Resmikan Gapura Chinatown di Glodok Jakbar, Anies Diarak Barongsai

Sesampainya di depan Gapura berwarna merah beton yang akan diresmikan, Anies dan tamu VIP menyaksikan atraksi dari empat barongsai yang ada.

oleh Winda Nelfira diperbarui 30 Jun 2022, 19:17 WIB
Diterbitkan 30 Jun 2022, 19:17 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Gapura China Town Jakarta Kamis, (30/6/2022).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Gapura China Town Jakarta Kamis, (30/6/2022). (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Gapura Chinatown Jakarta Kamis, (30/6/2022). Bangunan ikonik itu didaulat sebagai salah satu ikon baru Pecinan Glodok, Jakarta Barat.

Peresmian ini sekaligus menetapkan kawasan Glodok Chinatown sebagai Desa Wisata Tionghoa tertua di Indonesia. 

Pantauan Liputan6.com, Anies datang sekitar pukul 16:30 WIB. Sesampainya di lokasi, Anies langsung berjalan diiringi musik dan atraksi empat barongsai menuju prasasti yang ada di halaman gerbang Pancoran Chinatown Point.

Anies menggunakan baju batik berwarna merah marun dengan motif naga. Dia ditemani oleh beberapa tamu VIP lainnya seperti Wali Kota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko, Pengusaha Jusuf Hamka, Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Daerah Pemilihan (Dapil) DKI Jakarta Sylviana Murni, dan Ketua Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Teddy Sugianto.

Saat diarak, Anies dikerebungi oleh masyarakat yang antusias melihat kedatangan Anies. Sesekali Anies dan tamu VIP menyempatkan berhenti untuk berfoto bersama masyarakat.

Sesampainya di depan Gapura berwarna merah beton yang akan diresmikan, Anies dan tamu VIP menyaksikan atraksi dari empat barongsai yang ada. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga terlihat memberikan ampao pada salah satu barongsai.

Sekitar pukul 17:05 Anies beserta tamu VIP langsung ke depan prasasti yang ditutupi dengan kain berwarna merah. Dipandu oleh MC Anies lalu menarik kain dan memberikan kata sambutan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Persis Seperti Pertama Kali Dibangun

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Gapura China Town Jakarta Kamis, (30/6/2022).  (Liputan6.com/Winda Nelfira)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Gapura China Town Jakarta Kamis, (30/6/2022). (Liputan6.com/Winda Nelfira)

"Bapak ibu sekalian kita berada tepat dibawah Gapura ini yang proses pembangunannya dilakukan relatif cepat ya. Sekarang saya akan menyampaikan secara resmi rukunnya peresmian," kata Anies.

"Dengan rahmat Tuhan yang Maha Kuasa, Kamis, Gapura China Town Jakarta secara resmi dinyatakan dibuka,"lanjut Anies. 

Dalam sambutannya, Anies menjelaskan bahwa Gapura China Town dibangun kembali persis sama seperti Gapura yang dulu sempat dihancurkan saat masa penjajahan. 

Dia berharap nantinya, Gapura ini dapat menjadi pendorong kebudayaan Jakarta dan meninggalkan kesan indah bagi yang berkunjung dan beraktivitas di dalamnya.

 

Infografis Jabatan Gubernur Anies Baswedan Berakhir di 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Jabatan Gubernur Anies Baswedan Berakhir di 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya