Berkalung Syal Bendera Palestina, Kapolda Metro Pantau Aksi 115

Kapolda Metro Jaya mengatakan ada pesan dibalik atribut yang dikenakannya untuk peserta Aksi 115.

oleh Moch Harun Syah diperbarui 11 Mei 2018, 11:26 WIB
Diterbitkan 11 Mei 2018, 11:26 WIB
Kapolda Metro Jaya, Irjen Idham Azis. (Liputan6.com/Moch Harun Syah)
Kapolda Metro Jaya, Irjen Idham Azis. (Liputan6.com/Moch Harun Syah)

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya, Irjen Idham Azis, turun langsung memantau aksi 115 di lapangan silang Monas, Jakarta Pusat, Jumat (11/5/2018). Ia datang dengan berkalung sorban bendera Palestina di lehernya.

"Saya sengaja pakai sorban. Seluruh anggota termasuk TNI ingin memberi gambaran, kalau kami pemerintah Indonesia juga empati dengan Palestina," kata Idham di Monas, Jumat (11/5/2018).

Ia hadir didampingi Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Roma Hutajulu dan Dandim 0501 Jakarta Pusat Letkol Inf Edwin Adrian Sumantha.

Idham berharap aksi bisa berjalan damai sampai selesai. Dia juga berharap para peserta Aksi 115 tetap menjaga komitmen untuk menjaga kondusifitas dalam setiap aksinya.

"Saya mengimbau, marilah melakukan aksi dengan baik, santun dan sampaikan aspirasi dengan baik supaya situasi di Jakarta ini kondusif. Siapa lagi yang menjaga Jakarta kalau bukan masyarakat sendiri?" Idham berujar.

Ia mengatakan, menerjunkan 3.500 aparat gabungan dari unsur kepolisian dan TNI yang mengamankan acara yang direncanakan berakhir pada pukul 13.00 WIB tersebut.

"Kita sudah siapkan pengamanan, kita di-backup dengan jajaran Kodam Jaya dan Mabes Polri, Brimob Nusantara beserta Polda Metro Jaya," kata Idham di lokasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Peserta Aksi tak Jadi ke Kedubes AS

Massa Aksi 115 Bebaskan Baitul Maqdis Mulai Padati Monas
Massa Aksi 115 Bebaskan Baitul Maqdis Mulai Padati Monas. (Liputan6.com/Thomas)

Dalam kesempatan itu, Idham berdiskusi dengan panitia acara terkait kemungkinan massa akan demo di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat.

"Hasil koordinasi dengan panitia, mereka nggak akan ke sana. Ini saja setelah orasi kemudian Salat Jumat, setelah itu kembali (pulang) dengan tertib," ujar Idham di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (11/5/2018).

Saksikan video pilihan di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya