Partai Gelora Bakal Daftar Pemilu 2024 ke KPU Besok 7 Agustus 2022

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyampaikan ada satu partai politik (parpol) yang akan mendaftar sebagai calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 besok, 7 Agustus 2022. Parpol tersebut ialah Partai Gelora.

oleh Winda Nelfira diperbarui 06 Agu 2022, 20:24 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2022, 20:24 WIB
Berkas Verifikasi Partai Gelora Lengkap, Anis Matta: Insya Allah Kita Menang Pemilu 2024
Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta. Foto (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyampaikan ada satu partai politik (parpol) yang akan mendaftar sebagai calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 besok, 7 Agustus 2022. Parpol tersebut ialah Partai Gelora.

"Agenda minggu besok, ada Partai Gelora akan daftar 10.00 WIB," kata Ketua Divisi Bidang Teknis KPU Idham Holik di Gedung KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (6/8/2022).

Idham menjelaskan total ada 13 parpol yang telah mendaftar secara resmi di KPU hingga hari keenam pendaftaran ini. Sementara itu, 12 parpol berencana mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 ke KPU.

"Ada 13 parpol yang mendaftar, dan sudah ada 12 parpol yang berencana mendaftar," ujar Idham.

Idham menyampaikan bahwa masih tersisa setidaknya 16 parpol pemegang akun Sipol yang hingga saat ini masih belum mengkonfirmasi rencana pendaftarannya sebagai peserta Pemilu ke KPU RI

Berikutnya pada Senin, 8 Agustus 2022, Idham menyebut bakal ada empat parpol yang telah memberikan konfirmasi untuk mendaftar ke KPU.

Empat parpol yang dijadwalkan akan daftar di hari yang sama itu antara lain, Partai Republikku Indonesia, Partai Hanura, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Gerindra.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PDRI Daftar Jadi Peserta Pemilu 2024 Hari Ini

Partai Demokrasi Rakyat Indonesia (PDRI)
Partai Demokrasi Rakyat Indonesia (PDRI) datangi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Foto: (Winda Nelfira/Liputan6.com).

Diketahui, Partai Demokrasi Rakyat Indonesia (PDRI) menjadi partai politik (parpol) yang mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 di hari keenam pendaftaran, Sabtu (6/8/2022).

Berdasarkan Pantauan Liputan6.com, hanya terdapat lebih kurang sekitar 12 orang jajaran pengurus PDRI yang tiba di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada pukul 13.15 WIB.

Berbeda dengan parpol pendaftar peserta Pemilu yang datang di hari pendaftaran sebelumnya, PDRI tak datang bersama rombongan dan iring-iringan kader parpolnya.

Sementara itu, Ketua Umum PDRI, Ambarwati Santoso berhalangan hadir karena sakit.

Dia diwakili oleh Ketua Bidang Organisasi PDRI Sudarsono, Sekretaris Jenderal PDRI Zainul Arifin, Wakil Sekretaris Jenderal PDRI Tri Kurniawan, Bendahara PDRI Kemal Kinasih, dan enam jajaran pengurus PDRI lainnya.

Ketua Bidang Organisasi PDRI Sudarsono menyerahkan dokumen pendaftaran peserta Pemilu kepada Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari pada pukul 14.18 WIB.

"Kami akan berupaya memenuhi persyaratan yang dibutuhkan. Dokumen pendaftaran yang belum lengkap akan segera kami penuhi," kata Sudarsono di gedung KPU, Jakarta.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Infografis KPU Buka Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis KPU Buka Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya