan Saltley Stallions setelah ingin mencoba sepak bola selama bertahun-tahun tetapi dia merasa seperti olahraga yang didominasi pria.

"Jika saya melihat seseorang seperti (Benzina) ketika saya lebih muda, dia mendorong saya untuk bermain sepak bola di usia yang lebih muda," katanya.

"Senang sekali melihat seseorang yang mirip denganmu. Dia benar-benar menjadi panutan bagi kami." Dia menjawab.

Pertentangan hijab di Women World Cup memiliki sejarah yang panjang dan rumit. Seperti kasus 16 tahun lalu ketika Asmahan Mansour, berusia 11 tahun berbaris bersama rekan satu timnya dan bermain untuk Kanada.

Namun sebelum wasit meniup peluit, pertandingan Asmahan usai. Pejabat memberitahu dia mengatakan dia harus melepas jilbabnya jika dia ingin bermain karena dia melanggar aturan yang ditetapkan oleh FIFA pada saat itu. Mereka mengatakan bahwa risiko cedera saat mengenakan penutup kepala saat bermain sepak bola terlalu besar. 

Infografis FIFA Kawal Transformasi Sepak Bola Nasional Usai Tragedi Kanjuruhan. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis FIFA Kawal Transformasi Sepak Bola Nasional Usai Tragedi Kanjuruhan. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya