Trik Mikha Tambayong Punya Wajah Flawless Meski Kulit Kering dan Bermasalah dengan Freckles

Mikha Tambayong mengaku kulit keringnya akan lebih bermasalah saat ia datang bulan atau sering syuting. Begitu pun dengan freckles-nya.

oleh Dinny Mutiah diperbarui 24 Sep 2024, 14:00 WIB
Diterbitkan 24 Sep 2024, 14:00 WIB
Trik Mikha Tambayong Punya Wajah Flawless Meski Kulit Kering dan Bermasalah dengan Freckles
Mikha Tambayong. (dok. Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Liputan6.com, Jakarta - Masalah kulit ternyata dialami pula oleh Mikha Tambayong. Pemeran sinetron Kepompong itu mengaku kulitnya cenderung kering, bahkan menjadi lebih kering saat akan datang bulan. Masalah kulit kering bertambah bila ia sedang rutin menjalani syuting dan sering terpapar sinar matahari.

"Aku juga lumayan banyak freckles karena genetik keturunan. Itu yang kadang-kadang jadi agak sedikit masalah karena ternyata freckles itu bisa semakin banyak gitu kan," tuturnya ditemui di sela penjurian Wonderwear Professional Makeup Challenge (WPMC) 2024 di Jakarta, Senin, 23 September 2024.

Langkah awal adalah mendisiplinkan diri memakai serangkaian produk skincare. Ia rutin memakai pelembab dan sunblock dengan SPF tinggi karena dinilai sangat esensial untuk kesehatan kulitnya.

"Basic-nya harus kuat dulu, makanya aku enggak pernah ketinggalan pakai SPF Hydra Botanic setiap hari," ujarnya.

Ia sengaja memilih formula cair alias likuid agar wajahnya terlihat lebih lembab. Tampilan wajah flawless Mikha juga dibantu dengan beragam kosmetik yang lagi-lagi berbentuk cair, terutama foundation untuk menutup bintik-bintik hitam di wajahnya tapi tidak terlihat seperti topeng.

"Aku lebih suka skincare dan makeup yang lebih liquid, mungkin ya jatuhnya itu lebih, apa ya, dewy gitu," ucapnya.

Mikha juga suka memakai face mist untuk menyegarkan tampilan wajah dan diakhiri dengan penyemprotan setting spray agar makeup-nya bisa lebih tahan lama. Ia juga mendapat trik dari makeup artist (MUA) agar riasannya tahan lama, yakni menggunakan bedak sedikit matte.

"Itu supaya makeup-nya akan lebih set, karena kan semakin lama semakin dia akan menyerap," imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Suka Riasan Natural dan Dandan Sendiri

Trik Mikha Tambayong Punya Wajah Flawless Meski Kulit Kering dan Bermasalah dengan Freckles
Mikha Tambayong. (dok. Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Perihal gaya makeup, Mikha mengaku lebih suka yang sangat natural dan simpel, tetapi tetap bercahaya. Itu terutama saat ia berkegiatan sehari-hari. Ia pun memilih berdandan sendiri, mempraktikan ilmu dan trik yang didapatnya dari para makeup artist (MUA) yang dikenalnya.

Ada beberapa produk makeup yang selalu dibawanya ke mana pun. Pertama adalah blush on. Ia sengaja memilih yang multifungsi, sebagai pemulas pipi sekaligus pemulas bibir. "Itu menurut aku paling efisien, makeup gue ke mana-mana. Jadi, biasanya bibir sama pipi aku warnanya sama gitu," imbuhnya.

Tapi, beda lagi bila harus tampil di panggung atau acara lainnya. Biasanya, makeup-nya dibuat sedikit lebih berani dengan mata yang 'menyala'. "Pakai eyelashes, pakai eyeliner yang lumayan tebal gitu," katanya.

Makeup tebal jadi tuntutan karena ia harus terlihat dari jauh oleh penonton. Belum lagi disorot lampu yang membuat tampilannya harus ekstra. Untuk hal ini, ia biasanya meminta bantuan jasa MUA. 

"Buat aku, makeup yang menurut aku oke itu makeup yang sebenarnya tidak mengubah fitur muka, tapi enhancing. Justru menonjolkan sisi muka kita yang mungkin terlihat berbeda dengan makeup," ucap Mikha.


Rayakan Ultah ke-30

Memasuki Usia Kepala 3, Gaya Rambut Gemas bak ABG Mikha Tambayong di Pesta Ulang Tahunnya
Bak ABG, Mikha tampil manis dengan tatanan rambut double half ponytail berhiaskan mini ribbon biru muda. [@miktambayong]

Pada 15 September 2024, Mikha Tambayong genap berusia 30 tahun. Mengutip kanal Hot Liputan6.com, bintang film Bismillah Kunikahi Suamimu menggelar pesta ulang tahun berkonsep pesta kebun bersama orang-orang tersayang, termasuk Deva Mahenra dan Chelsea Islan.

Tahun ini merupakan tahun kedua Mikha rayakan ulang tahun bareng Deva Mahenra setelah menikah. Pasangan yang menikah beda agama ini mengikat janji suci pada Januari 2023.

Mikha tampil imut dengan memadukan atasan tube floral dan rok model balon berwarna kuning yang pas dengan konsep pesta yang diusung. Ia menguncir rambutnya dengan pita biru yang membua artis bernama lengkap Maudy Mikha Maria Tambayong ini bak ABG. Mikha memadankannya dengan sandal yang membuatnya terkesan santai.

Badan langsing Mikha Tambayong banjir pujian. Meski dulu banyak yang mengomentari karena disebut terlalu kurus, kini bintang sinetron Kepompong ini makin cantik dengan badan langsingnya. Sementara, Deva mengenakan kaus putih sebagai inner dan kemeja putih sebagai outer yang dipadukan dengan celana jeans light blue.


Pemenang WPMC 2024

Trik Mikha Tambayong Punya Wajah Flawless Meski Kulit Kering dan Bermasalah dengan Freckles
Pemenang utama kompetisi WPMC 2024 Devita MUA. (dok. Ultima II)

Sementara itu, Grand Final WPMC yang berlangsung di Jakarta, kemarin, memilih Devita MUA sebagai pemenang utama. Ia pun berhak mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp 15 juta dan produk ULTIMA II senilai Rp 12 juta.

"Sebagai MUA yang sedang meniti karir di dunia kecantikan, ajang kompetisi WPMC ini menjadi momen berharga untuk semakin memantapkan langkah saya menuju profesional. Menjadi juara tentunya menjadi harapan saya untuk menaikan profil dan exposure di industri yang cukup kompetitif ini," kata Devita.

Selain Devita, dewan juri yang dipimpin MUA profesional Olis Herawati memilih Eca Glow Makeup dari Pekanbaru sebagai Runner Up 1 serta Ahya Awal dari Bandung sebagai Runner Up 2 dengan hadiah berupa uang tunai senilai Rp10 juta dan produk ULTIMA II senilai Rp10 juta. Ketiga pemenang juga akan mendapatkan keuntungan seperti kontrak endorsement, publisher exposure, dan beautytools senilai Rp 10 juta dari ULTIMA II.

Terdapat dua peserta lain yang mendapatkan predikat Most Favorite, yakni Padra Shanee Makeup dari Solo, dan Makeup by Billy dari Jakarta yang masing-masing akan mendapatkan uang tunai senilai Rp 5juta, produk ULTIMA II senilai Rp8 juta, kontrak endorsement dan beauty tools senilai Rp 10 juta. Sementara, pemenang Top Instagram Vote baru akan diumumkan pada 26 September 2024 di Instagram ULTIMA II Indonesia dan mendapatkan hadiah berupa Produk ULTIMA II senilai Rp4 juta.

 

 

Infografis Makeup Artist Ternama Indonesia
Infografis Makeup Artist Ternama Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya