Ritual Iris Lidah Warga di Bogor Jelang Cap Go Meh

Selain tolak bala, ritual iris lidah ini untuk meminta perlindungan kepada dewa dan para leluhur serta agar diberikan rezeki dari leluhur.

oleh Achmad Sudarno diperbarui 21 Feb 2016, 20:37 WIB
Diterbitkan 21 Feb 2016, 20:37 WIB
20160221-cap go meh-bogor-ritual potong lidah 2
4 Tangsin di Bogor melakukan ritual iris lidah untuk meminta perlindungan kepada dewa dan para leluhur. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Liputan6.com, Bogor - Suara tetabuhan menggema di pelataran Vihara Dhanagun (Hok Tek Bio) Jalan Suryakancana Kota Bogor. Musik tersebut mengiringi ritual iris lidah.

Mayoritas masyarakat akan ngeri ketika melihatnya. Namun, ritual ini merupakan langkah untuk menolak bala.

Pada ritual tersebut, satu per satu para tangsing --sebutanpelaku iris lidah-- melakukannya dengan sebilah pedang.

Darah yang keluar dari lidah ditampung dalam wadah kemudian digunakan untuk menuliskan aksara-aksara Cina di atas kertas kuning (kertas Hu). Kertas Hu itu berfungsi sebagai isim atau azimat memulai ritual selanjutnya.

4 Tangsin di Bogor melakukan ritual iris lidah untuk meminta perlindungan kepada dewa dan para leluhur. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Uniknya, para tangsin yang mengiris lidahnya tidak kesakitan. Bahkan luka hasil irisan itu tidak terlalu parah.

Luka bekas irisan benda tajam itu disembuhkan dengan ramuan dari bawang putih, air jeruk nipis, remasan biji jagung, dan telur setelah ritual selesai.

Aksi keempat tangsin membuat ngeri para pengunjung yang penasaran dengan upacara itu.

"Ritual ini dilakukan rutin setiap tahun oleh warga keturunan Tionghoa, sebelum Cap Go Meh. Tujuannya sebagai tolak bala," kata Ketua Panitia Cap Go Meh, Arifin Himawan di Vihara Dhanagun, Minggu (21/2/2016) .

Selain tolak bala, ritual iris lidah ini untuk meminta perlindungan kepada dewa dan para leluhur. Ritual tersebut juga sebagai doa agar diberikan rezeki dari para leluhur.

"Yang paling utama dalam ritual iris lidah ini, permohonan dan momentum agar usaha dalam satu tahun ke depan diberi kelancaran," kata salah satu tokoh keturunan Tionghoa di Bogor.

Sebelum ritual iris lidah, warga Tionghoa membawa patung-patung yang mewakili dewa serta joli dengan cara ditandu diiringi suara tabuhan dan barongsai serta liong. Joli dan dewa dari berbagai vihara di Bogor ini dikumpulkan di Vihara Dhanagun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya