Fasilitasi Anak Bermain Sambil Belajar di Bandara Soetta, Toys Kingdom Hadirkan Replika T-Rex Raksasa hingga Lego

Di momen liburan sekolah hingga menuju akhir tahun, Toys Kingdom dan Angkasa Pura II menghadirkan play-experience atau area bermain dan belajar di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta)

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 03 Jul 2024, 14:00 WIB
Diterbitkan 03 Jul 2024, 14:00 WIB
Toys Kingdom dan Angkasa Pura II memfasilitasi area bandara jadi tempat bermain dan belajar anak
Toys Kingdom dan Angkasa Pura II memfasilitasi area bandara jadi tempat bermain dan belajar anak. (Dok: Liputan6.com/dyah)

Liputan6.com, Jakarta - Masa anak-anak adalah masa bermain. Orangtua biasanya mendorong atau mengajak anak bermain sambil belajar agar otak anak bisa lebih optimal di masa tumbuh kembangnya. Tak harus di taman bermain rumah, anak-anak juga bisa bermain di area publik seperti bandara ketika hendak pergi liburan bersama keluarga.

Di momen liburan sekolah ini, Toys Kingdom dan Angkasa Pura II pun menghadirkan play-experience atau area bermain dan belajar di Bandara Soekarno Hatta (Soetta). Merek dari Kawan Lama Group yang menyediakan koleksi lengkap mainan dan hobi untuk segala usia ini, berkolaborasi dengan operator bandara PT Angkasa Pura II (AP II) menghadirkan dua area bermain anak di Terminal 3 Keberangkatan Bandara Soetta, Tangerang.

Dua area bermain ini bisa dikunjungi mulai 21 Juni hingga 22 September 2024. Cin Asmoro, Pgs. SVP of Corporate Secretary AP II, mengungkapkan, Bandara Soekarno Hatta merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia. Pada periode peak season seperti momen liburan sekolah, jumlah penumpang pesawat, khususnya penumpang pesawat keluarga dengan anak-anak, meningkat beberapa kali lipat.

"Kami ingin menghadirkan keseruan bagi seluruh keluarga dan anak-anak melalui kolaborasi bersama Toys Kingdom. Anak-anak dapat bermain sambil menunggu jadwal penerbangan mereka, dan sudah mulai merasakan liburan saat di bandara," sebut Cin Asmoro saat media visit di Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa, 2 Juli 2024. 

Ellen Widodo, General Manager Marketing Communications Toys Kingdom, mengatakan, kedua area play-experience ini merupakan bentuk perpanjangan Toys Kingdom sebagai tempat penuh kebahagiaan, inspirasi, dan imajinasi.

"Kami menghadirkan berbagai aktivitas khususnya untuk anak-anak, seperti animatronic T-Rex yang interaktif, Hot WheelsTrack sepanjang 16 meter yang seru, juga area free-to-play Lego untuk mengasah imajinasi anak," ujar Ellen di kesempatan yang sama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Aspek Edukasi Bagi Anak

Toys Kingdom dan Angkasa Pura II memfasilitasi area bandara jadi tempat bermain dan belajar anak. (Dok: Liputan6.com/dyah)
Toys Kingdom dan Angkasa Pura II memfasilitasi area bandara jadi tempat bermain dan belajar untuk anak. (Dok: Liputan6.com/dyah)

Ellen menambahkan bahwa seluruh aktivitas yang dihadirkan tidak hanya dibuat semenarik mungkin, namun juga memiliki manfaat edukasi. Area play-experience pertama terletak di area depan pintu keberangkatan domestik dengan tema Hot Wheels.

Pengunjung akan disambut giant hot wheels monster truck, model raksasa diecast hot wheels monster truck dengan tinggi lebih dari tiga meter. Toys Kingdom juga menghadirkan dua hot wheels track sepanjang 16 meter yang bisa digunakan adu cepat mobil diecast hot wheels dan mengasah sportivitas anak.

Untuk mengasah kreativitas dan problem solving anak, pihaknya juga menghadirkan satu set hot wheels track dengan berbagai rintangan unik seperti pelontar dan loop atau putaran. Kemudian area play-experience kedua hadir di area depan pintu keberangkatan internasional. 

Anak-Anak akan disambut oleh animatronic T-Rex interaktif, yaitu patungdinosaurus tyranosaurus rex yang bisa bergerak dan mengeluarkan suara. Di sampingnya juga hadir sebuah patung jerapah setinggi 3,5 meter, sesuai tinggi aslinya, dan dua ekordinosaurus triceratops. 


Edukatif Merangsang Motorik Anak

Toys Kingdom dan Angkasa Pura II memfasilitasi area bandara jadi tempat bermain dan belajar untuk anak di Bandara Soekarno Hatta
Toys Kingdom dan Angkasa Pura II memfasilitasi area bandara jadi tempat bermain dan belajar untuk anak di Bandara Soekarno Hatta. (Dok: Liputan6.com/dyah)

Semuanya hadir dengan penjelasan ilmiah masing-masing hewan yang mudah dipahami anak-anak. Bagi para penggemar karakter Sylvanian Families, Toys Kingdom menghadirkan enam patung besar Sylvanian Families dengan tekstur bulu dan pakaian lucunya yang khas.

Keenam patung ini bisa diajak berswafoto dan bermain peran, yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan sosial anak. Demi memanjakan para pecinta mainan building bricks, Toys Kingdom menghadirkan sebuah patung Lego City Police setinggi satu meter yang bisa bergantiekspresi wajah dan mengeluarkan suara.

Di sampingnya, hadir sebuah area free-to-play Lego berisi ratusan balok Lego yang bisa dimainkan sembari menunggu jadwal penerbangan. Tidak hanya seru, mainan jenis building bricks ini juga dapat melatih daya imajinasi anak. Selain permainan seru, Toys Kingdom juga menghadirkan berbagai produk mainan di dua play-experience area tersebut, termasuk pilihan mainan edukatif untuk anak yang dapat merangsang motoriknya. 

 


Momen Bonding Orangtua dan Anak

Toys Kingdom memfasilitasi area bandara jadi tempat bermain dan belajar untuk anak di Bandara Soekarno Hatta. (Dok: Liputan6.com/dyah)
Toys Kingdom dan Angkasa Pura II memfasilitasi area bandara jadi tempat bermain dan belajar untuk anak di Bandara Soekarno Hatta. (Dok: Liputan6.com/dyah)

Toys Kingdom ikut menghadirkan berbagai mainan koleksi yang tak hanya disukai anak-anak tapi juga orang dewasa, mulai dari karakter Toys Story hingga Sanrio. Area play-experience dapat diakses langsung melalui Gate 1 dan Gate 5 Terminal 3 keberangkatan Bandara Soekarno Hatta.

Lebih jauh Ellen mengatakan bahwa pihaknya biasa membuat play-experience untuk anak-anak di mal. Baru pertama kalinya Toys Kingdom membuat wahana bermain tersebut di bandara pada musim liburan sekolah kali ini.

"Karena momen liburan sekolah anak, ngajak anak bermain sebetulnya lebih ke momen bonding mengajak anak tapi sembari momong dan story telling agar menstimulus memori anak," katanya. 

Sementara saat ditanya kiat memilih mainan untuk anak, Ellen menyebut akan berbeda bagi tiap anak karena masing-masing akan memiliki kesukaan yang berbeda. Seperti jenis board games dengan permainan kartu maupun monopoli, tapi ada pula anak yang menyukai jenis permainan role play.

"Ada keluarga, ada rumahnya, bisa bermain dan bercerita. Ini (jenis permainannya) bisa meningkatkan interaksi sosial anak. Sebagai orangtua berangkat dari situ," sarannya. 

 

Infografis Macam-Macam Permainan Tradisional
Infografis Macam-Macam Permainan Tradisional. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya