Wamenkes: Kita Sudah Melewati Puncak Kasus Covid-19

Saat Indonesia melandai, kasus Covid-19 di sejumlah negara tetangga masih mengalami peningkatan. Seperti Malaysia, Filipina, dan Vietnam.

oleh Liputan6.com diperbarui 06 Sep 2021, 20:53 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2021, 20:52 WIB
Mural Bertemakan Covid 19
Petugas PPSU Kelurahan Bukit Duri menyelesaikan mural bertema Covid-19 di Jakarta, Selasa (11/8/2020). Mural tersebut untuk mengingatkan warga agar selalu waspada dengan Covid-19 dan mencegahnya dengan 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Harbuwono mengatakan Indonesia sudah melewati puncak kasus Covid-19.

Hal ini ditandai dengan telah menurunnya kasus terkonfirmasi positif, pasien yang menjalani perawatan dan kematian Covid-19.

"Kita sudah melewati kasus puncak konfirmasi, kasus perawatan di rumah sakit, kasus kematian di rumah sakit untuk beberapa eskalasi, beberapa waktu lalu," katanya dalam konferensi pers, Senin (6/9/2021).

Positivity rate Covid-19 di Indonesia saat ini berada di angka 6,97 persen. Hampir mendekati standar aman Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) sebesar 5 persen.

Saat Indonesia melandai, kasus Covid-19 di sejumlah negara tetangga masih mengalami peningkatan. Seperti Malaysia, Filipina, dan Vietnam.

"Di Malaysia masih terjadi terus kasus eskalasi, di Filipina masih terus terjadi, di Vietnam masih terus terjadi, sedangkan kita mulai menurun," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tracing Baru Mencapai 7,98 Persen

Terapkan Protokol Kesehatan, Begini Suasana Pasar Santa Jakarta
Pembeli sedang berbelanja di Pasar Santa, Jakarta, Selasa (23/6/2020). Plastik pembatas antara pedagang dan pembeli dipasang di kios pasar santa diterapkan dari protokol kesehatan pencegahan COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dante menuturkan, penurunan kasus Covid-19 jangan sampai membuat semua pihak lengah. Di tengah penurunan kasus Covid-19, tracing (pelacakan) terhadap kasus kontak erat harus terus ditingkatkan.

Saat ini, kata Dante, capaian tracing di Indonesia baru mencapai 7,98 persen dari target 10 persen.

"Karena itu, tracing harus terus ditingkatkan," tegasnya.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya