Hilang 26 Hari, Malika Jalani Pemeriksaan Psikologis di RS Polri

Anak yang menjadi korban penculikan, Malika (6), menjalani pemeriksaan psikologis di Rumah Sakit Polri Kramat Jati hari ini, Selasa (3/1/2023).

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 03 Jan 2023, 15:16 WIB
Diterbitkan 03 Jan 2023, 15:16 WIB
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Liputan6.com, Jakarta - Anak yang menjadi korban penculikan, Malika (6), menjalani pemeriksaan psikologis di Rumah Sakit Polri Kramat Jati hari ini, Selasa (3/1/2023).

Dalam pemeriksaan, Malika yang diculik pada 7 Desember 2022, akan digali perihal aktivitas yang dilalui saat bersama pelaku penculikan Iwan Sumarno (42) alias Jacky alias Yudi alias Herman.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin menerangkan, tim psikiater memiliki prosedur dalam menangani korban kejahatan khususnya yang menimpa anak dan perempuan.

"Mereka akan ada tim yang menangani termasuk trauma healing," kata dia kepada wartawan, Selasa (3/1/2023).

Komarudin mengatakan, tim dokter pasti akan melihat kondisi psikis korban. Diketahui bahwa korban bepergian cukup lama dan hidup selalu berpindah-pindah.

Berbeda, kata dia, ketika korban saat berada di samping keluarga. Kala itu, lingkungan sangat nyaman.

Sementara sewaktu bersama pelaku, korban terpaksa tidur di sembarang tempat dan jauh dari keluarga.

"Tentu cukup mendapatkan tekanan oleh karenanya tim kesehatan termasuk juga psikiater sangat berperan bisa melihat ini," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kolaborasi

Sebelumnya, kasus dugaan penculikan bisa terungkap berkat kolaborasi antara polisi dengan masyarakat. Komarudin mengatakan, masyarakat melihat kemiripan foto-foto yang disebar dengan seseorang kerap berseliweran di kawasan Tangerang.

Foto-foto beserta identitas pelaku penculikan sebelumnya memang telah disebarluaskan melalui media. Sedari awal, tim juga dibentuk untuk menelusuri jejak terduga penculik. Salah satu tim ditempatkan di kawasan Tangerang.


Ditemukan di Jalan Wahid Hasyim Tangsel

"Alhamdulillah setelah dilakukan penyisiran dari Cipadu, terduga pelaku penculikan bersama korban berhasil ditemukan di Jalan Wahid Hasyim Tangsel," kata dia dalam keterangannya, Selasa (3/1/2023).

Infografis Kasus Kekerasan terhadap Perempuan di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Kasus Kekerasan terhadap Perempuan di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya