Jokowi 'Pamerkan' Pasar Tanah Abang ke PM Australia

Belum terbiasa dengan iklim Indonesia, keringat PM Australia itu bercucuran saat berada di dalam Pasar Tanah Abang.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 12 Nov 2015, 16:27 WIB
Diterbitkan 12 Nov 2015, 16:27 WIB
20151112-Jokowi-Lucy-Turnbull-Faizal-Fanani
Presiden Indonesia Joko Widodo (kiri) dan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull (tengah) berjabat tangan dengan pedagang saat blusukan di Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis (12/11). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull blusukan ke Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Kamis (12/11/2015) siang. Di Pasar Tanah Abang, Jokowi dan Turnbull melepas jas dan dasi karena kegerahan.

Presiden Jokowi mengatakan, ia mengajak PM Turnbull blusukan ke Pasar Tanah Abang karena mempunyai dua tujuan. Pertama, Jokowi ingin memperkenalkan Perdana Menteri Australia tersebut ke masyarakat. "Supaya masyarakat tahu bahwa Indonesia dengan Australia itu dekat," jelas Jokowi.

Sedangkan tujuan kedua adalah Jokowi ingin menunjukkan pasar rakyat Indonesia kepada PM Turnbull. "Saya ingin tunjukkan ke PM Australia bahwa inilah pasar rakyat. Pasar Tanah Abang merupakan pasar terbesar di Asia," tambah Jokowi.

PM Australia Malcolm Turnbull menambahkan, ia memberikan apresiasi kepada Presiden Jokowi karena telah mengajaknya blusukan ke pasar rakyat.

Jokowi Ajak PM Australia Blusukan ke Pasar Tanah Abang. (Foto:Ilyas Istianur/Liputan6.com)

"Hari yang merupakan hari yang luar biasa bagi saya. Ini menunjukkan kepada saya bahwa Indonesia luar biasa. Ini satu momen yang kuat untuk terus meningkatkan kerja sama dengan Indonesia," jelas dia.

Belum terbiasa dengan iklim Indonesia, keringat PM Australia itu pun bercucuran saat berada di dalam Pasar Tanah Abang. "Hawa di sini memang lebih hangat, tapi yang saya rasakan lebih hangat sambutan dari rakyat bersama Presiden Jokowi," kata Malcolm Turnbull sambil tersenyum.

Sebelum mengunjungi Pasar Tanah Abang, Presiden Jokowi dan Turnbull telah melakukan pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan. (Gdn/Sun)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya