Selamat, Selena Gomez Resmi Jadi Miliuner Berkat Bisnis Kosmetik Rare Beauty

Kekayaan bersih Selena Gomez ditaksir mencapai USD1,3 miliar atau sekitar Rp20 triliun yang mayoritas disumbang oleh kepemilikan sahamnya di Rare Beauty.

oleh Dinny Mutiah diperbarui 07 Sep 2024, 19:00 WIB
Diterbitkan 07 Sep 2024, 19:00 WIB
Selena Gomez Resmi Jadi Miliuner Berkat Bisnis Kosmetik Rare Beauty
Selena Gomez. (dok. Instagram @selenagomez/https://www.instagram.com/p/C-dHmIKx1p2/?img_index=1/Dinny Mutiah)

Liputan6.com, Jakarta - Selena Gomez resmi menjadi miliuner, bahkan disebut sebagai salah satu miliarder termuda di dunia. Menurut Bloomberg News, bintang Only Murders in The Building itu ditaksir memiliki kekayaan bersih sebesar USD1,3 miliar atau lebih dari Rp20 triliun.

Ia pun memecahkan rekor Bloomberg Billionaires Index. Sebagian besar kekayaan Gomez berasal dari sahamnya di Rare Beauty, perusahaan kosmetik yang didirikannya pada 2020. Ia berhasil memanfaatkan pengikut media sosialnya yang berjumlah ratusan juta di Instagram dan TikTok untuk menjual produk kecantikan seperti maskara, perona pipi cair, dan pencerah mata.

Mengutip NY Post, Sabtu (7/9/2024), Gomez awal tahun ini dilaporkan sedang menjajaki kemungkinan penjualan perusahaannya yang memiliki valuasi senilai USD2 miliar. Perusahaan itu dianggap sebagai target merger dan akuisisi yang menarik. Namun kemudian, ia mengatakan kepada majalah TIME bahwa tidak ada rencana menjual perusahaan kosmetik tersebut.

Rare Beauty saat ini hanya memiliki dua investor terkenal, yakni New Theory Ventures dan CEO Scott Friedman yang pernah memimpin Nyx Cosmetics sebelum dijual ke L'Oreal seharga USD500 juta pada 2014. Penilaian Bloomberg terhadap kekayaan Gomez mengasumsikan bahwa dia setidaknya memiliki 51 persen saham di Rare Beauty.

Sumber kekayaan lainnya, menurut publikasi itu, berasal dari endorsement, tur konser, penjualan album, akting, royalti streaming, dan kepemilikan real estate. Ia memulai karier sejak muda dengan membintangi program televisi Barney & Friends.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sudah Diprediksi Jadi Miliuner Sejak Tahun Lalu

Selena Gomez Resmi Jadi Miliuner Berkat Bisnis Kosmetik Rare Beauty
Selena Gomez. (dok. Instagram @selenagomez/https://www.instagram.com/p/C-dHmIKx1p2/?img_index=1/Dinny Mutiah)

Prediksi Selena Gomez menjadi miliuner beredar sejak tahun lalu. Saat ia merayakan ulang tahun ke-31 pada Sabtu, 22 Juli 2023, dikutip dari TMZ, minggu, 23 Juli 2023, selain ucapan selamat ulang tahun, tak sedikit pula yang memberi selamat Selena Gomez atas lonjakan kekayaannya yang diklaim signifikan.

Jumlah kekayaan pemilik nama lengkap Selena Marie Gomez saat itu ditaksir 800 juta dolar AS atau setara Rp12 triliun. Situs CelebrityNetWorth menempatkan Selena Gomez dengan kekayaan nilai tersebut. Kekayaan itu disebut diraih dari penjualan makeup line miliknya, Rare Beauty.

Kekayaan bersih baru yang tidak resmi itu tampaknya terkait dengan laporan Bloomberg yang mengatakan perona pipi Rare Beauty Selena menghasilkan sekitar 70 juta dolar AS atau setara Rp1 triliun pada 2022. Rare Beauty diperkirakan meningkatkan penjualan produk tersebut tiga kali lipat pada 2023. Pada 2022, brand kecantikannya bernilai sekitar 95 juta dolar AS atau sekitar Rp1,4 triliun.

Pencapaian tersebut menambah panjang kesuksesan pesohor dunia ketika terjun di dunia kecantikan. Kylie Jenner menjadi miliarder dengan mereknya dan sekarang, tampaknya Selena mengikuti jejaknya.


Bahas Rare Beauty di Ultah ke-31

Selena Gomez Capai Status Miliarder (Instagram/@selenagomez)
Selena Gomez Capai Status Miliarder (Instagram/@selenagomez)

Berbicara tentang Rare Beauty, Selena menyampaikan di unggahan ulang tahun. Ia menulis, "Saya bersyukur atas begitu banyak hal dalam hidup saya dan salah satu hal yang paling saya syukuri adalah pekerjaan yang dapat kami lakukan dengan Rare Impact Fund melalui @Rarebeauty."

Ia menambahkan, "Berkat ANDA, kami dapat meningkatkan kesadaran dan meningkatkan akses ke layanan kesehatan mental bagi kaum muda. Ini adalah hasrat sejati saya dalam hidup."

"Orang-orang terus bertanya kepada saya apa yang saya inginkan untuk ulang tahun saya, dan saya memberi tahu semua orang hal yang sama, tolong jangan berikan saya apa pun, tetapi jika Anda ingin melakukan sesuatu untuk ulang tahun saya, silakan berdonasi ke Rare Impact Fund," terang Selena.

Label kosmetik milik Selena Gomez, Rare Beauty, secara resmi diluncurkan pada Kamis, 3 September 2019. Antusiasme Selena tak dapat dibendung dan tampak dari sederet unggahan yang dibagikan melalui akun Instagram pribadi.


Ragam Produk Makeup Rare Beauty

Selena Gomez Capai Status Miliarder (Instagram/@selenagomez)
Selena Gomez Capai Status Miliarder (Instagram/@selenagomez)

Salah satunya, ketika pelantun Lose You To Love Me itu mengunggah video singkat tengah asyik merias wajah dengan beragam produk dari Rare Beauty. Dalam video, sekilas terlihat foundation, luminizer, liquid blush, pensil dan jel alis, hingga eyeliner.

Kala itu, Selena Gomez menuliskan di kolom keterangan, produk Rare Beauty juga tersedia di Sephora. "I'm so excited for you to finally try it! (Saya sangat senang Anda akhirnya mencobanya!)," lanjutnya pada unggahan saat hari perilisan.

Berdasarkan laman resmi Rare Beauty, untuk fitur pembelian terdapat kategori dari produk-produk face, eye, lip, dan tools. Untuk kosmetik wajah terdapat beragam produk, sebut saja foundation yang tersedia dengan 48 shade. Tertulis pada detail foundation bahwa produk ini cruelty free, vegan, paraben free, cocok untuk kulit sensitif, teruji secara dermatologis, hingga nonkomedogenik. Liquid Touch Weightless Foundation dijual seharga 29 dolar AS atau setara Rp428 ribu.

Ada pula Soft Pinch Liquid Blush yang tersedia dengan delapan shade yang dijual seharga 20 dolar AS atau setara Rp295 ribu. Untuk Liquid Touch Brightening Concealer juga tersedia 48 shade yang dijual seharga 19 dolar AS atau setara Rp280 ribu.

Berlanjut ke kategori pemulas bibir, terdapat dua pilihan produk, yang pertama With Gratitude Dewy Lip Balm yang tersedia dalam 7 shade. Produk ini dijual seharga 16 dolar AS atau sekitar Rp236 ribu. Produk kedua adalah Lip Soufflé Matte Lip Cream seharga 20 dolar AS yang tersedia dalam 12 shade. Tak ketinggalan kategori tools yang menyediakan brush untuk foundation dan concealer serta spons.

Infografis 6 Tren Makeup yang Diprediksi Bakal Hits di 2024
Infografis 6 Tren Makeup yang Diprediksi Bakal Hits di 2024 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya