PAN Terbuka Usung Capres di Luar Koalisi Indonesia Bersatu

Menurut Yandri, beberapa sosok tersebut dekat dengan PAN. Itu terlihat dari undangan PAN beberapa kali kepada mereka sebagai pembicara dan menyampaikan visi misi membangun negara.

oleh Liputan6.com diperbarui 31 Mei 2022, 18:01 WIB
Diterbitkan 31 Mei 2022, 18:01 WIB
Temui F-PAN, Masyarakat Keluhkan Penambangan Gunung Gede dan Merdeka Banten
Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto bicara peluang usung capres dari luar Koalisi Indonesia Bersatu. (Liputan6.com/JohanTallo)

Liputan6.com, Jakarta - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) membuka peluang mengusung tokoh dari luar untuk dijadikan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden pada 2024.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto. PAN sendiri melirik beberapa sosok seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Tengah, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, hingga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

"Tentu kita juga tidak menutup kemungkinan dari pihak luar. Ya ada Anies ada Ganjar ada Erick, ada Ridwan Kamil ada Khofifah," jelas Yandri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (31/5/2022).

Menurut Yandri, beberapa sosok tersebut dekat dengan PAN. Itu terlihat dari undangan PAN beberapa kali kepada mereka sebagai pembicara dan menyampaikan visi misi membangun negara.

"Dan itu sering kita undang dalam forum resmi PAN dan kita kasih forum untuk menyampaikan visi misi atau cara pandang mereka tentang bagaimana membangun bangsa dan negara ini," ucapnya.

Kendati demikian, PAN juga memiliki capres dari internal antara lain, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan serta Ketua Dewan Kehormatan PAN Soetrisno Bachir.

"Ya PAN ada Bang Zul, hasil rakernas Bang Zul ya kan. Dari internal ada lagi, ada Soetrisno Bachir juga ada dicantumkan di situ, tapi kalau dari luar tadi, kita tidak akan terlalu kaku lah ya," ungkap Yandri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Duduk Satu Meja

Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto didampingi Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Ketum PPP Suharso Monoarfa mengumumkan koalisi parpol untuk Pemilu 2024
Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto didampingi Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Ketum PPP Suharso Monoarfa mengumumkan koalisi parpol untuk Pemilu 2024. Kesepakatan politik ini disampaikan di Rumah Heritage Jakarta, Kamis (12/5/2022) malam. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Sebelum menentukan siapa yang bakal diusung KIB pada 2024, menurut Yandri, semua partai dalam koalisi yakni Golkar, PPP, dan PAN mesti duduk satu meja. KIB perlu memilih capres dan cawapres yang punya peluang menang besar.

"Kalau misal yang terbaik dari kesepakatan semua pihak dan berpeluang menang ya tentu PAN akan ikut tapi PAN Insya Allah akan kawal terus bagaimana penjaringan itu supaya tidak salah dan tepat sasaran," katanya.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka


Infografis

Infografis Ragam Komentar Pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Ragam Komentar Pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya