Jokowi Belum Terima Surat Resmi Pengunduran Diri Menpora Zainudin Amali

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku belum menerima surat pengunduran diri dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 02 Mar 2023, 11:50 WIB
Diterbitkan 02 Mar 2023, 11:50 WIB
Jokowi
Presiden Jokowi usai menyerahkan trofi untuk pemenang F1 Superboat di Danau Toba, Sumatera Utara, Minggu (26/2/2023). (Dok

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku belum menerima surat pengunduran diri dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

Diketahui, Zainudin Amali menyatakan mundur dari jabatan Menpora usai terpilih sebagai Wakil Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia atau PSSI.

"Belum, sampai saat ini belum ada surat ke pak menteri sekretaris negara dari pak menpora, belum ada," kata Jokowi usai membuka Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (2/3/2023).

Jokowi pun beralasan, sebab belum adanya surat pengunduran diri dari yang bersangkutan, maka dirinya belum mencari sosok lain sebagai pengganti posisi menpora

"Suratnya belum ada kok ganti?," singkat presiden.

Akibat mundurnya Zainudin Amali, artinya akan terjadi kekosongan kursi menpora. Oleh sebab itu, beberapa nama calon pengganti dengan usia yang belia dikabarkan sudah diajukan Partai Golkar untuk mengisi posisi Amali.

Mereka adalah Tim Ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Dito Ariotedjo (32) dan Anggota Komisi IX DPR RI Puteri Anetta Komarudin (30). Terbaru, nama Rob Clinton Kardinal (30) yang merupakan politikus muda Golkar juga digaungkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pernyataan Mundur Menpora

Ketum PSSI Erick Thohir Gandeng Kapolri Beri Kartu Merah untuk Mafia Bola
Menpora Zainudin Amali (kanan) memberikan konferensi pers tentang penegakan hukum match fixing di Media Center Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (19/2/2023). "Kita vonis kartu merah untuk para mafia bola. Sepakbola kita sulit berkembang selama mafia pengatur skor belum kita tendang," ujar Erick dalam keterangan persnya di media center Stadion Utama Gelora Bung Karno, hari ini. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membenarkan Zainudin Amali mengundurkan diri sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Namun, pengunduran diri tersebut baru disampaikan secara informal.

"Secara resmi belum, tertulis belum, informal sudah," kata Jokowi usai meninjau Kali Ciliwung, Jakarta, Selasa (21/2).

Jokowi mengaku belum menyiapkan sosok pengganti Amali. Sebab, pengunduran diri Amali sebagai Menpora belum disampaikan secara formal.

"Gantinya kalau sudah ada resminya baru saya bicara," ujar Jokowi.

Menpora Zainudin Amali ingin fokus sebagai waketum PSSI
Infografis Menpora Zainudin Amali ingin fokus sebagai waketum PSSI. (Triyasni/Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya