Dave Laksono ke Barcelona, Bangun Kerja Sama Pendidikan dan Investasi

Ketua Umum Pimpinan Pusat Kolektif Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (PPK Kosgoro) 57 Dave Laksono memenuhi undangan untuk menghadiri Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, Spanyol.

oleh Liputan6.com diperbarui 03 Mar 2023, 07:35 WIB
Diterbitkan 03 Mar 2023, 02:10 WIB
Ketua Umum Pimpinan Pusat Kolektif Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (PPK Kosgoro) 57 Dave Laksono
Ketua Umum Pimpinan Pusat Kolektif Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (PPK Kosgoro) 57 Dave Laksono memenuhi undangan untuk menghadiri Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, Spanyol. (Foto: Istimewa).

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Pimpinan Pusat Kolektif Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (PPK Kosgoro) 57 Dave Laksono memenuhi undangan untuk menghadiri Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, Spanyol.

"Saya diundang untuk menghadiri Mobile World Congress yang membahas sejumlah kemajuan-kemajuan telekomunikasi dunia, diperlihatkan sejumlah inovasi-inovasi,” kata dia dalam keterangannya, Kamis (2/3/2023).

Dia menegaskan, pihaknya akan berupaya membangun kerja sama, khususnya untuk meningkatkan pendidikan.

"Kerja sama pendidikan dengan Kampus Institute Bisnis dan Informatika Kosgoro’57, dalam Research and Development (penelitian dan pengembangan) akan konsep-konsep IT baru ke depan,” ungkap Dave.

Setelah Barcelona, Dave melanjutkan lawatannya ke Portugal. Ia berkesempatan bertemu dengan Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa. Hadir mendampinginya, Dubes RI untuk Portugal Rudy Alfonso. 

Adapun, dalam pembicaraan nanti, promosi pariwisata menjadi topik utama.

“Saya melanjutkan perjalanan ke Portugal untuk bertemu Presiden Portugal dalam rangka mempromosikan pariwisata ke Indonesia,” tandas Dave.

Sebelumnya, dalam lawatan ke Spanyol pada 28 Februari - 1 Maret 2022, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menjajaki peluang pengembangan kemitraan penerapan teknologi digital terbaru di Indonesia.

"Dalam rangkaian kunjungan ke Spanyol, Menteri Johnny menghadiri Mobile World Congress/ MWC 2022 dan memberikan keynote speech dalam Ministerial Program dengan tema 'Strategies for Energising the Data Economy," ujar Juru Bicara Kemkominfo Dedy Permadi, dikutip Sabtu (12/3/2022).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Juga Melakukan Pertemuan Bilateral

Dedy menambahkan Menkominfo juga berbicara terkait peningkatan volume data global, urgensi Green Data Center dan pentingnya Cross Border Data Flow, serta Data Free-Flow With Trust, yang juga menjadi salah satu isu prioritas Digital Economy Working Group (DEWG) di bawah kepemimpinan Kemkominfo dalam Presidensi G20 Indonesia.

"Selanjutnya, Menteri Johnny melakukan pertemuan bilateral dengan perwakilan menteri bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Menkominfo membahas kerja sama bidang TIK dengan Menteri Sains dan TIK Korea Selatan, Lim Hyesook," ungkapnya.

Dedy menjelaskan, kedua negara membicarakan penggelaran jaringan 5G, akses internet pada MRT/Subway, kandidasi perwakilan masing-masing negara pada jajaran manajemen ITU, hingga pembahasan isu prioritas DEWG G20 Indonesia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya