GKR Hemas: Keberagaman Harus Dirawat Sebagai Modal Bangsa

Hemas menyatakan, banyak orang yang mendominasi ruang publik saat ini cenderung bertentangan dengan semangat kebhinekaan.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 29 Des 2016, 20:10 WIB
Diterbitkan 29 Des 2016, 20:10 WIB
20161229-Sejumlah Tokoh Melihat Kembali Tantangan Merawat Kebangsaan Indonesia-Jakarta
Wakil Ketua DPD RI, Gusti Kanjeng Ratu Hemas (kanan) memberi pernyataan refleksi akhir tahun 2016 bertema Tantangan Merawat Kebangsaan Indonesia di Jakarta, Kamis (29/12). Sejumlah tokoh hadir dalam refleksi tersebut. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas menyatakan, banyak orang yang mendominasi ruang publik saat ini cenderung bertentangan dengan semangat kebhinekaan.

"Tantangan terbesar saat ini adalah bagaimana persatuan dan kesatuan Indonesia sedang diuji dengan berbagai upaya mendominasi ruang publik yang bertentangan dengan spirit Indonesia sebagai negara Bhineka Tunggal Ika," ucap GKR Hemas di acara Refleksi Akhir Tahun 2016  dengan tema "Tantangan Merawat Kebangsaan Indonesia" di Museum Nasional, Jakarta Pusat, Kamis (29/12/2016).

Menurut dia, Indonesia memiliki modal untuk menjaga kebhinekaan. Dia mencontohkan banyaknya keberagaman dan kemajemukan di seluruh wilayah Indonesia.

"Justru saya lihat kekuatan bangsa Indonesia terletak pada latar belakang keberagaman," ujar Hemas.

Namun, dia menambahkan, indikasi menghilangkan kekuataan tersebut mulai terasa. Karena itu, dirinya mengingatkan agar rasa hidup kebersamaan dalam keberagaman terus dijaga.

"Kekuatan ini seharusnya harus terus dirawat dan dipertahankan menjadi modal kita sebagai sebuah bangsa," pungkas Hemas.

 



Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya