INFOGRAFIS: Apa Kabar Terowongan Air Ciliwung?

Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) punya beberapa proyek anti banjir Jakarta. Salah satunya proyek sodetan kali Ciliwung.

oleh Dini Nurilah diperbarui 20 Jan 2016, 13:31 WIB
Diterbitkan 20 Jan 2016, 13:31 WIB
20150908- Sodetan Kali Ciliwung-Jakarta
Pekerja mengerjakan pembangunan Sodetan Kali Ciliwung di Jalan Otista, Jakarta, Selasa (8/9/2015). Pengerjaan proyek sodetan ke kanal banjir timur tidak bisa dilanjutkan, karena terkendala pembebasan lahan di Bidara Cina. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) punya beberapa proyek anti banjir Jakarta. Salah satu dari sejumlah proyek tersebut adalah proyek sodetan kali Ciliwung.

Proyek sodetan kali Ciliwung diyakini bisa meminimalisir resiko banjir Jakarta yang disebabkan meluapnya sungai Ciliwung‎.Jika selesai, sodetan kali Ciliwung secara signifikan bisa memitigasi banjir terutama di kawasan yang dilalui Sungai Ciliwung di Jakarta Timur.

Sodetan kali Ciliwung dibangun berbentuk terowongan di bawah tanah dengan kedalaman 14 meter. Sodetan Ciliwung dibangun sepanjang 1,27 km dengan titik masuk air di Bidara Cina dan Outlet di Kebon Nanas. Lalu, bagaimana kabar proyek ini? Simak dalam infografis di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya