Menko Tedjo: Ada WNA Tiongkok di Poso yang Diduga Gabung ISIS

4 Dari 7 orang yang terindikasi kelompok ISIS di Poso itu telah diamankan aparat keamanan.

oleh Luqman Rimadi diperbarui 19 Mar 2015, 20:47 WIB
Diterbitkan 19 Mar 2015, 20:47 WIB
Tedjo Edhy Purdijatno
Tedjo Edhy Purdijatno (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (Menko Polhukam) Tedjo Edhy Purdijatno mengungkapkan, ada 7 warga negara asing (WNA) asal Tiongkok yang bergabung dengan kelompok militan ISIS bersama warga Indonesia yang bergabung dari jaringan teroris kelompok asal Poso, Sulawesi Tengah.

"Ada beberapa yang bergabung di sana adalah terindikasi ISIS, ada juga warga negara Tiongkok 7 orang," ujar Tedjo di Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (19/3/2015).

Tedjo mengatakan, 4 dari 7 orang yang terindikasi kelompok ISIS di Poso itu telah diamankan aparat keamanan. "4 Kami tangkap dan sudah diperiksa. (Informasi) itu dari BNPT ya," kata Tedjo.

Tedjo menjelaskan, pemerintah saat ini tengah berkoordinasi dengan perwakilan pemerintah Tiongkok untuk mendalami keterlibatan para WNA tersebut dalam jaringan teroris Poso yang bergabung dengan ISIS.

"Sudah kami periksa. Kami akan koordinasi dengan negara asalnya," pungkas Tedjo.

Sementara itu, 16 WNI yang ditahan pemerintah Turki saat akan menyeberang ke wilayah Suriah secara ilegal menolak dideportasi. Sedangkan 16 WNI lainnya yang masih hilang di negara tersebut diduga kuat telah bergabung dengan ISIS. (Mvi/Ans)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya