Ulang Tahun di Tengah Pandemi Corona, Apa yang Dilakukan Jokowi?

Presiden Joko Widodo atau Jokowi berulang tahun ke-59, Minggu (21/6/2020).

oleh Lizsa Egeham diperbarui 21 Jun 2020, 09:19 WIB
Diterbitkan 21 Jun 2020, 09:15 WIB
Presiden Jokowi salat Jumat di Masjid Istana Kepresidenan dengan protokol kesehatan
Presiden Jokowi salat Jumat di Masjid Istana Kepresidenan dengan protokol kesehatan. (Dok Setpres)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berulang tahun ke-59, Minggu (21/6/2020). Lahir di Surakarta pada 1961 silam, Jokowi tidak pernah merayakan ulang tahunnya.

"Saya itu tidak pernah merayakan ulang tahun. Jadi jangan ada yang mengulangtahuni," ucap Jokowi saat ulang tahunnya ke-58.

Tahun lalu, Jokowi menghabiskan hari ulang tahunnya dengan blusukan meninjau proyek pembangunan landasan pacu atau runway 3 Bandara Soekarno Hatta Tangerang Banten. Usai peninjauan, mantan Gubernur DKI Jakarta mendapat kejutan berupa kue ulang tahun dari para awak media yang biasa bertugas di Istana Kepresidenan.

Jokowi yang tak suka ulang tahunnya dirayakan, awalnya enggan menerima kue tersebut. Menurut dia, hari ulang tahun sebaiknya dijadikan momentum untuk bersyukur kepada Allah.

"Selama ini saya tak pernah merayakan hari ulang tahun. Tak perlu ada pesta, kecuali rasa syukur kehadirat Allah SWT, dan negeri yang menanti kerja bersama kita semua. Sekali lagi terima kasih," ucap Jokowi, Kamis 21 Juni 2019.

Ini bukan pertama kalinya Jokowi merayakan ulang tahun dengan blusukan. Di hari ulang tahunnya ke 57 atau 2018, mantan Walikota Solo itu juga meninjau pembangunan landas pacu 3 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Sementara pada ulang tahun ke 56 atau 21 Juni 2017 lalu, Jokowi memilih untuk blusukan ke Kecamatan Bogor Selatan Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dia membagikan 3.000 paket bahan pangan untuk warga.

Hingga kini, belum diketahui apakah Jokowi memiliki agenda di hari ulang tahunnya yang ke-59. Namun berdasarkan agenda dari Biro Pers Istana Kepresidenan, agenda Jokowi hari hari ini bersifat internal.


Sempat Kerja di Aceh

Jokowi merupakan anak dari Noto Mihardjo dan Sudjiatmi. Meski hidup dalam kesederhanaan, Jokowi muda berhasil menyelesaikan kuliahnya di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Dia bahkan sempat mencicipi pengalaman kerja di perusahaan BUMN di Aceh.

Bukan hanya itu, Jokowi pernah pula bekerja sementara waktu pada pabrik sang paman. Sampai akhirnya dia memutuskan untuk berhenti dan mulai membuka usaha mebel yang seiring waktu berjalan semakin berkembang.

Di usianya 59 tahun, Jokowi telah dikaruniai tiga orang cucu. Dari pernimahan anak sulungnya Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda Putri, dia dikaranui dua orang cucu bernama Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah.

Sedangkan cucu ketiga, bernama Sedah Mirah Nasution, putri dari anak perempuannya Kahiyang Ayu dengan pria keturunan Mandailing, Sumatera Utara bernama Bobby Nasution.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya