Cerita Jokowi Berbalas Surat dengan Walikota London Boris Johnson

Kedatangan Boris ke Jakarta berawal dari surat menyurat dengan Jokowi.

oleh Andi Muttya Keteng diperbarui 30 Nov 2014, 10:10 WIB
Diterbitkan 30 Nov 2014, 10:10 WIB
Senyum Ahok saat Dilantik Jadi Gubernur
Presiden Jokowi memberikan ucapan selamat kepada Ahok usai acara pelantikan Gubernur di Istana Negara, Rabu (19/11/2014). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Walikota London Boris Johnson menyerahkan sumbangan 12 unit sepeda kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Pemberian sepeda dilakukan secara simbolis dalam kegiatan Car Free Day (CFD) di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (30/11/2014).

Presiden Jokowi yang turut hadir menyaksikan penyerahan itu menjelaskan, kedatangan Boris ke Jakarta berawal dari surat menyuratnya dengan walikota yang gemar bersepada itu.

"Kira-kira setahun yang lalu Mayor Boris kirim surat mau ke Jakarta. Saya jawab silakan datang tetapi waktu datang ke sini, saya sudah menjadi presiden. Surat menyuratnya seperti itu," beber Jokowi.

Baru pada tahun ini, Boris memiliki kesempatan berkunjung ke Jakarta. Meski kini Jokowi sudah tak menjabat lagi sebagai Gubernur DKI, ia merasa sudah berjanji menemui Boris maka ia pun turut mendampingi Ahok menerima bantuan sepeda tersebut.

"Saya sudah janji silakan, waktu itu waktu masih jadi gubernur," jelas Jokowi.

Ia mengatakan, saat menjadi orang nomor 1 di Jakarta dan mendapat tawaran kunjungan dari Boris, Jokowi ingin belajar manajemen kota besar seperti London misalnya transportasi dan berpikir untuk melakukan kunjungan balik. Namun, karena kursi Gubernur telah diduduki Ahok, maka menurutnya sudah tugas Ahok lah untuk meneruskan rencana tersebut.

"Kan udah ada pak Ahok," kata Jokowi.

"Lumayan ke london," celetuk Ahok sambil tersenyum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya