2 Fakta Terkait Jokowi yang Akan Mudik Lebaran ke Yogyakarta

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan pemerintah telah mengizinkan masyarakat untuk mudik Lebaran 2022 atau Idul Fitri 1443 Hijriah.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 26 Apr 2022, 06:45 WIB
Diterbitkan 26 Apr 2022, 06:45 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Sambutan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pembukaan Munas IX Korpri Tahun 2022 pada 28 Januari 2022. (Dok Biro Pers Sekretariat Presiden RI)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan pemerintah telah mengizinkan masyarakat untuk mudik Lebaran 2022 atau Idul Fitri 1443 Hijriah.

Meski telah mengizinkan, Jokowi menegaskan adanya sejumlah aturan yang harus dipenuhi oleh calon pemudik tersebut. Dia mengatakan, masyarakat yang ingin mudik ke kampung halaman harus sudah disuntik vaksin Covid-19 sebanyak dua kali. Kemudian juga mendapat vaksin booster atau penguat.

"Bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik lebaran juga dipersilahkan, juga diperbolehkan, dengan syarat sudah mendapatkan 2 kali vaksin dan 1 kali Booster. Serta tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat," jelas Jokowi dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu 23 Maret 2022 lalu.

Dengan telah diizinkannya mudik, Presiden Jokowi juga memilih pulang kampung. Bukan ke Solo, Jawa Tengah, mantan Gubernur DKI Jakarta itu memilih untuk mudik ke Yogyakarta pada Lebaran 2022.

"Saya mudik ke Solo, tapi saya enggak ke Solo. Jadi saya ke Jogja," ujar Jokowi kepada wartawan sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Senin 25 April 2022.

Tak hanya mudik Lebaran 2022, Jokowi juga akan melaksanakan Sholat Idul Fitri di Yogyakarta. Kendati begitu, Jokowi belum mengetahui berapa lama dia akan berada di Yogyakarta.

"Insyaallah iya (Sholat Idul Fitri di Yogyakarta)," papar Presiden Jokowi.

Berikut sederet fakta terkait Presiden Jokowi yang memilih untuk mudik Lebaran 2022 atau Idul Fitri 1443 Hijriah ke Yogyakarta, bukan ke Solo, Jawa Tengah dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Putuskan Akan Mudik dan Sholat Idul Fitri di Yogyakarta

Presiden Jokowi. (Foto: Dok. Instagram terverifikasi @jokowi)
Presiden Jokowi. (Foto: Dok. Instagram terverifikasi @jokowi)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melakukan mudik pada momentum Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Alih-alih ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah, Jokowi memilih untuk mudik ke Yogyakarta pada Lebaran 2022.

"Saya mudik ke Solo, tapi saya enggak ke Solo. Jadi saya ke Jogja," ujar Jokowi kepada wartawan sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Senin 25 April 2022.

Tak hanya mudik Lebaran 2022, dia juga akan melaksanakan Sholat Idul Fitri di Yogyakarta. Kendati begitu, Jokowi belum mengetahui berapa lama dia akan berada di Yogyakarta.

"Insyaallah iya (Sholat Idul Fitri di Yogyakarta)," ucap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

 


2. Tak Akan Gelar Halal Bihalal

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kendati telah memutuskan untuk mudik Lebaran 2022 ke Yogyakarta, Jokowi menekankan tak akan menggelar acara halal bihalal pada momentum Hari Raya Idulfitri tahun ini.

"Ndak, ndak ada (halal bihalal)," kata Jokowi.

Dia mengatakan bahwa acara halal bihalal dapat menimbulkan kerumunan. Oleh sebab itu, Jokowi pun mengingatkan pejabat untuk tidak menyelenggarakan acara halal bihalal pada Lebaran tahun ini.

"Seperti yang sudah saya sampaikan, halal bihalal terutama yang menyangkut kerumunan orang banyak, pemerintah ajak sebaiknya tidak. Utamanya untuk para pejabat," jelas Jokowi.

Infografis Aturan Perjalanan Mudik Lebaran 2022 dari Satgas Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Aturan Perjalanan Mudik Lebaran 2022 dari Satgas Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya