KAI Commuter Bolehkan Penumpang Buka Puasa di KRL Selama Bulan Ramadhan

Anne mengatakan bahwa akan ada petugas yang akan menginformasikan waktu untuk berbuka puasa selama Ramadhan.

oleh Nila Chrisna YulikaWinda Nelfira diperbarui 23 Mar 2023, 13:21 WIB
Diterbitkan 23 Mar 2023, 13:20 WIB
Siap-Siap Penyesuaian Tarif Baru KRL Jabodetabek Tahun Depan
Penumpang masuk ke dalam rangkaian KRL di Stasiun Manggarai, Jakarta, Sabtu (17/12/2022). Pemerintah berencana menaikkan harga tiket Commuter Line (KRL) pada 2023. Plt Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah aturan terkait kenaikan tarif KRL. (Liputan6.com/Magang/Aida Nuralifa)

Liputan6.com, Jakarta - Vice President Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menyampaikan aturan berbuka puasa bagi penumpang saat di perjalanan Commuter Line atau Kereta Rel Listrik (KRL) selama Ramadhan 2023. Penumpang diizinkan makan dan minum di dalam kereta saat waktu berbuka telah tiba.

"Saat masuk waktu berbuka puasa, para pengguna sedang dalam perjalanan menggunakan commuterline diperbolehkan untuk membatalkan puasanya dengan makanan dan minuman ringan hingga satu jam setelah waktu berbuka puasa," kata Anne dalam keterangan tertulis, Kamis (23/3/2023).

Anne mengatakan bahwa akan ada petugas yang akan menginformasikan waktu untuk berbuka puasa. Kendati demikian, Anne mengimbau agar penumpang tetap menjaga kebersihan di dalam KRL.

"KAI Commuter mengimbau para pengguna saat berbuka puasa tetap disiplin menjaga kebersihan dan kenyamanan bersama dengan tidak membuang sampah sembarangan," ungkap Anne.

Selain itu, Anne menyarankan agar penumpang tidak makan dan minum berlebihan saat berbuka puasa di KRL. Penumpang juga diminta menghindari makan atau minum yang berbau menyengat.

Menurut Anne untuk wilayah Jabodetabek, KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 1.099 perjalanan tiap hari mulai pukul 04.00-24.00 WIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Operasional Tetap Berjalan Normal Selama Ramadhan

Lebih lanjut, Anne menjelaskan bahwa pada bulan Ramadhan 2023 ini, operasional pelayanan perjalanan commuter line Jabodetabek dan Yoyakarta-Solo tetap berjalan normal. Sedangkan, Yogya-Solo sebanyak 20 perjalanan pada weekday dan 24 perjalanan pada weekend.

"KAI Commuter juga mengajak para pengguna commuterline untuk senantiasa menjalankan aturan dan syarat naik commuter line yang sudah ditetapkan agar perjalanan agar bisa lebih aman, sehat, dan nyaman," jelas Anne.

Terakhir, Anne mengajak penumpang untuk menghindari pemberangkatan di jam-jam sibuk pagi dan sore hari. Penumpang juga bisa mengakses informasi terkait kepadatan di stasiun, posisi real time kereta, dan jadwal kereta melalui aplikasi C-Access sebelum bepergian.

Infografis Polemik Operasional KRL Jabodetabek saat Pandemi Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Polemik Operasional KRL Jabodetabek saat Pandemi Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya