6 Air Rebusan yang Bisa Menurunkan Kolesterol dengan Cepat, dari Daun Salam sampai Daun Sirsak

Berbagai usaha bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol, salah satunya dengan cara merebus daun salam atau jenis daun lainnya seperti daun sirsak yang berkhasiat sama.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 18 Jul 2024, 05:00 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2024, 05:00 WIB
5 Resep Minuman Hangat untuk Turunkan Kolesterol, Hanya 3 Bahan Saja
Resep Teh Daun Salam Kayu Manis (Sumber: sajiansedap.grid.id)

Liputan6.com, Jakarta - Kolesterol adalah senyawa lemak yang diproduksi berbagai sel dalam tubuh. Sekitar seperempat kolesterol dihasilkan dalam tubuh kita diproduksi oleh sel-sel hati.

Mengutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan, Kamis (17/7/2024), pada dasarnya tubuh membutuhkan kolesterol untuk tetap sehat. Sayangnya, tingkat kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan buruknya sirkulasi darah.

Disebutkan bahwa pemeriksaan kolesterol dalam darah berguna untuk mendeteksi risiko tersebut. Dan kolesterol tinggi biasanya diakibatkan oleh kombinasi faktor genetik dan gaya hidup.

Diet tinggi lemak jenuh dan kolesterol, kurangnya aktivitas fisik, dan kelebihan berat badan atau obesitas dapat menyebabkan peningkatan kolesterol dalam darah. Berbagai usaha bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol, salah satunya dengan cara merebus daun salam atau jenis daun lainnya yang berkhasiat sama.

Untuk Anda yang ingin mencoba cara tradisional ini, berikut enam air rebusan daun yang bisa menurunkan kolesterol dirangkum Tim Lifestyle Liputan6.com dari berbagai sumber.

1. Air Rebusan Daun Salam untuk Menurunkan Kolesterol

Daun salam punya kandungan enzim dengan protein yang tersedia di dalamnya dan dapat memberikan rasa nyaman untuk mereka menjalani program diet non-vegetarian. Itu sebabnya, Anda yang mengalami masalah pencernaan disarankan untuk mengonsumsi air rebusan daun salam.

Daun salam diketahui memiliki kandungan polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan yang kuat. Zat ini dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah dan kolesterol pada penderita diabetes.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Air Rebusan Daun Kelor untuk Menurunkan Kolesterol

Ilustrasi daun kelor
Ilustrasi daun kelor. (Gambar oleh S V dari Pixabay)

Selama ini daun kelor lebih diketahui fungsinya untuk melancarkan ASI pada ibu yang sedang menyusui. Namun nyatanya masih banyak manfaat lain daun kelor, salah satunya resbusan daun kelor dapat menurunkan kolesterol. 

Daun kelor kaya akan kandungan nutrisi seperti protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, zinc, beta karoten, vitamin B (B1, B2, B3), dan vitamin C. Meminum rebusan daun kelor dipercaya membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan mencegah penumpukan plak di arteri, sehingga bisa meningkatkan kesehatan jantung.  

3. Air Rebusan Daun Alpukat untuk Menurunkan Kolesterol

Mengutip dari laman alodokter, daun alpukat dapat berefek antihiperlipidemia yang bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol di tubuh. Selain itu, menurut Jurnal Biomolecular and Health Science mengungkapkan, percobaan yang dilakukan terhadap 25 tikus menunjukkan bahwa sekelompok tikus yang diberikan ekstrak daun alpukat mengalami penurunan kadar kolesterol.

Masih diperlukan studi lebih lanjut terkait efek pastinya terhadap manusia. Namun hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi bahwa daun alpukat berpotensi untuk menurunkan kadar kolesterol. 


4. Air Rebusan Daun Sirsak untuk Menurunkan Kolesterol

5 Resep Minuman Hangat untuk Turunkan Kolesterol, Hanya 3 Bahan Saja
Resep Teh Daun Sirsak (Sumber: CookPad @HerlinaCsLim)

Daun sirsak merupakan salah satu jenis herbal yang telah digunakan secara tradisional untuk mengobati berbagai jenis penyakit, termasuk salah satunya kolesterol. Beberapa penelitian pun menunjukkan bahwa daun sirsak mengandung senyawa-senyawa aktif yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Senyawa yang terkandung dalam daun sirsak salah satunya adalah acetogenins, yang dikenal memiliki efek anti-kolesterol. Senyawa tersebut membuat manfaat daun sirsak untuk kolesterol dapat membantu menghambat produksi enzim HMG-CoA reduktase, yang berperan dalam produksi kolesterol di dalam tubuh.

Dengan menghambat produksi enzim tersebut, maka produksi kolesterol di dalam tubuh dapat ditekan, sehingga kadar kolesterol dalam darah bisa menurun. Di samping itu, daun sirsak juga mengandung serat, vitamin C, dan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan jantung serta melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kandungan serat dalam daun sirsak juga dapat membantu mengikat kolesterol dalam usus. Serat itu akan membawanya keluar dari tubuh bersama dengan feses.  


5. Air Rebusan Daun Binahong untuk Menurunkan Kolesterol

Gambar Tangkapan Layar Foto Daun Binahong (sumber: Facebook)
Gambar Tangkapan Layar Foto Daun Binahong (sumber: Facebook)

Keajaiban manfaat daun binahong tidak lepas dari kandungan nutrisi luar biasa yang terdapat di dalamnya, antara lain saponin, minyak atsiri, alkaloid, flavonoid, asam askorbat, antioksidan, vitamin E, zat besi, asam folat, protein, kalsium, riboflavin, beta karoten, dan banyak lagi.

Daun binahong mengandung antioksidan kuat yang melindungi otot jantung, arteri, dan saraf dari kerusakan oleh radikal bebas. Selain itu, kandungan seratnya membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menjaga kesehatan jantung secara menyeluruh.  

6. Air Rebusan Daun Pepaya untuk Menurunkan Kolesterol

Mengutip dari laman Fimela, daun pepaya mengandung enzim papain yang mempunyai kemampuan untuk merangsang tubuh dalam memecah lemak dan mengeluarkannya secara alami. Papain pun bisa menghancurkan plak kolesterol yang menempel di dinding arteri, sehingga membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Rebusan daun pepaya juga mengandung serat yang tinggi, baik serat larut maupun serat tak larut, untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap stabil.

 

 

Infografis Jamu Populer di Indonesia
Infografis jamu populer di Indonesia. (Dok: Liputan6.com Tim Grafis)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya