Jokowi Ajak Masyarakat Bawa Indonesia Lebih Maju di Tahun 2023

Jokowi mengungkap banyak hal yang bisa dikenang sepanjang tahun 2022. Mulai dari kenangan yang menggembirakan hingga hal-hal yang kurang menyenangkan.

oleh Fachrur Rozie diperbarui 01 Jan 2023, 10:58 WIB
Diterbitkan 01 Jan 2023, 10:53 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan Penyerahan DIPA dan Buku daftar Alokasi Transfer ke Daerah Tahun Anggaran 2023 di Istana Negara Jakarta pada Kamis 1 Desember 2022. (Dok Humas Sekretariat Kabinet RI)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengajak masyarakat membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. Dia meminta masyarakat turut serta membawa Indonesia menjadi lebih maju di tahun 2023.

"Mari menyongsong harapan, tantangan dan peluang yang baru. Tetap bersama melangkahi ambang tahun 2023 menuju Indonesia yang maju," ujar Jokowi dalam akun instagramnya, Minggu (1/1/2023).

Jokowi mengungkap banyak hal yang bisa dikenang sepanjang tahun 2022. Mulai dari kenangan yang menggembirakan hingga hal-hal yang kurang menyenangkan.

Dari sisi yang menyenangkan, Jokowi menyebut Indonesia berhasil melewati masa-masa sulit pandemi Covid-19 dan ancaman resesi. Tak hanya itu, perekonomian Indonesia juga tumbuh positif sepanjang 2022.

"Pertemuan dan presidensi G20 berjalan dengan baik, situasi politik dan keamanan dalam negeri yang kondusif, pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia berjalan sesuai rencana dan lain lain," kata dia.

Sebaliknya, ada pula hal-hal yang membawa kesedihan, yakni bencana alam yang melanda beberapa daerah di Indonesia, seperti banjir, tanah longsor hingga gempa bumi.

"Semua itu, kabar baik dan kurang menyenangkan, datang silih berganti, memberi pelajaran sekaligus menguatkan dan mempersatukan," ungkap Jokowi.


Jokowi Habiskan Malam Tahun Baru di Istana Bogor

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi mengenakan sarung saat menjamu makan malam Paspampres dan pegawa Istana Bogor saat malam Tahun Baru (Dok.Instagram/@kemensetneg.ri/https://www.instagram.com/p/BsD_jqrAwCw/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=guunskoygu0w/Komarudin)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku tak memiliki agenda khusus di malam pergantian tahun 2023, Sabtu (31/12/2022).

Dia menyampaikan dirinya akan menghabiskan malam tahun baru di Istana Kepresidenan Bogor.

"Enggak ada (acara khusus). (Tahun baru) di (Istana) Bogor," ujar Jokowi kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat 30 Desember 2022.

Dia hanya tertawa saat ditanya apakah ada kegiatan bakaran di malam tahun baru, sebagaimana yang kerap dilakukan masyarakat. Sementara ketika ditanya apakah akan bermain dengan cucu-cucunya, Jokowi menjawab tidak ada.

"Enggak. Tidur," ucap Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi mengisi awal tahun baru 2022 dengan bermain dengan cucu-cucunya yakni, Jan Ethes Srinarenda dan Sedah Mirah Nasution di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat.

Ia mengajak kedua cucunya berjalan santai di sekitar Istana Bogor.

Infografis Mitigasi Bencana Antisipasi Cuaca Ekstrem Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Mitigasi Bencana Antisipasi Cuaca Ekstrem Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya