GAMKI Tepis Tudingan Andi Arief Demokrat: Tak Pernah Ikut Campur Urusan Partai

Willem Wandik membantah tudingan kader Demokrat Andi Arief bahwa organisasinya sebagai pelaksana pertemuan membahas kudeta.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 04 Mar 2021, 18:31 WIB
Diterbitkan 04 Mar 2021, 18:31 WIB
Direkomendasikan Jalani Rehabilitasi, Andi Arief Datang ke BNN
Politikus Partai Demokrat Andi Arief tiba di Gedung BNN, Cawang, Jakarta Timur, Rabu (6/3). Berdasarkan hasil asesmen, Andi Arief diharuskan menjalani proses rehabilitasi secara berkala. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum DPP Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Willem Wandik membantah tudingan kader Demokrat Andi Arief bahwa organisasinya sebagai pelaksana pertemuan membahas kudeta kursi Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Deli Serdang.

Menurut dia, GAMKI tak pernah mengadakan kegiatan apapun di Hotel The Hill Sibolangit seperti yang disampaikan oleh Andi Arief.

"Dapat kami tegaskan bahwa DPD GAMKI Provinsi Sumatera Utara ataupun DPC GAMKI se-Sumatera Utara tidak pernah melaksanakan kegiatan ataupun pertemuan apapun di Hotel The Hill Sibolangit, Deli Serdang pada tanggal 4-7 Maret 2021," kata Willem, Kamis (4/3/2021).

Menurut dia, baik fungsionaris pengurus maupun anggota GAMKI di tingkat manapun, memang diberikan kebebasan berpolitik atau masuk ke dalam partai politik. Namun, secara organisasi tidak akan ikut mencampuri urusan internal maupun eksternal partai atau organisasi apapun, termasuk Demokrat.

"GAMKI memiliki kebijakan untuk tidak ikut campur dalam urusan internal maupun eksternal organisasi lain, baik itu organisasi masyarakat maupun partai politik yang sedang berpolemik dan inkonstitusional," ungkap Willem.

Pihaknya pun tengah membentuk tim pencari fakta untuk menemukan oknum yang membawa nama GAMKI dan ikut terlibat dalam KLB Demokrat.

"Siapapun orang yang terbukti mengait-ngaitkan organisasi GAMKI dalam urusan internal organisasi lainnya, kami dari DPP GAMKI akan melakukan langkah organisasi ataupun langkah hukum lainnya secara tegas dan terukur," kata Willem.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Tudingan Andi Arief

Ketua Bappilu Partai Demokrat Andi Arief menegaskan, keterlibatan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko terkait kudeta Partai Demokrat bukan desas-desus. Andi mengungkap pertemuan Moeldoko dengan kader yang ingin mengkudeta Agus Harimurti Yudhoyono di Hotel The Hill di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

"Ini bukan desas desus Pak Moeldoko dan sebagian kader akan melakukan kudeta. Temuan tim kami terjadi di Hotel The Hill di Sibolangit Kabupaten Deli Serdang," katanya lewat akun twitternya @Andiarief__ ,Kamis (4/3/2021).

Andi menyebut, timnya mengecek ke lokasi dan menanyakan ke resepsionis terkait kegiatan Demokrat. Tapi, yang ada hanya kegiatan Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) yang dilaksanakan selama tiga hari yakni Kamis, Jumat dan Sabtu.

"Setelah kami cek meminta siapa yang datang tamu-tamu dari luar kota maka ditemukan sejumlah nama nama Seperti Jhoni Allen, Nazarudin, Marzukie Ali, Moeldoko, Darmizal, Ahmad Yahya, Max Sopochua dan lain lain," tuturnya.

Andi menyebut, dari info resepsionis rencananya mereka akan check in pada hari Jumat. Timnya juga menemukan ajudan Jhony allen yaitu Roy Simanjuntak dan Ketua GAMKI Sumatera Utara, Landen Marbun yang sedang meninjau ke hall kegiatan acara.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya