Sabam Sirait Apresiasi Presiden Jokowi yang Gratiskan Vaksin Covid-19

Sabam menilai keputusan ini sangat tepat sebab memang rakyat harus senantiasa diutamakan.

oleh Liputan6.com diperbarui 18 Des 2020, 06:21 WIB
Diterbitkan 17 Des 2020, 20:03 WIB
sabam
Politisi senior PDI Perjuangan, Sabam Sirait saat dianugerahi penghargaan Bintang Mahaputra Utama oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (13/8/2015). (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari daerah pemilihan DKI Jakarta yang juga anggota MPR RI paling senior, Sabam Sirait, mengapresiasi langkah dan keputusan Presiden Joko Widodo yang menggratiskan semua vaksin Covid-19 setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan mengkalkulasi ulang keuangan negara.

"Ini merupakan keputusan yang tepat dan sangat bagus," kata Sabam, yang berpolitik sejak jaman Presiden Soekarno hingga Presiden Joko Widodo, saat dihubungi, Kamis (17/12/2020) malam.

Sabam menilai keputusan ini sangat tepat sebab memang rakyat harus senantiasa diutamakan. Apalagi selama pandemi Covid-19 juga ekonomi rakyat juga terganggu dan terbebani sebagai dampak dari social distancing. Mereka akan semakin menderita bila harus membayar vaksin.

"Ini membuktikan bahwa Presiden Joko Widodo sangat pro dan peduli sama rakyat," jelas Sabam, yang juga pendiri Partai Demokrasi Indonesia (PDI) pada tahun 1973, sebelum kemudian berubah menjadi PDI Perjuangan di tahun 1998.

Sabam mengatakan bahwa ia mengenal Joko Widodo sejak lama, sejak sebelum menjadi Wali Kota Solo. Sabam pun menjadi juru kampanye nasional saat Joko Widodo maju dalam Pilkada Solo. Pun demikian, Sabam juga terlibat aktif dalam pemenangan Joko Widodo sebagai calon Gubernur DKI Jakarta dan sebagai calon Presiden RI.

"Saya dukung Jokowi karena saya tahu orangnya sangat peduli kepada rakyat. Saya juga tahu bahwa dia dan keluarganya merupakan orang yang sederhana. Dan keputusan menggratiskan vaksin merupakan bukti kepedulian Jokowi sama rakyat," jelas Sabam.

Penulis buku Politik Itu Suci tersebut juga mengatakan bahwa ia dan Jokowi memiliki kesamaan dalam hal memperjuangkan ideologi, idealisme, keadilan, kemakmuran, dan kesejahteraan rakyat.

"Sebab itulah tujuan kemerdekaan kita. Membuat rakyat sejahtera," tutup Sabam.

  

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Program Vaksinasi Gratis

Diketahui, dalam keterangan pers via Youtube Sekretariat Presiden, Jakarta, Rabu (16/12/2020), Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk menggratiskan vaksin Covid-19 kepada masyarakat.

"Setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan kalkulasi ulang, hitung ulang mengenai keuangan negara, saya sampaikan vaksin Covid-19 ke masyarakat gratis," ujarnya.

Jokowi pun memerintahkan kepada seluruh jajaran kabinet dan pemerintah daerah memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya