Survei IndoStrategi: Elektabilitas Prabowo Subianto Tertinggi

Lembaga penelitian IndoStrategi melakukan survei yang dilakukan 29 Agustus-5 September 2022, yang salah satunya memuat elektabilitas para tokoh yang digadang-gadang akan maju sebagai calon presiden di Pemilu 2024.

oleh Liputan6.com diperbarui 09 Sep 2022, 22:00 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2022, 22:00 WIB
Prabowo Daftarkan Partai Gerindra ke KPU
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyampaikan keterangan saat mendaftarkan partai politiknya sebagai calon peserta Pemilu 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Senin (8/8/2022). Pada hari kedelapan ini, KPU menerima pendaftaran empat partai politik di antaranya Partai Republiku Indonesia, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gerindra, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta Lembaga penelitian IndoStrategi melakukan survei yang dilakukan 29 Agustus-5 September 2022, yang salah satunya memuat elektabilitas para tokoh yang digadang-gadang akan maju sebagai calon presiden di Pemilu 2024.

Hasilnya, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto memiliki elektabilitas tertinggi sebagai Capres 2024 dalam pertanyaan terbuka, dengan raihan 25,2%.

Di bawahnya menyusul nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Ganjar Pranowo 17,3%. Pak Anies 12,8%," kata Direktur Indostrategi Arif Nurul Imam secara daring, Jumat (9/9/2022).

Selain itu ada nama seperti nama Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebesar 4,1% lalu ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 3,5% dan Ketua DPR RI Puan Maharani 3,1%.

Ada pula Menteri Sosial Tri Rismaharini 2,8%, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 2,7 persen, serta Menteri BUMN Erick Thohir yang sama dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebesar 2,2%.

Sementara tokoh lain yang muncul secara terbuka oleh responden ada nama Menparekraf Sandiaga Uno yang meraih suara sama dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar yaitu 1,8%. Lalu ada nama Presiden Jokowi meraih 1,7%.

"Setidaknya tiga tokoh potensial selalu dominan yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Meski demikian, Prabowo masih unggul dibandingkan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan," jelas Arif.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Terkait Survei

Adapun survei ini melalui wawancara langsung terhadap 1.230 responden yang berusia 17 tahun keatas atau sudah pernah menikah.

Margin of error +/- 2,8% pada tingkat kepercayaan 95%.

Pencuplikan sampel menggunakan metode multistage random sampling atau rambang berjenjang.

 


Misi Prabowo

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, partainya berkomitmen untuk memajukan dan mensejahterakan kaum petani.

Hal tersebut disampaikannya saat bersilaturahmi dengan para paguyuban petani Jember di City Forest, Jawa Timur pada Jumat (2/9/2022). Dia pun mencontohkan bagaimana Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto terus membantu kaum petani.

"Ketika Pak Prabowo menjadi Ketua Umuk HKTI, Pak Prabowo melakukan advokasi pembelaan dan support kepada para petani, para UMKM, para nelayan. Dan ternyata dalam melakukan pembelaan terhadap petani nelayan orang-orang kecil, orang-orang yang selama ini terpinggirkan, Pak Prabowo sangat peduli dengan hal itu," kata Muzani dalam keterangannya.

Itu sebabnya, menurut dia, Partai Gerindra bukan hanya sebuah kendaraan politik, tapi juga merupakan alat perjuangan bagi kesejahteraan para petani, nelayan, dan juga rakyat kecil yang mencari keadilan.

"Itulah semangat Pak Prabowo menyumbangkan tenaga pikirannya bahkan hartanya untuk kebangkitan para petani dan nelayan serta rakyat miskin. Kenapa itu dilakukan oleh Pak Prabowo? Karena beliau merasa bahwa bangsa ini, negara ini telah memberi banyak hal kepada beliau. Maka di sisa umurnya ini Pak Prabowo berfokus untuk memberikan yang terbaik bagi rakyat dan bangsa," jelas Wakil Ketua MPR itu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya