Dukung Prabowo Maju Capres 2024, Relawan Joman: Pak Jokowi Pasti Mengerti

Relawan Jokowi Mania (Joman) telah memutuskan mengalihkan dukungannya kepada Prabowo Subianto sebagai Capres 2024. Sebelumnya, Joman membubarkan kelompok relawan GP Mania sekaligus mencabut dukungan terhadap Ganjar Pranowo.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 15 Feb 2023, 14:33 WIB
Diterbitkan 15 Feb 2023, 14:33 WIB
Relawan Joman Dukung Prabowo Capres 2024
Ketua Relawan Jokowi Mania (Joman) Immanuel Ebenezer mengumumkan sikap politik terkait Pilpres 2024. Joman menyatakan mendukung Prabowo Subianto sebagai Capres 2024. (Merdeka.com/Muhammad Genantan Saputra)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Relawan Jokowi Mania (Joman), Immanuel Ebenezer menyatakan, pihaknya tidak berkordinasi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait sikap politiknya mendukung Prabowo Subianto maju sebagai Calon Presiden (Capres) 2024.

Meski begitu, pria yang akrab disapa Noel ini yakin, Presiden Jokowi akan mengerti kenapa relawannya memilih mengusung Ketum Gerindra tersebut untuk maju di Pilpres 2024.

“Enggak (koordinasi). Sama halnya saat dukung Pak Ganjar kita enggak koordinasi,” tutur Immanuel di Kantor DPP Jokowi Mania, Jalan Panglima Polim VII, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (15/2/2023).

Menurut Noel, Presiden Jokowi sangatlah demokratik. Meski pada 2019 menjadi rival, kepemimpinan Prabowo Subianto juga telah diakui oleh Presiden Jokowi. Hal ini juga terlihat dari semakin dekatnya hubungan Jokowi dengan Menteri Pertahanan (Menhan) tersebut.

“Ketika dia melihat relawannya mendukung salah satunya, maka dia mengerti dan tidak menjadi masalah dengan Pak Jokowi. Apalagi yang kami dukung adalah orang dekat beliau,” ucap mantan Ketua relawan Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) ini.

Noel menyatakan, keputusan Joman melabuhkan dukungannya kepada Prabowo Subianto cukup rasional.

Meski pada Pemilu 2019 lalu Noel mengaku cukup keras menentang Prabowo, bahkan hingga hendak ditangkap, namun sosok yang kini menjadi Menhan di Kabinet Indonesia Maju itu membuktikan kecakapannya sebagai pemimpin.

“Sosok yang dapat beradaptasi dengan alam demokrasi, nah itulah bentuk penghargaan kita secara demokratis dan politik (dengan mendukung Prabowo maju Capres 2024),” kata Immanuel menandaskan.


Alihkan Dukungan dari Ganjar ke Prabowo

Kunjungi Markas NasDem, Eks Ketua GP Mania Immanuael Ebenezer Beri Sinyal Dukung Anies
Ketua relawan Jokowi Mania sekaligus mantan Ketua GP Mania, Immanuel Ebenezer memberi sinyal akan mendukung Anies Baswedan di Pilpres 2024 usai bertemu elite Partai NasDem di Gondangdia, Jakpus. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum Jokowi Mania (Joman) Immanuel Ebenezer alias Noel mengaku pihaknya mempertimbangkan untuk mengalihkan dukungan ke tokoh lain selain Ganjar. Salah satunya adalah Prabowo Subianto. 

Hal ini disampaikan Noel setelah membubarkan relawan Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) sekaligus mencabut dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah itu sebagai Capres 2024.

Menurut Noel, Prabowo Subianto adalah sosok pemimpin berintegritas serta loyal terhadap Presiden Jokowi.

"Itu kita masih dalam pertimbangkan. Ya harapan kita pasti akan mendukung salah satulah," katanya.

Pada saatnya, Joman akan mendeklarasikan dukungan kepada salah satu tokoh calon presiden. Noel bilang, yang pasti adalah sosok yang memiliki komitmen tinggi.

"Pokoknya orang yang punya komitmen terhadap republik ini, yang berpihak terhadap keadilan, berpihak terhadap kemanusiaan, dan paling penting berpihak terhadap demokrasi," ujar inisiator relawan GP Mania ini.

Terkait hal ini, Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menyatakan bahwa pihaknya tidak bisa menghalangi dukungan apapun dari masyarakat terhadap ketumnya Prabowo Subianto.

"Apapun itu aspirasi dari masyarakat kita tidak bisa halangi, termasuk dukungan dari beberapa organ yang kemarin sudah menyatakan kemungkinan mendukung kami," ujar Dasco saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (10/2/2023).

Meski demikian, Dasco mengaku Gerindra saat ini masih fokus memperkuat internal partai dan memperkuat koalisi bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Biar bagaimana pun kami juga akan lebih fokus memperkuat internal, koalisi PKB di Pilpres," ucap Dasco. 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya