PAN Sebut PPP Ajak KIB Dukung Ganjar

PAN masih menunggu waktu yang tepat untuk memberikan keputusan terkait dukungan calon presiden. Soal koalisi, PAN berharap masih dengan partai di KIB.

oleh Liputan6.com diperbarui 27 Apr 2023, 08:25 WIB
Diterbitkan 27 Apr 2023, 08:25 WIB
PPP Dukung Ganjar Capres 2024
Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mendeklarasikan dukungannya terhadap Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024. (Foto: Akun Instagram @muhamad.mardiono)

Liputan6.com, Jakarta Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memutuskan mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. Partai Amanat Nasional (PAN) sesama kolega di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menghormati pilihan PPP tersebut sebagai independensi partai politik.

Ketua DPP PAN Saleh Daulay mengatakan, sikap PPP tersebut sudah dikomunikasikan dengan KIB. Bahkan, PPP mengajak PAN dan Golkar untuk ikut mendukung Ganjar sebagai calon presiden.

"Kalau di KIB, PPP sendiri sangat berharap agar PAN dan Golkar bisa bergabung untuk mendukung Ganjar. Artinya, meskipun lebih dahulu mengumumkan, tentu sudah dikomunikasikan dengan anggota KIB lainnya. Karena itu, tidak ada yang harus dipersoalkan. Ke depan seperti apa, ya kita lihat aja nanti," kata Saleh, dikutip Kamis (27/4/2023).

Sementara itu, PAN masih menunggu waktu yang tepat untuk memberikan keputusan terkait dukungan calon presiden. Soal koalisi, PAN berharap masih dengan partai di KIB.

"Prinsipnya, PAN pasti akan mengumumkan calonnya. Malah, PAN sudah lebih dahulu komunikasi lintas partai. Tinggal menunggu waktu yang tepat saja. PAN tentu sangat senang jika tetap bersama dengan partai-partai yang bergabung di dalam KIB," kata Saleh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PPP Pastikan Dukung Ganjar di Pilpres

Bersamaan dengan momentum pengumuman calon presiden (capres) Ganjar Pranowo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menggelar pasar rakyat untuk warga di kediaman Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono di Kabupaten Sleman, Yogyakarta (Istimewa)
Bersamaan dengan momentum pengumuman calon presiden (capres) Ganjar Pranowo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menggelar pasar rakyat untuk warga di kediaman Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono di Kabupaten Sleman, Yogyakarta (Istimewa)

Sebelumnya, PPP telah resmi memberikan dukungannya kepada Ganjar Pranowo sebagai bakal calon Presiden (bacapres) yang akan diusung di Pilpres 2024. Keputusan mendukung Ganjar ini disampaikan langsung Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono pada Rabu, 26 April 2023.

"Setelah melalui musyawarah dan diskusi mendalam dengan mengucap Bismilah, PPP memutuskan Bapak Haji Ganjar Pranowo sebagai Capres RI pada Pilpres 2024 yang akan datang," ujar Mardiono.

Mardiono menyampaikan langkah PPP selanjutnya. PPP akan melakukan komunikasi politik dengan sejumlah pihak. Komunikasi politik pertama ke PDI Perjuangan selaku pengusung Ganjar.

"Berdasarkan amanat Rapimnas V PPP, akan segera melakukan komunikasi politik dengan Ketua Umum PDI Perjuangan yang waktunya sedang diatur. Karena Ganjar Pranowo sebagai kader PDI Perjuangan dan telah diumumkan sebagai capres pada pemilihan mendatang," kata Mardiono.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi 

Sumber: Merdeka.com

 

Infografis Simulasi Duet Capres-Cawapres 2024 Versi Terkini Lembaga Survei. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Simulasi Duet Capres-Cawapres 2024 Versi Terkini Lembaga Survei. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya