Moeldoko dan Erick Thohir Hadiri Festival Cap Go Meh 2023 di Singkawang

Kepala Staf Presiden Moeldoko dan Menteri BUMN Erick Thohir menghadiri acara seremoni atau pembukaan Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

oleh Liputan6.com diperbarui 05 Feb 2023, 12:41 WIB
Diterbitkan 05 Feb 2023, 12:40 WIB
Wawancara Kepala Staf Presiden Moeldoko Dengan KLY
Kepala Staf Presiden Moeldoko saat wawancara dengan KLY di Jakarta, Rabu (16/1). Dalam wawancara tersebut Moeldoko memaparkan kinerja kerja pemerintahan Jokowi-JK hingga saat ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Presiden Moeldoko dan Menteri BUMN Erick Thohir menghadiri acara seremoni atau pembukaan Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Minggu pagi (5/2/2023).

Moeldoko sudah hadir dan duduk di barisan kursi VVIP beberapa menit sebelum acara pembukaan festival, tak lama kemudian disusul Menteri BUMN Erick Thohir. Keduanya saling berjabat tangan saat bertemu dan difoto sejumlah awak media. Demikian dilansir dari Antara.

Tak berapa lama kemudian, acara seremoni Cap Go Meh dibuka oleh MC pukul 07.15 WIB, yang diawali dengan penampilan tarian persembahan yang menggambarkan kebersamaan dari Sabang sampai Merauke.

Sebelumnya, saat atraksi rirual tatung "cuci jalan" menjelang seremoni Cap Go Meh, yakni pada Sabtu 4 Februari 2023, Erick Thohir menyatakan berterima kasih telah diundang dalam acara ini.

Dia menyatakan baru pertama kali melihat langsung Festival Cap Go Meh di Singkawang. "Kalau lihat di TV sering, lihat langsung ini perdana. Terima kasih sudah diundang," kata dia.

Acara seremoni ini disaksikan ribuan masyarakat, baik yang datang karena undangan panitia maupun datang tanpa diundang karena ingin menyaksikan langsung festival besar ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Festival Cap Go Meh 2023 di Glodok, Kelenteng Fat Cu Kung Bio Bakal Arak 23 Joli-Joli

Cap Go Meh 2023
Kelenteng Fat Cu Kung Bio bakal mengarak 23 joli-joli pada Kirab Toa Pe Kong dan Budaya Nusantara dalam rangka festival Cap Go Meh 2023 di Glodok, Jakarta Barat, Minggu (5/2/2023). (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Sementara itu, Kelenteng Fat Cu Kung Bio bakal mengarak 23 joli-joli pada Kirab Toa Pe Kong dan Budaya Nusantara dalam rangka festival Cap Go Meh 2023 di Glodok, Jakarta Barat, Minggu (5/2/2023).

"Dari joli kita punya 23 tandu semuanya berasal dari kota Jakarta dan ini merupakan sebuah kegiatan budaya karena Cap Go Meh ini merupakan pesta budaya puncak daripada perayaan Imlek," kata Ketua Pelaksana Jakarta Cap Go Meh Andre di Sekolah Ricci, Glodok, Jakarta Barat, Minggu (5/02/2023).

Pantauan Liputan6.com, 23 tandu sudah mejeng di halaman Sekolah Ricci. Para umat juga berbondong-bondong datang menggelar sembahyang jelang Kirab Tua Pe Kong dimulai.

Adapun 23 tandu rata-rata berasal dari Jakarta Barat seperti dari Vihara Khema, Bio Sian Djin Ku Poh, dan Qian Shou Kuan Im Miau. Ada pula dari Cetya Ghuan Yin Hud Couw, Jakarta Selatan.

Kirab bakal dimulai dari Sekolah Ricci pada pukul 12.45 WIB. Selain Kirab Tua Pe Kong, juga bakal ada panggung budaya yang terdapat di depan Pancoran China Town Point.

"Kita berangkat 12.45 WIB. Kita jalurnya itu menuju ke arah toko 3, perniagaan, flyover Pasar Pagi, Jalan Pintu Kecil, Pancoran nanti perkiraan kita akan melewati panggung ya perkiraan itu nanti sekitar pukul 15.00 WIB terus lanjut menuju Gapura berputar ke Vihara Dharma Bhakti balik kembali ke Sekolah Ricci dan Fat Cu Kung Bio," terangnya.

Selain joli-joli, barongsai berwarna oranye juga dan ondel-ondel juga telah standby di Sekolah Ricci. Hingga pukul 10.37 WIB ini sejumlah persiapan terus dilakukan.

Infografis Pasang Surut Cap Go Meh di Indonesia
Infografis Pasang Surut Cap Go Meh di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya