4 Strategi Ridwan Kamil Cegah Penularan Virus Covid-19 Varian Omicron

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku telah memiliki strategi terkait terdeteksinya virus Corona baru yakni varian Omicron.

oleh Devira PrastiwiLiputan6.com diperbarui 20 Des 2021, 15:00 WIB
Diterbitkan 20 Des 2021, 15:00 WIB
depok
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau pembangunan Situ Rawa Kalong, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. (Liputan6.com, Dicky Agung Prihanto)

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku telah memiliki strategi untuk menghadapi virus Corona baru yakni varian Omicron.

Strategi yang disiapkan menghadapi varian Omicron, salah satunya dengan menyiapkan instrumen penanganan kesehatan, sama seperti yang dilakukan Jabar saat menangani varian Delta beberapa waktu lalu.

"Dulu Delta terdeteksi di Karawang, menyebar dengan cepat. Oleh karena itu kami belajar dari delta. Per hari ini Jabar sedang menyiapkan semua perlengkapan seperti menghadapi virus Delta," kata Ridwan Kamil, di Bogor, seperti dilansir Antara, Sabtu 18 Desember 2021.

Pria yang karib disapa Emil ini kemudian menyatakan, pihaknya mendapatkan dukungan dari komunitas Indonesia Pasti Bisa untuk memperkuat stok tabung oksigen dan pemerintah juga menggenjot telusur, tes dan tindak lanjut (3T).

"Jadi, tabung oksigen kita cek lagi, alhamdulillah ada stok lebih banyak dari Indonesia Pasti Bisa kemudian testing dan tracing kita tingkatkan lagi," kata Emil.

Berikut sederet langkah-langkah yang disiapkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mencegah penularan virus Corona baru yakni varian Omicron dihimpun Liputan6.com :

 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Siapkan Langkah Seperti Varian Delta

ridwan kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau pembangunan Situ Rawa Kalong, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. (Liputan6.com/Dicky Agung Prihanto)

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku telah menyiapkan sejumlah jurus untuk mencegah penularan Covid-19 varian Omicron yang sudah masuk ke Indonesia.

Strategi yang disiapkan menghadapi varian Omicron, salah satunya dengan menyiapkan instrumen penanganan kesehatan, sama seperti yang dilakukan Jabar saat menangani varian Delta beberapa waktu lalu.

"Dulu Delta terdeteksi di Karawang, menyebar dengan cepat. Oleh karena itu kami belajar dari delta. Per hari ini Jabar sedang menyiapkan semua perlengkapan seperti menghadapi virus Delta," kata Ridwan Kamil di Bogor, seperti dilansir Antara, Sabtu 18 Desember 2021.

 


2. Perkuat Stok Oksigen

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat memancing ikan di Situ Rawa Kalong, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat memancing ikan di Situ Rawa Kalong, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. (Liputan6.com/Dicky Agung Prihanto)

Selain itu, Jabar akan memperkuat stok oksigen. Terkait hal ini, dia mendapatkan dukungan dari komunitas Indonesia Pasti Bisa. Juga menggenjot telusur, tes dan tindak lanjut (3T).

"Jadi tabung oksigen kita cek lagi alhamdulillah ada stok lebih banyak dari Indonesia Pasti Bisa kemudian testing tracing kita tingkatkan lagi. Per hari ini kita sudah tiga kali lipat dari yang standar untuk testing," terang Ridwan Kamil.

"Tapi apapun ada kelebihannya dari persiapan kita, yaitu waktu Delta vaksinnya dikit jadi kekebalannya rendah dan yang meninggal mayoritas di Jabar adalah mereka yang tidak bervaksin," sambung dia.

 


3. Imbau Masyarakat Tetap Produktif dan Disiplin Prokes

Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Ridwan Kamil meminta masyarakat untuk tetap produktif tapi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Kepada masyarakat mari kita tetap produktif apapun sebenarnya boleh, asalkan prokes aja. Mau judulnya tadi macam-macam nama virusnya jawabannya adalah prokes untuk masyarakat untuk negara adalah gencar dengan 3T. Jadi saya kira itu saja persiapannnya insyaallah jauh lebih siap," kata dia.

 


4. Genjot Terus Vaksinasi Covid-19

Ridwan Kamil Kunjungi Kantor DPP PPP
Calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengunjungi kantor DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Jakarta, Rabu (4/7). Kedatangan Ridwan Kamil disambut langsung oleh Ketua Umum DPP PPP, Romahurmuzy. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Selain itu, Ridwan Kamil menyebutkan bahwa jumlah tes di Jabar sudah meningkat tiga kali lipat.

"Tapi apa pun ada kelebihannya dari persiapan kita, yaitu waktu Delta vaksinnya dikit jadi kekebalannya rendah dan yang meninggal mayoritas di Jabar adalah mereka yang tidak divaksin," ungkapnya.

Lebih jauh Emil menjelaskan, capaian vaksinasi di Jabar di tahap satu sudah menyentuh angka 70 persen. Sehingga hal tersebut dapat membentuk kekebalan komunal dalam menghadapi varian Omicron.

"Kalau sekarang capaian vaksinnya per hari ini sudah 70 persen tahap satunya, jadi sehingga jauh lebih baik," tutup dia.

 

(Yunita Wisikaningsih)


Jurus Indonesia Tangkal Varian Omicron

Infografis Jurus Indonesia Tangkal Varian Omicron. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jurus Indonesia Tangkal Varian Omicron. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya