Agustinus Purna Irawan Dilantik Jadi Rektor Universitas Tarumanagara

Agustinus mengatakan, akan berupaya lebih meningkatkan lagi peran Untar sebagai perguruan tinggi yang memiliki kontribusi pada dunia pendidikan bagi bangsa.

oleh Liputan6.com diperbarui 31 Agu 2020, 17:40 WIB
Diterbitkan 31 Agu 2020, 17:36 WIB
Agustinus Purna Irawan dilantik sebagai Rektor Universitas Tarumanagara (Untar) untuk periode kedua (2020-2024).
Agustinus Purna Irawan dilantik sebagai Rektor Universitas Tarumanagara (Untar) untuk periode kedua (2020-2024), Senin (31/8/2020). (Foto: Dokumentasi Humas Universitas Tarumanegara)

Liputan6.com, Jakarta - Yayasan Tarumanagara melantik Agustinus Purna Irawan dilantik sebagai Rektor Universitas Tarumanagara (Untar) untuk periode kedua (2020-2024), Senin (31/8/2020).

Pelantikan digelar di Gedung M Kampus I Untar dan disiarkan secara daring via Zoom. Pelantikan dihadiri Pembina, Pengurus dan Pengawas sebagai Badan Pimpinan Yayasan Tarumanagara serta beberapa pimpinan di lingkungan Universitas dan Fakultas.

Dalam kesempatan ini, Rasji turut dilantik sebagai Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Gatot P Soemartono sebagai Wakil Rektor II Bidang Kerja Sama.

Saat menjabat sebagai rektor periode pertama, Guru Besar Teknik Mesin Untar ini menaikkan peringkat Untar ke posisi ke-31 sebagai Perguruan Tinggi terbaik Nasional dan Peringkat ke-7 sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Nasional yang diumumkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 17 Agustus 2020.

Dalam sambutannya, Agustinus Purna Irawan mengatakan, akan berupaya lebih meningkatkan lagi peran Universitas Tarumanagara sebagai perguruan tinggi yang memiliki kontribusi pada dunia pendidikan bagi bangsa, sesuai dengan Untar untuk Indonesia yang telah digaungkan sejak tahun lalu.

Kemudian, kolaborasi dengan Pemerintah Daerah dalam penyelenggaran beasiswa pendidikan tinggi, pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pembinaan UKM/UMKM, dan pengembangan potensi daerah melalui kerja sama yang saling menguntungkan.

Dengan Program Kampus Merdeka yang sudah dijalankan di Untar, Agustinus akan mendorong sivitas akademika agar dapat menghasilkan karya-karya akademis yang dapat langsung membawa manfaat bagi masyarakat luas sekaligus menjalankan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada awal tahun 2020.

Universitas Tarumanagara, kata dia, juga akan fokus untuk melaksanakan program internasionalisasi dengan membangun kolaborasi, pertukaran dosen dan mahasiswa, double degree, kelas internasional, dan memperbanyak jumlah mahasiswa asing.

"Untar memiliki potensi besar untuk dapat menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di tanah air, dengan pendidikan mengacu internasional dengan tetap mengembangkan potensi dan kearifan lokal serta karakter budi luhur berlandaskan Pancasila," ujar Rektor Terbaik Perguruan Tinggi Swasta secara Nasional untuk tahun 2019 ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Harapan kepada Agustinus

Agustinus Purna Irawan dilantik sebagai Rektor Universitas Tarumanagara (Untar) untuk periode kedua (2020-2024).
Agustinus Purna Irawan dilantik sebagai Rektor Universitas Tarumanagara (Untar) untuk periode kedua (2020-2024), Senin (31/8/2020). (Foto: Dokumentasi Humas Universitas Tarumanegara)

Sementara itu, Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara Gunardi menyampaikan harapan bagi Rektor dan Wakil Rektor terpilih untuk membawa Untar semakin jaya dan maju.

"Yayasan Tarumanagara berharap kepada Rektor dan Wakil Rektor terpilih agar mampu membawa terobosan dan perubahan bagi Untar, terutama dalam menghadapi dan mengimplementasikan kebijakan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar dalam keseharian Untar, membawa Untar menuju internasionalisasi," kata Gunardi.

Kepala LLDIKTI Wilayah III Agus Setyo Budi yang hadir memberikan sambutan atas capaian Rektor.

"Walaupun situasi pandemi tidak menentu, Untar tidak mengendurkan bahkan senantiasa berkembang dengan dilantiknya Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan. Prof Agustinus memiliki karakter yang lincah dan tangkas. Karakter mampu bekerja, beradaptasi dengan cepat, tahan banting, adaptif, dan responsif senantiasa ada pada diri Prof. Agustinus," kata dia.

Semoga ke depannya, lanjut Agus, Untar semakin maju dan cemerlang, dan semakin banyak menghasilkan inovasi-inovasi untuk kemajuan bangsa.

Dirjen Bimas Katolik Kementerian Agama RI Yohanes Bayu Samodro juga berharap, Agustinus dapat menerapkan nilai-nilai yang dianut para pendiri bangsa untuk memajukan bangsa Indonesia.

"Pendidikan yang mengandung nilai keadilan, keberpihakan pada yang lemah, dan penuh penghormatan terhadap perbedaan pendidikan yang dilandasi jiwa Pancasila, serta kesetiaan menjalankan Konstitusi UUD 1945, dan menjaga keutuhan NKRI yang ber-Bhinneka Tunggal Ika," kata dia.

"Pendidikan karakter ini penting karena persis inilah yang akan menentukan wajah kepribadian bangsa kita. Kami punya keyakinan bahwa Prof. Agustinus dapat meneruskan perjuangan dan idealisme para pendiri bangsa dalam nilai-nilai Untar, yaitu Integritas, Profesionalitas, dan Entrepreneurship," sambung Yohanes.

 


Profil Singkat

Agustinus Purna Irawan, kelahiran Musi Rawas 28 Agustus 1971 merupakan guru besar termuda dari Untar. Dia mendapatkan gelar Sarjana Teknik dari Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada.

Gelar Magister Teknik diraih dengan predikat cum laude dari Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia dan menyelesaikan pendidikan S3 di tempat yang sama.

Menjadi Dosen terbaik Kopertis Wilayah III (LLDIKTI III) tahun 2011, memperoleh Jabatan Akademik Profesor di usia 42 tahun. Agustinus menjadi Dekan Fakultas Teknik pada usia 40 tahun. Pada tahun 2019, meraih Penghargaan Rektor Terbaik Perguruan Tinggi Swasta.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya