Kolaborasi Happy Hearts Indonesia dan Marc Klok Foundation, Bangun Kembali SLB Budi Mulia Jadi Ramah Lingkungan

Happy Hearts Indonesia (HHI) mengumumkan kolaborasinya dengan Marc Klok Foundation untuk membangun kembali Sekolah Luar Biasa (SLB) Budi Mulia di Cililin, Jawa Barat.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 14 Des 2023, 21:35 WIB
Diterbitkan 14 Des 2023, 21:30 WIB
Happy Hearts Indonesia berkolaborasi dengan Marc Klok Foundation membangun SLB Budi Mulia
Happy Hearts Indonesia berkolaborasi dengan Marc Klok Foundation membangun SLB Budi Mulia. (Dok: Happy Hearts Indonesia)

Liputan6.com, Jakarta - Setiap anak memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan. Tak terkecuali untuk anak-anak spesial dengan kebutuhan khusus. Mereka juga punya hak yang sama dalam akses yang sama seperti anak pada umumnya.

Hal tersebut melatarnelakangi Happy Hearts Indonesia (HHI), sebuah organisasi nirlaba yang berdedikasi untuk memberikan pendidikan berkualitas kepada anak-anak kurang mampu di Indonesia. Mereka pun akhirnya mengumumkan kolaborasinya dengan Marc Klok Foundation untuk membangun kembali Sekolah Luar Biasa (SLB) Budi Mulia di Cililin, Jawa Barat. 

SLB Budi Mulia yang diperuntukkan bagi anak berkebutuhan khusus dengan total 53 murid dan 15 guru, direkonstruksi menjadi Block School, yakni sekolah ramah lingkungan yang memanfaatkan eco-brick, batu bata yang dibuat dari sampah plastik daur ulang. Setiap ruang kelas yang dibangun dapat secara efektif menghilangkan hingga 2 ton sampah plastik dari lingkungan.

Pembangunan ini merupakan langkah maju yang signifikan dalam komitmen organisasi untuk membangun sekolah berkelanjutan dan ramah lingkungan di Indonesia.  Marc Klok, pendiri Marc Klok Foundation, mengungkapkan antusiasmenya terhadap kolaborasi tersebut.

"Saya sangat bangga menjadi bagian dari proyek ini dan berkontribusi terhadap perbaikan kehidupan anak-anak," ungkapnya dalam keterangan rilis yang diterima Liputan6.com, Kamis (14/12/2023). 

Ia mengungkapkan, misi yayasan adalah memberdayakan anak-anak untuk bermimpi besar. Itu sebabnya mereka ingin memberi mereka peluang yang tidak pernah terpikir akan mereka dapatkan, proyek ini pun menjadi wujudkan misi tersebut secara nyata.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Konstruksi Sekolah Ramah Lingkungan

Marc Klok
Marc Klok, pendiri Marc Klok Foundation/copyright Happy Heart Indonesia

Sylvia Beinwinkler, CEO Happy Hearts Indonesia mengatakan merasa terhormat dapat berolaborasi dengan Marc Klok Foundation untuk mewujudkan proyek ini. SLB Budi Mulia yang baru menyediakan lingkungan belajar aman dan menstimulasi bagi anak-anak penyandang disabilitas, sekaligus menunjukkan komitmen yang keberlanjutan.

"Kami berterima kasih atas dedikasi Marc Klok dalam berkontribusi kembali kepada komunitasnya dan atas visi bersama dalam memberdayakan anak-anak melalui pendidikan," tambahnya.

SLB Budi Mulia yang dibangun kembali menawarkan suasana yang dinamis dan ramah, dengan ruang kelas yang luas, fasilitas modern, dan desain inklusif yang memenuhi kebutuhan anak-anak berkebutuhan khusus. Konstruksi sekolah yang ramah lingkungan menggunakan batu bata plastik daur ulang menyoroti komitmen HHI terhadap keberlanjutan dan kesadaran lingkungan selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan oleh PBB. 

Kolaborasi antara Happy Hearts Indonesia dan Marc Klok Foundation menandai tonggak penting dalam misi bersama mereka untuk memberikan pendidikan dan dukungan berkualitas bagi anak-anak kurang mampu di Indonesia. SLB Budi Mulia yang dibangun kembali merupakan bukti dedikasi mereka dalam menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi anak-anak ini, memberdayakan mereka untuk mencapai potensi maksimal mereka. 

Infografis Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Pengganti BSNP
Infografis Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Pengganti BSNP (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya