Koleksi Eksklusif Smeg x Dolce & Gabbana Lewat Lukisan dengan Kanvas 100 Kulkas

Satu dari 100 koleksi eksklusif Frigorifero d’arte, hasil kolaborasi Smeg dan Dolce & Gabbana akan tampil di Art Jakarta pada 4-6 Oktober 2024 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta.

oleh Tim Lifestyle diperbarui 06 Okt 2024, 04:31 WIB
Diterbitkan 25 Sep 2024, 04:18 WIB
Koleksi Eksklusif Smeg x Dolce Gabbana Lewat Lukisan dengan Kanvas 100 Kulkas.
Koleksi Eksklusif Smeg x Dolce Gabbana Lewat Lukisan dengan Kanvas 100 Kulkas. foto: istimewa

Liputan6.com, Jakarta - Satu dari 100 koleksi eksklusif Frigorifero d’arte, hasil kolaborasi Smeg dan Dolce & Gabbana akan tampil di Art Jakarta pada 4-6 Oktober 2024 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta. Toffin Casa, selaku Agen Tunggal Pemegang Merek Smeg, akan membawa koleksi yang berjudul Heroes of Sicily dengan lukisan ksatria di abad pertengahan yang menjadi sentral utama dan dilukis oleh Alice Valenti.

Frigorifero d’arte menggunakan 100 kulkas Smeg FAB28 sebagai kanvas yang dilukis menggunakan tangan oleh lebih dari 10 orang seniman asal Sisilia, Italia dengan judul Made in Italy. Mereka mengambil kisah dan kebudayaan tradisional Sisilia untuk menjadi benang merah dari koleksi ini.

Contohnya teater boneka Sisilia, carretto Siciliano atau kereta kuda Sisilia yang terkenal, ksatria abad pertengahan, pemandangan alam Sisilia, adegan pertempuran, lemon, yang disisipkan dengan ciri khas kreativitas personal dari Domenico Dolce and Stefano Gabbana.

”Kolaborasi seperti ini bisa menjadi contoh untuk para seniman dan pemilik brand di Indonesia untuk bisa berkolaborasi dalam menciptakan produk fungsional dengan nilai seni tinggi, autentik, dan menjadi incaran para kolektor,” terang Nicky Kusuma, CEO PT Casa Toffin Indonesia. Produk fungsional yang dipilh seyogyanya memiliki keunggulan teknologi yang bisa menaikan harga jual.

Smeg FAB28 punya desain retro dengan teknologi hemat energi sehingga membantu mengurangi konsumsi listrik. Kulkas ini juga memiliki sistem pendinginan yang efisien, dengan fitur penyimpanan yang fleksibel dan kapasitas yang besar.

 


Koleksi Selebriti Papan Atas

Koleksi Eksklusif Smeg x Dolce Gabbana Lewat Lukisan dengan Kanvas 100 Kulkas.
Koleksi Eksklusif Smeg x Dolce Gabbana Lewat Lukisan dengan Kanvas 100 Kulkas. foto: istimewa

Penampilannya yang menarik membuat kulkas ini disukai para produser film dan televisi. Contohnya Film Paddington 2 (2017) yang disutradai oleh Paul King, film Transformers (The Dark Moon- 2016) disutradarai oleh Michael Bay, dan The Start-Up (K-drama- 2020) disutradarai oleh Oh Choong-Hwan. Selebriti papan atas seperti Kylie Jenner juga memiliki koleksi kulkas FAB28. sementara di Indonesia deretan figur seperti Asmirandah, Kimmi Jayanti, Tompi dan Anastasia Siantar juga memiliki kulkas serupa.

Nicky percaya bahwa “kanvas” yang tepat bisa membuat karya seni menjadi lebih menarik sehingga kolaborasi ini diharapkan bisa menggairahkan ekonomi kreatif di Indonesia. Di tahun 2023 nilai ekonomi kreatif dan pariwisata mampu mencapai Rp1.415 triliun dan di 2024 diharapkan bisa naik lebih tinggi.

Hasil dari kolaborasi ini kemudian menjadi koleksi seni langka karena masing-masing dari karya tersebut hanya ada satu di dunia. “Kami senang bisa bekerjasama dengan Smeg untuk menghadirkan kreativitas pada produk yang tidak sekadar fungsional tapi juga melibatkan seni dan teknologi.

 


Seni Lukis Tangan Tradisional

Koleksi Eksklusif Smeg x Dolce Gabbana Lewat Lukisan dengan Kanvas 100 Kulkas
Koleksi Eksklusif Smeg x Dolce Gabbana Lewat Lukisan dengan Kanvas 100 Kulkas.  foto: istimewa

 

Art Jakarta mempromosikan seni dan desain untuk menjadi sesuatu yang dekat dalam kehidupan sehari-hari,” jelas Tom Tandio, Fair Director Art Jakarta. Menurutnya, Frigorifero d'Arte menjadi istimewa berkat seni lukis tangan tradisional dari Sisilia Italia, dengan kolaborasi bersama Dolce & Gabbana.

Unit pendingin dari Smeg di Art Jakarta adalah bagian dari edisi spesial yang menampilkan sosok-sosok dari teater boneka Opera dei Pupi dalam tema "Heroes of Sicily" karya seniman Alice Venti. Seni tradisi tampil dengan wajah baru dan bisa menjangkau publik secara lebih luas sehingga mendapatkan apresiasi baru.

Koleksi ini juga diharapkan mampu menarik lebih banyak pengunjung Art Jakarta di 2024. tahun lalu Art Jakarta mampu menarik 35. ribu orang selama tiga hari penyelenggaraan, dan tahun ini pengunjung diharapkan dapat melampaui angka tersebut.

 

Infografis galeri seni yang jangan sampai dilewatkan
Infografis galeri seni yang jangan sampai dilewatkan. (Dok: Liputan6/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya