Top 3 News: Insiden Berdarah Adu Tembak Personel Polri di Rumah Dinas Jaksel

Insiden adu tembak antaranggota polisi terjadi di rumah dinas pejabat Polri kawasan Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan.

oleh Devira PrastiwiNanda Perdana PutraLizsa Egeham diperbarui 12 Jul 2022, 08:00 WIB
Diterbitkan 12 Jul 2022, 08:00 WIB
Ilustrasi Penembakan Polisi
Ilustrasi Penembakan Polisi (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait insiden adu tembak antaranggota polisi yang terjadi di rumah dinas pejabat Polri kawasan Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan.

Akibat kejadian tersebut, salah satu di antaranya yakni Brigadir J meninggal dunia. Kabar itu telah dibenarkan Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan.

Menurut Ahmad, peristiwa berdarah itu terjadi pada Jumat, 8 Juli 2022. Barada E dan Brigadir J beradu tembakan di dalam rumah. Saat ini kasus ditangani lebih jauh oleh Divisi Propam Polri dan Polres Jakarta Selatan.

Kemudian, mengawali pekan, Senin 11 Juli 2022, skema aturan ganjil genap (GaGe) kembali berlaku di sejumlah ruas jalan Jakarta.

Semenjak diperluas bertambah 13 titik, kini total ada 26 titik ganjil genap Jakarta, di antaranya Jalan Pintu Besar, Jalan Salemba Raya sisi Barat, dan Jalan Salemba Raya sisi Timur mulai dari Simpang Jalan Paseban Raya sampai Jalan Diponegoro.

Aturan ganjil genap di Jakarta ini juga sejalan dengan kembali diperpanjangnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Jawa Bali mulai 5 Juli sampai 1 Agustus 2022.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah imbauan dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait pencegahan penularan kasus Covid-19 di Indonesia.

Kali ini, Jokowi meminta masyarakat untuk kembali memakai masker baik di dalam maupun luar ruangan. Dia mengingatkan masyarakat bahwa hingga kini, penyebaran Covid-19 di Indonesia belum hilang.

Selain itu, Jokowi juga meminta pemerintah daerah serta TNI-Polri untuk meningkatkan capaian vaksinasi dosis ketiga atau booster. Khususnya, di derah-daerah dengan tingkat interaksi masyarakat yang tinggi.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Senin 11 Juli 2022:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Kronologi Adu Tembak Personel Divisi Propam Polri di Rumah Dinas Jaksel

Mimpi Tertembak
Ilustrasi Mimpi Tertembak Credit: pexels.com/Karolina

Peristiwa adu tembak antaranggota polisi terjadi di rumah dinas pejabat Polri kawasan Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan. Salah satu di antaranya yakni Brigadir J meninggal dunia.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menyampaikan, peristiwa itu terjadi pada Jumat, 8 Juli 2022. Keduanya beradu tembakan di dalam rumah.

 "Peristiwa singkatnya saat itu saudara Brigadir J berada atau memasuki rumah pejabat Mabes Polri di Perumahan Dinas Duren Tiga, kemudian ada anggota lain atas nama Barada E menegur, dan saat itu yang bersangkutan mengacungkan senjata, kemudian melakukan penembakan," tutur Ahmad di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin 11 Juli 2022.

"Barada E itu menghindar dan membalas tembakan terhadap Brigadir J. Akibat penembakan yang dilakukan mengakibatkan Brigadir J meninggal dunia," sambungnya.

Menurut Ahmad, saat ini kasus ditangani lebih jauh oleh Divisi Propam Polri dan Polres Jakarta Selatan. Adapun Barada E kini sudah diamankan atas perkara tersebut.

"Saya rasa sudah dibawa ke keluarganya dan Barada E diproses lebih lanjut," jelas dia.

 

Selengkapnya...


2. Cek 26 Titik Ganjil Genap Jakarta Hari Ini Senin 11 Juli 2022

Jakarta Tarik Rem Darurat, Ganjil Genap Ditiadakan dan Transportasi Umum Dibatasi
Bus Transjakarta mengambil penumpang di Halte Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (10/7/2020). Pemprov DKI Jakarta kembali tiadakan aturan ganjil genap berdasarkan nomor polisi kendaraan seiring penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), Senin (14/9/2020). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aturan ganjil genap (GaGe) kembali berlaku di sejumlah ruas jalan Jakarta, termasuk pada hari ini, Senin 11 Juli 2022.

Kini perluasan titik ganjil genap Jakarta sudah berlaku. Semula ada 13 dan bertambah 13, sehingga totalnya menjadi 26 titik ganjil genap.

Kemudian, aturan ganjil genap di Jakarta ini juga sejalandengan kembali diperpanjangnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Jawa Bali mulai 5 Juli sampai 1 Agustus 2022.

Sanksi tilang pun kini juga telah diterapkan di keseluruhan 26 wilayah titik ganjil genap Jakarta sejak Senin 13 Juni 2022 lalu, usai sosialisasi pada Senin 6 Juni hingga Minggu 12 Juni 2022.

Sama seperti hari-hari sebelumnya, jadwal aturan penerapan gage di jalanan Jakarta terbagi dalam dua sesi. Pada pagi hari dimulai pada pukul 06.00 WIB-10.00 WIB. Sementara sore hari berlaku pada pukul 16.00 WIB-21.00 WIB.

Pemberlakuan kembali titik gage di 26 ruas jalan tersebut juga telah tertera dalam aturan Peraturan Gubernur nomor 88 tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Nomor 155 Tahun 2018 Tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil Genap.

 

Selengkapnya...


3. Saat Jokowi Ingatkan Warga Kembali Pakai Masker di Dalam dan Luar Ruangan

Saat Jokowi Berkemah di Sekitar Titik Nol IKN
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menikmati suasana hutan saat sunrise pada pagi hari setelah berkemah semalam di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (15/3/2022). (FOTO: Setpres/Agus Suparto)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta masyarakat untuk kembali memakai masker baik di dalam maupun luar ruangan. Dia mengingatkan masyarakat bahwa hingga kini, penyebaran Covid-19 di Indonesia belum hilang.

"Saya juga ingin mengingatkan kepada kita semua, Covid-19 masih ada. Oleh sebab itu baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan, memakai masker adalah masih sebuah keharusan," jelas Jokowi kepada wartawan di Masjid Istiqlal Jakarta Pusat, Minggu 10 Juli 2022.

Dia juga meminta pemerintah daerah serta TNI-Polri untuk meningkatkan capaian vaksinasi dosis ketiga atau booster. Khususnya, di derah-daerah dengan tingkat interaksi masyarakat yang tinggi.

"Juga utamanya untuk kota-kota yang interaksi masyarakatnya tinggi, saya masih mengingat lagi pemerintah daerah, pemerintah kota, kabupaten dan provinsi serta TNI-Polri untuk terus melakukan vaksinasi booster karena memang ini diperlukan," tutur Jokowi.

Sebagai informasi, Tim Satuan Tugas (Satgas) Penananganan Covid-19 kembali melaporkan masih adanya penambahan kasus positif, sembuh, dan meninggal dunia akibat virus Corona di Indonesia. Per data hari ini, Minggu 20 Juli 2022 bertambah 2.576 orang positif Covid-19.

 

Selengkapnya...

Infografis Penembakan 31 Pekerja di Papua
Infografis Penembakan 31 Pekerja di Papua. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya