Jakarta Bakal Miliki Lapangan Olahraga di Tiap Kelurahan

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Ratiyono mengungkapkan sedang melakukan survei lahan untuk merealisasikan rencana tersebut.

oleh Andi Muttya Keteng diperbarui 23 Mei 2014, 16:35 WIB
Diterbitkan 23 Mei 2014, 16:35 WIB
Asiknya Olahraga Pagi di Kawasan Car Free Day

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta berencana membangun lapangan-lapangan olahraga di setiap kelurahan di wilayah Ibukota. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Ratiyono mengungkapkan pihaknya sedang melakukan survei lahan untuk merealisasikan rencana tersebut. Salah satunya di kawasan Jalan Sunter MAS Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Ada lahan yang sudah mau diserahkan dari pengembang, di Sunter MAS. Di situ ada kolam renang nanti kita timbun, ratakan. Nanti bisa buat lapangan voli, basket, futsal, atau badminton," ujar Ratiyono di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (23/5/2014).

Luas lahan tersebut sekitar 2.000 meter per segi yang sudah menjadi aset Pemprov DKI setelah dibeli dari salah satu pengembang tahun ini. Selain itu, ada pula tanah di kawasan Ciracas, Jakarta Timur, yang memungkinkan untuk dibangun lapangan-lapangan olahraga. Disorda DKI Jakarta juga mencoba mengecek apabila ada warga yang ingin menjual lahan di Johar Baru, Jakarta Pusat.

"Pak Wagub minta ada area di kampung padat kita beli, untuk lapangan itu. Terutama di kampung kumuh. Kita survei dulu," jelas Ratiyono.

Sementara, Basuki alias Ahok mengakui ia sudah menginstruksikan kepada Disorda DKI untuk membeli tanah di dekat pemukiman warga. Lahan itu nantinya akan dibangun, selain ruang terbuka hijau (RTH), juga lapangan olahraga. Dengan begitu, ada fasilitas penyaluran bakat anak-anak serta sekaligus mengajarkan hidup sehat bagi warga.

"Saya yakin bakat anak-anak di kampung kota Jakarta bisa tersalurkan. Kalau di GOR bayar sewa. Mereka kadang minder. Kesehatan masyarakat juga akan naik," jelas Ahok. (Yus)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya