2 Pernyataan Ketua PBNU Terpilih KH Yahya Cholil Staquf di Muktamar ke-34

KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya telah terpilih menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Ketum PBNU) periode 2021-2026.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 24 Des 2021, 16:20 WIB
Diterbitkan 24 Des 2021, 16:20 WIB
Presiden Jokowi Lantik Yahya Cholil Jadi Watimpres RI
Khatib Aam PBNU Yahya Cholil Staquf bersiap dilantik sebagai anggota Wantimpres RI di Istana Negara, Jakarta, Kamis (31/5). Yahya Cholil diangkat menjadi anggota Wantimpres menggantikan almarhum KH Hasyim Muzadi yang wafat. (liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya telah terpilih menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Ketum PBNU) periode 2021-2026.

Gus Yahya mengalahkan petahana KH Said Aqil Siradj melalui voting dalam rangkaian Muktamar ke-34 NU yang digelar di Lampung, Jumat (24/12/202).

Yahya pun menyampaikan terima kasih kepada K.H Saif Aqil Siradj yang telah mendidik, membesarkan, serta membukakan jalan untuknya.

"Terima kasih saya adalah kepada guru saya, yang mendidik saya, yang menggembleng saya, menguji saya. Tapi juga membukakan jalan untuk saya dan membesarkan saya, Profesor Dokter Kyai Haji Said Aqil Siradj," ujar Yahya dalam konferensi pers usai terpilih, Jumat (24/12/2021).

Tak lupa, Gus Yahya pun menyebut, Said Aqil Siradj sangat berjasa untuknya. Bahkan, Gus Yahya mengatakan dirinya tak tahu bagaimana membalas jasa-jasa sang guru, Said Aqil.

Berikut 2 pernyataan Ketua PBNU terpilih KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya dalam rangkaian Muktamar ke-34 NU dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Sampaikan Terima Kasih untuk KH Said Aqil Siradj

gus yahya
KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) menyampaikan sambutan di depan ratusan pendukung, di Graha Wangsa, Selasa (21/12/2021) malam. (Ist)

Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya terpilih menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) perioder 2021-2026.

Yahya pun menyampaikan terima kasih kepada K.H Saif Aqil Siradj yang telah mendidik, membesarkan, serta membukakan jalan untuknya.

"Terima kasih saya adalah kepada guru saya, yang mendidik saya, yang menggembleng saya, menguji saya. Tapi juga membukakan jalan untuk saya dan membesarkan saya, Profesor Dokter Kyai Haji Said Aqil Siradj," jelas Yahya dalam konferensi pers usai terpilih, Jumat (24/12/2021).

 


2. Akui Besarnya Jasa KH Said Aqil Siradj

Presiden Jokowi Lantik Yahya Cholil Jadi Watimpres RI
Khatib Aam PBNU Yahya Cholil Staquf saat disumpah menjadi anggota Wantimpres RI di Istana Negara, Jakarta, Kamis (31/5). Yahya Cholil diangkat menjadi anggota Wantimpres untuk menggantikan almarhum KH Hasyim Muzadi yang wafat. (liputan6.com/Angga Yuniar)

Kemudian Gus Yahya mengaku Said Aqil Siradj sangat berjasa untuknya. Bahkan, Gus Yahya mengatakan dirinya tak tahu bagaimana membalas jasa-jasa sang guru, Said Aqil.

"Saya tidak tahu apa apakah akan cukup umur saya untuk membalas jasa-jasa beliau. Kalau ini disebut keberhasilan sesungguhnya ini adalah akar beliau. Kalau ada yang patut dipuji dari semua ini, pujian itu milik beliau," tutup dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya