Kasus Meningkat, Satgas Minta Pemda Optimalkan Peran Posko Covid-19

Wiku Bakti Bawono Adisasmito meminta pemerintah daerah (Pemda) mengoptimalkan fungsi posko Covid-19.

oleh Liputan6.com diperbarui 21 Apr 2021, 11:01 WIB
Diterbitkan 21 Apr 2021, 11:01 WIB
Pemeriksaan warga di posko penanganan Covid-19 di Riau beberapa waktu lalu.
Pemeriksaan warga di posko penanganan Covid-19 di Riau beberapa waktu lalu. (Liputan6.com/M Syukur)

Liputan6.com, Jakarta Juru bicara Satgas Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito meminta pemerintah daerah (Pemda) mengoptimalkan fungsi posko Covid-19. Permintaan ini menyusul meningkatnya kasus positif dan kematian akibat virus Corona di sejumlah wilayah.

"Dimohon kepada provinsi yang kasus positif dan kematiannya meningkat untuk terus mengoptimalkan fungsi posko Covid-19,” katanya, Rabu (21/4/2021).

Wiku menekankan salah satu kegiatan yang perlu diprioritaskan posko Covid-19 yakni mengawasi penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan.

Dia juga mengimbau masyarakat ikut memantau posko Covid-19 di daerah masing-masing.

"Masyarakat juga diharapkan dapat memantau posko di wilayah tinggalnya masing-masing. Apabila posko belum terbentuk, atau belum beroperasi secara otpimal, harap melapor ke kecamatan dan secara berjenjang akan disampaikan hingga ke tingkat provinsi," kata Wiku.

 

Reporter: Titin Supriatin/Merdeka.com

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Kasus Meningkat

Diketahui, kasus positif dan kematian Covid-19 meningkat tajam pada periode 12 hingga 18 April 2021. Alasan pertama karena libur Paskah pada 4 April 2021.

"Adapun penambahan kasus positif dan kematian ini terjadi bisa karena dampak dari libur Paskah pada 4 April lalu," kata Wiku.

Kedua, kemungkinan karena euforia pelaksanaan vaksinasi Covid-19 sehingga kepatuhan masyarakat menerapkan protokol kesehatan menurun. Lemahnya penerapan protokol kesehatan membuka peluang penularan Covid-19.

"Menurunnya kepatuhan protokol kesehatan yang mungkin terjadi karena euforia vaksinasi," ujarnya.

Wiku meminta semua pihak mengambil langkah cepat untuk menekan laju kasus positif dan kematian Covid-19. Dia berharap, peningkatan kasus positif dan kematian Covid-19 tidak kembali terjadi pada pekan berikutnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya