Baca Doa Ini Sambut Tahun Baru Islam

Pada kalender masehi, peringatan Tahun Baru Islam itu jatuh pada Kamis, 20 Agustus 2020.

oleh Liputan6.com diperbarui 19 Agu 2020, 19:55 WIB
Diterbitkan 19 Agu 2020, 18:37 WIB
Qadha Puasa
Ilustrasi Membaca Doa Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta - Umat Muslim akan segera menyambut Tahun Baru Islam 1442 Hijriah. Pada kalender masehi, peringatan itu jatuh pada Kamis, 20 Agustus 2020.

Hari ini adalah penutup tahun 1441 Hijriah. Pada tahun yang bertepatan dengan kalender masehi 2020 ini, pandemi Corona Covid-19 melanda. Kemunculan pandemi mengubah cara hidup kita, termasuk dalam hal beribadah.

Untuk sementara waktu, kita tidak dapat beribadah bersama di masjid. Kemeriahan hari raya terpaksa dilewatkan demi terhindar dari bahaya Corona Covid-19.

Bahkan, ibadah haji yang begitu didambakan umat Islam sedunia tak bisa dilaksanakan bersama. Hanya mereka yang berada di Arab Saudi, termasuk warga asing, bisa melaksanakannya.

Untuk sementara waktu kita perlu prihatin dan terus berdoa agar seluruh bencana segera berlalu. Selain itu, kita juga patut berdoa memohon ampunan atas kesalahan yang terjadi selama satu tahun belakang agar menjadi pribadi lebih baik di tahun mendatang.

Berikut doa yang dibaca pada akhir tahun sambut Tahun Baru Islam 1442 Hijriah:

Allahumma ma 'amiltu min 'amalin fi hadzihis sanati ma nahaitani 'anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fiha 'alayya bi fadllika ba'da qudratika 'ala 'uqubati, wa da'autani ilat taubati min ba'di jara'ati 'ala ma'shiyatik. Fa inni astaghfiruka, faghfirli wa ma 'amiltu fîha mimma tardla, wa wa'attani 'alaihits tsawaba, fa as'aluka an tataqabbala minni wa la taqtha' raja’i minka ya karim.

Artinya:

"Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku, Ya Tuhan Yang Maha Pemurah."

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Imbauan MUI

[Bintang] Sambut 1 Muharram, Ini Bacaan Doa Awal Tahun
Menyambut 1 Muharram, inilah lafal doa awal tahun yang nggak ada salahnya untuk kamu baca. (Ilustrasi: getpocket.com)

Sebelumnya, Tahun Baru Islam 1442 Hijriah segera datang. Tepatnya pada Kamis, 20 Agustus 2020.

Anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MU) KH Hamdan Rasyid mengajak umat Islam berdoa pada malam Tahun Baru Islam 1442 Hijriah.

"Pada sore hari menjelang waktu Maghrib hari Rabu, 19 Agustus 2020 atau 30 Dzulhijjah 1441 Hijriah, umat Islam disunahkan membaca doa akhir tahun penutup tahun Hijriah," ujar Hamdan, seperti dilansir Antara, Selasa, 18 Agustus 2020.

Ia mengatakan, materi doa menyambut Tahun Baru Islam yang paling utama adalah memanjatkan syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan anugerah, nikmat, dan karunia-Nya kepada umat manusia.

"Doa tersebut juga agar memohon kepada Allah SWT agar seluruh amal ibadah serta taubat diterima dan seluruh dosa-dosa khususnya selama satu tahun terakhir untuk diampuni," papar Hamdan.

Dia menjelaskan, pada malam hari sesudah masuk waktu Maghrib tanggal 1 Muharram 1411 Hijriah, umat Islam disunahkan membaca doa awal tahun memulai Tahun Baru Islam.

Hamdan memaparkan, materi doa paling utama adalah memohon kepada Allah SWT agar selama satu tahun mendatang dilindungi dari godaan setan.

Kemudian agar dilindungi dari godaan hawa nafsu berbuat jahat, serta memohon pertolongan kepada Allah SWT agar diberi anugerah iman yang kuat, kesehatan yang prima serta rezeki yang halal, banyak, dan berkah.

"Rezeki tersebut sebagai bekal untuk melaksanakan amal yang baik dan menjauhi perbuatan yang jahat sehingga kita dapat mendekati Dzat-Nya Yang Maha Agung lagi Maha Mulia," tutup Hamdan.

Reporter : Ahmad Baiquni

Sumber : Dream.co.id

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya