Senator DKI Apresiasi Langkah Jokowi dan Anies Baswedan Hadapi Covid-19

Sabam mengajak seluruh masyarakat terus menjaga kesehatan dan mengikuti instruksi pemerintah dalam meminimalisir penyebaran Covid-19.

oleh Liputan6.com diperbarui 18 Mar 2020, 17:39 WIB
Diterbitkan 18 Mar 2020, 17:39 WIB
20161015-HUT-ke-80-Sabam-Sirait-Jakarta-Ahok-AY
Politisi Senior Sabam Sirait saat merayakan HUTnya yang ke-80 di Jakarta, Sabtu (15/10). Memasuki usia ke-80 Sabam memberikan masukan agar Indonesia tetap menjaga kerukunan dan persatuan bangsa. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Hingga saat ini, total kasus positif virus Corona atau Covid-19 di Indonesia adalah 227 orang. Untuk kasus yang meninggal dunia disebutkan sudah 19 orang, sementara yang berhasil sembuh ada 11 orang.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sabam Sirait mengaku sangat prihatin atas wabah Covid-19 yang sedang melanda dunia ini. Anggota MPR paling senior ini pun mengapresiasi arahan dan langkah Presiden Joko Widodo dalam rangka mencegah meluasanya virus Corona di Indonesia.

Di antara langkah-langkah itu adalah memerintahkan Menteri Kesehatan dan kementerian terkait untuk meningkatkan langkah-langkah ekstra dalam menangani pandemik global Covid-19 ini.

Termasuk langkah pemerintah yang terus berkomunikasi dengan WHO dan mempergunakan Protokol Kesehatan WHO sambil berkonsultasi dengan para ahli kesehatan masyarakat dalam menangani penyebaran Covid-19 ini.

Politisi yang sudah berpolitik sejak zaman era pemerintahan Bung Karno ini juga mengapresiasi pemerintah yang telah membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang dipimpin Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Letjen TNI Doni Monardo.

Sabam juga mengapresiasi kebijakan agar proses belajar dan mengajar dilakukan di rumah serta kebijakan agar sebagian aparatur sipil negara (ASN) bisa bekerja di rumah dengan menggunakan interaksi online, dengan tetap mengutamakan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

"Saya apresisi langkah pemerintah. Masyarakat juga mari menunda kegiatan yang melibatkan banyak orang dan mari ikuti protokol kesehatan yang disampaikan pemerintah," kata Sabam di kediamannya di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (18/3/2020).

Di saat yang sama, senator dari daerah pemilihan DKI Jakarta ini mengapresiasi langkah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menghentikan sementara kegiatan perkantoran, pendidikan, dan wisata publik dalam pencegahan penyebaran virus corona.

"Ini langkah yang bagus dan menjadi kebijakan untuk membatasi diri dari konsentrasi massa dalam jumlah banyak," ungkap Sabam.

Sabam pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus menjaga kesehatan dan mengikuti instruksi pemerintah dalam meminimalisir penyebaran virus Corona.

"Pemerintah dan masyarakat harus menyatukan tekad untuk sama-sama memerangi virus Corona," ungkap Sabam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Doa untuk Tenaga Medis

Sabam, yang sudah berkeliling ke-80 negara ini yakin dunia dan Indonesia secara khusus akan dapat melewati masa-masa sulit ini. Masalah Corona ini juga harus diatasi oleh masyarakat dunia secara kompak sebab ini persoalan global.

"Mari kita juga sama-sama berdoa untuk kebaikan bangsa dan negara," jelas Sabam.

Terakhir, dia berdoa untuk para dokter dan semua petugas rumah sakit yang saat ini berjuang untuk pasien.

"Mereka adalah pahlawan, mereka layak mendapatkan yang terbaik, karena mereka sudah memberikan yang terbaik," ungkap Sabam.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya