Infografis Kerusuhan Rasial Anti-Imigran Melanda Inggris dan Imbauan KBRI London

Otoritas Kepolisian Inggris telah menangkap 378 terduga perusuh selama sepekan terakhir. Kerusuhan disebut terparah dalam 13 tahun terakhir di Inggris.

oleh Anri SyaifulAbdillah diperbarui 07 Agu 2024, 09:05 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2024, 09:05 WIB
Banner Infografis Kerusuhan Rasial Anti-Imigran Melanda Inggris. (Liputan6.com/Abdillah)
Banner Infografis Kerusuhan Rasial Anti-Imigran Melanda Inggris. (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Unjuk rasa berujung kekerasan dan kerusuhan melanda Inggris dalam sepekan terakhir. Kerusuhan di Inggris terjadi di beberapa wilayah seperti Southport, Rotherham, Tamworth, Manchester, Liverpool, hingga Belfast di Irlandia Utara.

Seperti dilansir BBC, kerusuhan Inggris terjadi setelah 3 anak terbunuh dan 10 orang terluka di Southport, Merseyside, pada Senin 29 Juli 2024. Malam harinya muncul rumor yang menyebar secara online.

Hoaks dan misinformasi di media sosial itu menyebutkan tersangka penikaman massal di kelas tari di Southport tersebut seorang imigran pencari suaka. Padahal, menurut polisi, tersangka berusia 17 tahun dan lahir di Inggris.

Perdana Menteri atau PM Inggris Keir Starmer mengutuk kerusuhan tersebut. Ia pun memastikan yang terlibat kerusuhan akan menghadapi hukum secara tegas.

"Saya jamin kalian akan menyesal ikut dalam kerusuhan ini, baik yang langsung terlibat, maupun yang memprovokasi aksi ini secara online lalu kabur," kata Keir Starmer di London, Minggu 4 Agustus 2024.

PM Inggris bahkan menyebut kerusuhan itu sebagai premanisme kekerasan yang terorganisir. "Jadi, saya tidak akan menghindar untuk menyebut ini apa adanya, premanisme sayap kanan!"

Hingga Senin 5 Agustus 2024, Otoritas Kepolisian Inggris menyatakan telah menangkap 378 terduga perusuh selama sepekan terakhir. Kerusuhan ini bahkan disebut sebagai yang paling parah dalam 13 tahun terakhir di Inggris.

Terkait kerusuhan di Inggris, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) London telah mengeluarkan imbauan terhadap warga negara Indonesia (WNI). Apa saja imbauannya? Berapa jumlah WNI yang saat ini berada di Inggris? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Infografis Kerusuhan Rasial Anti-Imigran Melanda Inggris

Infografis Kerusuhan Rasial Anti-Imigran Melanda Inggris. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Kerusuhan Rasial Anti-Imigran Melanda Inggris. (Liputan6.com/Abdillah)

Infografis Imbauan KBRI London & Jumlah WNI di Inggris

Infografis Imbauan KBRI London dan Jumlah WNI di Inggris. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Imbauan KBRI London dan Jumlah WNI di Inggris. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya