UNHCR Apresiasi Upaya Indonesia Tangani Pencari Suaka

Dia menyebutkan, Perpres tentang Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri sangatlah membantu pihaknya menangani para pencari suaka.

oleh Ratu Annisaa Suryasumirat diperbarui 18 Jul 2019, 06:24 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2019, 06:24 WIB
Representatif United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) di Indonesia, Thomas Vargas mengaku pihaknya tidak memiliki target sampai kapan para pencari suaka akan tinggal di Indonesia.
Representatif United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) di Indonesia, Thomas Vargas mengaku pihaknya tidak memiliki target sampai kapan para pencari suaka akan tinggal di Indonesia. (Liputan6/Ratu Annissa)

Liputan6.com, Jakarta - Representatif United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) di Indonesia, Thomas Vargas mengapresiasi upaya pemerintah Indonesia untuk membantu para pencari suaka. Menurutnya, Indonesia adalah negara yang sangat murah hati.

"Kami sangat bersyukur kepada pemerintah Indonesia yang memberi tempat yang aman untuk tinggal bagi pengungsi," ujar Thomas di Kantor UNHCR, Kebon Sirih, Jakarta, Rabu (17/7/2019).

Dia menyebutkan, Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 125 Tahun 2016 tentang Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri sangatlah membantu pihaknya dalam menangani para pencari suaka. Sebab, tidak semua negara memiliki aturan serupa.

Dengan adanya aturan itu, pemerintah daerah dapat membantu pengungsi di daerahnya. Pemda juga bisa berkoordinasi dengan lembaga PBB untuk urusan pengungsi itu guna mengidentifikasi masalah dan mencari solusi untuk para pencari suaka.

"Kami senang, ini contoh bahwa pemerintah Indonesia menjadi contoh bagi negara lain yang tidak memiliki regulasi ini. Hukum ini sangat terlihat dalam tindakan Pemprov Jakarta yang membantu pengungsi yang paling rentan," tutur Thomas.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Komitmen Membantu

Thomas menilai, Pemprov DKI juga sangat berkomitmen dalam melaksanakan peraturan tersebut. Hal ini sangat terlihat dari cara menangani pengungsi dengan sigap. Selain itu, pihaknya juga akan terus bekerja sama dengan pihak lainnya terkait penanganan pengungsi.

"Saya rasa dengan adanya pihak-pihak lain yang terlibat, kita semua bahu-membahu membantu semampu kita untuk memenuhi kebutuhan mendesak dari para pencari suaka yang paling rentan di Indonesia," jelasnya.

Thomas menegaskan, dia juga akan terus mendorong negara lainnya untuk mengikuti langkah Indonesia dalam membantu pencari suaka. Menurutnya, negara lain juga perlu memberi kesempatan dan perlindungan bagi pencari suaka.

"Kami selalu menganjurkan negara-negara lain untuk memberi kesempatan kepada pencari suaka yang membutuhkan, terutama mereka yang memiliki masalah keselamatan," dia mengakhiri.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya