Dermaganya Jadi Tempat Perayaan HUT ke-70 TNI, Sinar Mas Bangga

Setelah tutup seminggu, Dermaga Kiat Indah akan kembali beroperasi seperti sediakala hari ini.

oleh Audrey Santoso diperbarui 06 Okt 2015, 06:18 WIB
Diterbitkan 06 Okt 2015, 06:18 WIB
20151005-Atraksi-Alutsista-dan-Prajurit-TNI
Tank TNI melakukan atraksi terjun kelaut saat peringatan HUT TNI ke-70 di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten, Senin (5/10/2015). HUT TNI Ke-70 ditandai atraksi tempur tiga matra TNI Angkata Darat, Laut dan Udara. (Liputan6.com/Faisal Fanani)

Liputan6.com, Cilegon - Puncak perayaan HUT ke-70 TNI berlangsung meriah Senin kemarin. Ribuan personel dan berbagai atraksi militer diperlihatkan dalam perayaan yang berpusat di Dermaga Kiat Indah Cilegon, Banten, tersebut.

Dermaga ini bukan milik pemerintah, melainkan milik swasta yakni PT Sinar Mas. Manager Director PT Sinar Mas Gandi Sulistiyanto sendiri merasa sangat bangga karena dermaga kapal milik perusahaannya, dipilih oleh TNI sebagai tempat perayaan hari jadi Korps Militer.

Menurut Gandi, keterlibatan PT Sinar Mas dalam puncak perayaan HUT TNI kali ini merupakan suatu kehormatan. Karena tempat tersebut akan tercatat dalam sejarah perjalanan karir TNI.

"Saya rasa ini kehormatan untuk kami karena tempat kami dipilih TNI jadi saksi sejarah HUT TNI yang ke-70. Saya bangga tempat ini bisa jadi saksi sejarah," kata Gandi usai menyaksikan parade defile dan demonstrasi perang tiga matra di Dermaga Kiat Indah, Cilegon, Senin 5 Oktober 2015.

Usai digunakan TNI, kata Gandi, Dermaga Kiat Indah akan kembali beroperasi seperti sediakala hari ini, Selasa (6/10/215). Sebelumnya, dermaga ini ditutup selama seminggu untuk latihan persiapan HUT TNI.

Soal pendapatan, Gandi enggan menyebutkan nominal potensi pendapatan yang hilang selama dermaga ditutup. Ia menegaskan, kerugian tersebut tidak mampu disandingkan dengan kebahagiaan yang dirasakan PT Sinar Mas, karena sudah turut andil mensukseskan HUT ke-70 TNI.

"Sudah seminggu tidak masuk kapal barang ke tempat kami. Meski akibat hal itu pendapatan kita berkurang, tapi nilainya tak bisa dibandingkan dengan acara ini," ujar Gandi.

Sebanyak 5.567 personel TNI mengikuti upacara HUT ke-70 TNI di Dermaga Indah Kiat Cilegon. Mereka merupakan pasukan gabungan yang terdiri dari Perwira Menengah TNI hingga siswa taruna-taruni Akademi TNI.

Dalam acara itu, Presiden Joko Widodo bertindak sebagai Inspektur Upacara, sementara Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi bertindak sebagai Komandan Upacara.

"Atas nama negara, pemerintah dan juga pribadi, saya menyampaikan ucapan selamat hari ulang tahun kepada segenap anggota dan keluarga besar Tentara Nasional Indonesia di manapun saudara berada dan bertugas," ujar Jokowi. (Sun/Ron)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya