Ada Peningkatan Aktivitas Gempa, BMKG Minta Kepala Daerah di Jabar-Jatim Antisipasi

Dwikorita Karnawati mencatat adanya peningkatan aktivitas gempa bumi sebulan terakhir di Pulau Jawa.

oleh Ika Defianti diperbarui 14 Jan 2022, 20:00 WIB
Diterbitkan 14 Jan 2022, 20:00 WIB
Tim Mitigasi UGM
Rektor UGM Dwikorita Karnawati menggelar konferensi pers mengenai penelitian Tim Mitigasi Bencana Longsor di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. (Liputan6.com/Yanuar H)

Liputan6.com, Jakarta Kepala Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mencatat adanya peningkatan aktivitas gempa bumi sebulan terakhir di Pulau Jawa.

Dia meminta agar para kepala daerah untuk melakukan antisipasi.

"Mohon diperhatikan kepada pemerintah daerah terutama di Jawa Barat, bahkan sampai Jawa Timur. Terutama di Banten, Jawa Barat. Dalam 30 hari terakhir ini memang kami mencatat terjadi peningkatan aktivitas kegempaan," kata Dwikorita dalam konferensi pers, Jumat (14/1/2022).

Dia menyatakan, peningkatan gempa tersebut tidak semua dapat dirasakan oleh masyarakat. Namun, Dwikorita memperingatkan masyarakat jika terjadi gempa besar.

Karena hal itu, dia meminta pada pimpinan daerah dapat menyiapkan antisipasi.

"Menyiapkan bagaimana kondisi rumah dikondisikan tahan, cukup kuat terhadap gempa, dan kesiapan-kesiapan sebelum kejadian," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya