Pemkab Banyuwangi Selenggarakan Festival Band Pelajar

Serunya Festival Band Pelajar Banyuwangi.

oleh Cahyu diperbarui 28 Feb 2019, 18:09 WIB
Diterbitkan 28 Feb 2019, 18:09 WIB
Festival Band Pelajar Banyuwangi
Serunya Festival Band Pelajar Banyuwangi. (foto: merdeka.com)

Liputan6.com, Jakarta Gesibu Blambangan, Banyuwangi, tampak ramai oleh ribuan anak muda pada Rabu (27/2/2019). Mereka tampak asyik bernyanyi dan bergoyang. Ternyata, mereka sedang menyaksikan Festival Band Pelajar 2019 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi.

Dalam acara tersebut, band-band pelajar dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) antusias menampilkan kreativitas mereka. Band pelajar ini tak hanya berasal dari Banyuwangi, tetapi ada dari Jember, Surabaya, Malang, dan Trenggalek pula.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, membuka langsung acara tersebut. Ia mengaku bangga dengan para pelajar yang tampil di sana.

 

"Festival ini menjadi cara Banyuwangi untuk mengasah kreativitas bermusik anak-anak. Kenapa kami gelar untuk pelajar SD dan SMP, karena masih jarang festival musik yang digelar untuk mereka, umumnya untuk tingkat SMA. Selain itu kami ingin kualitas bermusik anak-anak kami terasah sejak dini. Hadirnya band dari luar daerah akan semakin membangkitkan jiwa berkompetisi untuk menjadi yang terbaik," ujar Anas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Festival Band Pelajar Banyuwangi
Suasana Festival Band Pelajar Banyuwangi (foto: merdeka.com)

 

Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi, Sulihtiyono, mengatakan bahwa Festival Band Pelajar berlangsung selama dua hari, yaity 26-27 Februari 2019. Festival ini diikuti sebanyak 46 band, yang terdiri 15 band SD dan 31 SMP. Lima besar di masing-masing kategori tampil di malam final, Rabu (27/2/2019).

"Kami memberikan kriteria lagu wajib dan pilihan. Untuk lagu wajib bertema lagu-lagu nasional, sedangkan pilihan lagu-lagu daerah nusantara. Untuk penilaian dewan juri akan melihat skill, harmonisasi, dan improvisasi serta performance," ucapnya.

Salah satu band pelajar yang lolos lima besar adalah band 'Indonesia Tangguh' dari SMPN 3 Jember. Band yang digawangi oleh enam pelajar kelas VIII ini tampil membawakan lagu wajib Gugur Bunga dan lagu pihan, yakni lagu Lir Ilir.

Salah satu personel band, Nindi, yang memegang alat musik bas, mengaku sangat bangga bisa lolos dalam lima terbaik kategori band SMP. Perjuangannya dan teman-teman yang datang ke Banyuwangi khusus untuk berkompetisi ini memberikan hasil yang memuaskan.

"Kami sangat senang sekali bisa tampil lagi malam ini. Apalagi kemarin kami merasa persaingannya sangat ketat dan terasa sekali semangat kompetisi untuk jadi yang terbaik. Ini jadi pengalaman yang sangat berharga untuk kami," kata dia.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya