Irjen Teddy Minahasa Resmi Ditahan 20 Hari ke Depan di Rutan Polda Metro Jaya

Mantan Kapolda Sumbar Irjen Teddy Minahasa kini ditahan di Rutan Polda Metro Jaya atas kasus kejahatan narkoba.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 24 Okt 2022, 21:31 WIB
Diterbitkan 24 Okt 2022, 21:30 WIB
Kapolda Banten  Brigadir Jenderal Polisi Teddy Minahasa, meninjau vanue Asian Games di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Kamis (23/8/2018).
Kapolda Banten menjamin, hingga saat ini persiapan Asian Games di Tangerang sudah mencapai 98 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Kapolda Sumatera Barat Irjen Teddy Minahasa resmi ditahan atas kasus penjualan barang bukti narkoba jenis sabu.

Penyidik Direktorat Nakroba Polda Metro Jaya mengurung Irjen Teddy Minahasa selama 20 hari ke depan terhitung mulai Senin, 24 Oktober 2022 di Rumah Tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya.

Penahanan terhadap jenderal bintang dua ini dibenarkan oleh Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan, Senin (24/10/2022) malam.

"Terkait dengan Pak Irjen TM mulai malam ini sampai 20 hari ke depan dilakukan penahanan di Polda Metro Jaya terkait kasus narkoba," kata Zulpan.

Zulpan mengatakan, Irjen Teddy juga telah menyandang status tersangka kasus kejahatan narkoba. Dia disangkakan dengan Pasal 114 ayat 3 sub Pasal 112 ayat 2 Jo Pasal 132 ayat 1 Jo Pasal 55 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal hukuman mati dan minimal 20 tahun penjara.

"Perkembangan lebih lanjut akan update mulai besok. Mulai malam ini dilakukan penahanan," ujar dia.

Zulpan memastikan, Irjen Teddy Minahasa tidak mendapat perlakuan khusus selama masa penahanan berjalan. Kendati, hingga kini pihak penyidik belum menampilkan sosok perwira tinggi ini ke hadapan publik.

"Kan itu tidak untuk ditampilkan dulu, yang jelas mulai malam ini dilakukan (penahanan) di Polda Metro. Tidak (perlakuan khusus) sama saja karena ini statusnya sudah tersangka dan jadi tahanan Polda Metro Jaya," katanya menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hotman Paris Jadi Pengacara Teddy Minahasa

Hotman Paris membuat keputusan mengejutkan. Ia mundur dari Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) - Instagram (https://www.instagram.com/p/CclzOniv0Cn/)
Hotman Paris membuat keputusan mengejutkan. Ia mundur dari Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) 

Pengacara kondang Hotman Paris menegaskan,  telah menggantikan posisi Henry Yosodiningrat sebagai pengacara dari Irjen Teddy Minahasa. Diketahui, Irjen Teddy Minahasa ditetapkan sebagai tersangka kasus narkoba oleh Polri berdasarkan gelar perkara pada Jumat 14 Oktober 2022.

“Ya (menggantikan Henry Yosodiningrat),” kata Hotman melalui pesan singkat, Minggu (23/10/2022).

Menurut Hotman, sebelum dikawal Henry, dirinya sudah dikontak oleh Teddy Minahasa. Namun saat itu dirinya belum dapat menjawab karena tengah mempelajari kasusnya.

“Teddy Minahasa sejak awal diamankan sudah minta saya. Cuma saya lagi sibuk dinas di Bali, jadi waktu itu saya blm berani jawab,” jelas dia.

Hotman memastikan akan mengawali pendampingan hukum terhadap Teddy dengan mempelajadi kasusnya lebih detil lagi. Kemudian, dalam waktu dekat dirinya akan datang ke Polda Metro Jaya untuk mengawal langsung proses hukum terhadap kliennya.

“Anak buah saya sih sudah pelajari kasusnya, dalam waktu dekat (ke Polda Metro Jaya) tapi belum tahu waktunya kapan (secepatnya),” kata Hotman menutup.

Infografis Profil, Karier & Harta Polisi Terkaya Irjen Teddy Minahasa Putra
Infografis Profil, Karier & Harta Polisi Terkaya Irjen Teddy Minahasa Putra (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya